Home / Berita / Profil / Fahmil, Si Pembuat Gula Tebu yang Sukses Menjadi Dirut

Fahmil, Si Pembuat Gula Tebu yang Sukses Menjadi Dirut

Fahmil, SE. (Delvin).
Fahmil, SE. (Delvin).

dakwatuna.comFahmil begitulah nama kecil yang diberikan kedua orang tuanya, anak ke enam dari Sembilan bersaudara ini, lahir 41 tahun yang lalu di sebuah desa di perbukitan beriklim sejuk, yaitu desa Cubadak Lilin Kecamatan Matur Kabupaten  Agam.  Masa-masa kecilnya ia lalui penuh dengan perjuangan. Untuk ke sekolah saja, setiap hari ia harus menempuh jalan yang jaraknya 5 kilometer dari rumahnya dengan berjalan kaki, dan itu ia lakoni pulang pergi selama bersekolah. Mungkin Ini juga lah yang tanpa disengaja telah membentuk dirinya menjadi seorang yang tegar dan pantang menyerah dalam menjalani hidup.

Tak ingin waktunya terbuang percuma, setamat Sekolah Menengah Atas  pada tahun 1988,  dia pun melakoni pekerjaan yang berat , yaitu membuat gula tebu dengan cara-cara tradisional selama satu tahun. Putra dari pasangan Mansur dan Mainar ini kemudian memilih merantau mengikuti jejak teman- teman seperjuangannya, dengan harapan mulia mewujudkan cita- cita yang didamba. Pada tahun 1989 iapun menginjakkan kakinya di Bangkinang Kabupaten Kampar- Riau. Ternyata kehidupan yang keras seolah tak ingin pernah jauh dari kehidupan suami dari Rosneli ini. Di Bangkinang, pekerjaan yang ditekuninya adalah sebagai tukang listrik (teknisi instalasi listrik).

Selama bertahun- tahun ia bekerja di bidang listrik. Mulai menjadi satpam di PT. PLN (Persero) Ranting Bangkinang selama satu tahun, kemudian dipindah kebagian staf pelayanan pelanggan di PT. PLN (Persero) Ranting Bangkinang, selama sebelas tahun lebih. Di tengah kariernya yang cukup bagus, Iapun kemudian memutuskan untuk keluar dan mencoba peruntungan dengan menjadi pedagang. Usaha yang ia geluti juga tidak jauh dari listrik. Selain membuka toko yang menyediakan alat- alat listrik, ia juga membuka toko ponsel. Dan mulai dari itu jiwa entrepreneurship (Pengusaha) nya pun semakin tumbuh. Ia kemudian mendirikan CV. PM (Putri Midai) yang dalam waktu setahun kemudian berubah menjadi PT. Putri Midai.

Menjabat sebagai Direktur Utama, ayah empat orang anak ini telah berhasil membuka lapangan pekerjaan bagi 97 (sembilan puluh tujuh) orang karyawan yang ia naungi. Suatu kebahagiaan baginya, telah dapat ikut berperan mengentaskan pengangguran dan membuka lapangan pekerjaan. Selain dikenal sebagai pengusaha, ia juga aktif di beberapa ormas dan lembaga social, bahkan pada saat banjir di Kampar kiri dan gempa di Sumatera barat, dia dipercaya sebagai koordinator tim Relawan.

Menurutnya salah satu yang berperan kuat dalam merubah dirinya menjadi pribadi yang peduli dan konsisten dengan nilai-nilai Islam, selain didikan orang tuanya di waktu kecil, adalah hadirnya para ustadz yang ikhlas mentarbiyahnya, yang kemudian menanamkan pemahaman beragama dan berjamaah sesuai dengan yang diajarkan dan dicontohkan oleh Rasulullah saw dan Sahabatnya. Tarbiyah yang dilakukan setiap minggu membuat hatinya semakin mantap dan semakin yakin, bahwa Islam adalah solusi yang tepat untuk menyelesaikan segala permasalahan, baik itu masalah kepemimpinan, sosial di masyarakat, masalah ekonomi, keamanan, budaya dan termasuk masalah politik.

Kini Menuju pemilihan Umum (Pemilu) 2014, Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Kampar menempatkan Fahmil, SE. sebagai salah seorang calon anggota DPRD kabupaten Kampar nomor urut (1 satu), untuk Daerah Pemilihan (Dapil) IV yang meliputi 6 kecamatan yaitu  Kec. Bangkinang Seberang, Kec. Bangkinang, Kec. Salo, Kec. Kuok, Kec. 13 Koto Kampar dan Kec. Koto Kampar hulu. Prinsipnya, dalam memandang amanah ia merujuk kepada firman Allah swt. Dalam surat al Anfal ayat 27:

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui”.

Oleh karena itu ia berupaya agar kepercayaan yang telah diberikan padanya dijaga dan dilaksanakan dengan sepenuh tanggung jawab. (Delvin R/dakwatuna/hdn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (6 votes, average: 4,17 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Hadi Nata

    ah partai ini tak pandai mencetak kader sendir

Lihat Juga

Bekal Pilkada, Sukses Memilih Pemimpin dengan Akal Sehat