Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Mulailah Dari Hal Kecil untuk Menjadi 3 Besar

Mulailah Dari Hal Kecil untuk Menjadi 3 Besar

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (inet)
Ilustrasi. (inet)

dakwatuna.com “Laa tahtaqir syai’an shaghiiran muhtaqaran. Farubbamaa asaalati ad-dama al-ibaru”.

Janganlah meremehkan hal-hal kecil yang terhina. Bahkan sebuah jarum kecilpun mampu membuat kita berdarah. (Pepatah Arab).

Semua kehidupan besar di dunia ini bermula dari hal-hal kecil. Pohon yang tumbuh besar, bermula dari biji yang kecil, gajah yang besar dahulu yang makhluk yang kecil, dan masih banyak contoh lainnya.

Seringkali karena kecil, banyak orang yang tidak menganggapnya ada, atau meremehkan karena dianggap tidak bernilai. Padahal, hal kecil itu kalau kita lakukan dengan serius dan berkesinambungan, nilainya tidak kalah besar dengan apa yang dianggap besar.

Dahulu, sebelum melihat kemajuan ekonomi orang-orang Madura di Jawa, kita tidak pernah berpikir tentang manfaat sampah. Siapa yang mau tahu atau peduli dengan yang namanya sampah, barang bekas, yang tidak punya nilai guna. Kini kita menyaksikan, ternyata dari hal yang remeh seperti sampah, kita bisa membangun kekayaan yang sangat luar biasa seperti yang dilakukan orang-orang Madura.

Begitupun dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Dahulu PKS adalah partai yang kecil, yang tidak di kenal oleh masyarakat luas. Ketika berdiri, PKS adalah partai yang tidak diperhitungkan sama sekali oleh partai-partai besar.

Insya Allah kita masih ingat di awal-awal perjuangan, semuanya di mulai dari hal-hal yang kecil dan sederhana. Dengan kaos bekas, kain sprei, taplak meja, bahkan jilbab para akhwat, kita gunakan itu semua untuk membuat bendera Partai Keadilan (PK) ketika itu. Sekali lagi, semua bermula dari hal-hal yang kecil, remeh-temeh.

Tulisan ini sama sekali tidak bermaksud mengajak PKS menjadi kecil lagi. Sama sekali tidak! PK tidak lagi menjadi partai kecil. Sekarang dia telah menjadi Partai Keadilan Sejahtera, partai terbesar keempat di Indonesia dan banyak dikenal oleh masyarakat. Tidak perlu lagi jilbab akhwat dan baju koko ikhwan, taplak meja di pakai untuk membuat bendera.

Tulisan ini untuk mengingatkan bahwa kerja-kerja PKS hari ini, harus juga di mulai dari hal-hal yang kecil, seperti dulu di era PK. Karena sesungguhnya itu dapat semakin membesarkan PKS yang sudah besar.

PKS harus kembali melakukan hal-hal yang kecil yang dahulu menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kerja Partai Dakwah ini.

Dengan menyebarkan senyum kepada masyarakat, dengan kepedulian kita kepada tetangga: memberikan makanan, menengok tetangga yang sakit, membantu tetangga yang akan hajatan dan ta’ziyah. Termasuk rajin bersilaturahim, yang sekarang menjadi program GESIT (Gerakan Silaturahim) yang merupakan program DPW PKS Jawa Barat.

Cita-cita dan impian memang harus besar, tetapi memulainya bisa dari yang kecil, agar bisa belajar jatuh bangunnya kehidupan dan menyiapkan diri untuk tantangan yang lebih besar. PKS akan menjadi 3 Besar, insya Allah dengan ketekunan kita, disiplin, kerja keras, ketangguhan, pantang menyerah, Impian besar menjadi Partai 3 Besar dalam Pemilu 2014, di mulai dari apa yang bisa kita lakukan sekarang. Dan sekali lagi, itu bisa dimulai dari hal-hal yang kecil.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Rosandi Ardi Nugraha, SE.
Mahasiswa S2 Ilmu Administrasi Negara Universitas Krisnadwipayana, Jakarta Tenaga Ahli Anggota DPR RI.

Lihat Juga

Anies-Sandi Dinilai Memiliki Integritas yang Sangat Baik