Home / Berita / Internasional / Asia / Raji Surani: Blokade Gaza Ilegal dan Tidak Manusiawi

Raji Surani: Blokade Gaza Ilegal dan Tidak Manusiawi

Direktur Pusat HAM Palestina di Gaza, Raji Surani. (Foto:pchrgaza.org)
Direktur Pusat HAM Palestina di Gaza, Raji Surani. (Foto:pchrgaza.org)

dakwatuna.com – Gaza.  Direktur Pusat HAM Palestina di Gaza, Raji Surani, menegaskan bahwa lembaga-lembaga HAM beraktivitas secara bebas tanpa gangguan siapapun di bawah pemerintahan gerakan Hamas. Ada tingkat keterusterangan yang tinggi dan interaksi yang baik dengan pimpinan gerakan Hamas.

Hal tersebut disampaikan pengacara Raji Surani dalam diskusi panel yang diselenggarakan hari Ahad (27/10) di kantor koran “Filistine”. Dia mengatakan, “Mayoritas pemimpin Hamas ditangkap dan disiksa baik di era penjajahan Zionis atau pemerintahan Otoritas Palestina. Mereka adalah produk tanah ini dan mengetahui dengan baik karakter tanah air dan kosakatanya.”

Aktivis HAM Palestina ini menegaskan, Gaza masih berada di bawah penjajahan, karena itu menanggung tanggung jawab blokade. “Blokade ini ilegal dan tidak manusiawi. Blokade ini merupakan hukuman kolektif terhadap hampir 2 juta warga Palestina di Jalur Gaza,” tegasnya.

Dia menambahkan, “Penjajah Zionis mengklaim menghukum Hamas namun pada kenyataannya mereka menghukum seluruh rakyat. Yang bisa kami katakan adalah bahwa rakyat Palestina masih hidup dalam penderitaan dan sakit. Meski demikian Hamas tidak terpengaruh dan bahkan bertambah kuat dan mempersenjatai diri, bahkan menghantam Tel Aviv.”

Terkait dengan gerbang Rafah, Naji Surani menjelaskan bahwa itu karena masalah perselisihan politik antara rezim berkuasa di Gaza dan Mesir. “Tidak boleh orang-orang dihukum karena perselisihan politik,” tegasnya. (pip/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 6,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

8

(Foto) Api Melalap Israel