Home / Berita / Internasional / Asia / Undang Ahmad Heryawan, Pelajar Istanbul Inisiasi Diskusi Strategis Dua Negara

Undang Ahmad Heryawan, Pelajar Istanbul Inisiasi Diskusi Strategis Dua Negara

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

dakwatuna.comPerhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Istanbul  di bawah dukungan penuh Kedutaan Besar RI Ankara dan  Konsulat Jenderal RI Istanbul menginisiasi sebuah forum diskusi strategis yang akan dilaksanakan akhir pekan ini, 25-27 Oktober 2013. Diskusi strategis yang dikemas dalam forum dan workshop ini secara apik menawarkan ladang eksplorasi bagi pelajar, mahasiswa dan pemuda dengan titik tekan kajian demokrasi dan ekonomi.

Acara bertajuk Democratic & Economic Youth Summit (DEYS) ini tidak hanya merangkul cendekiawan, aktivis ataupun masyarakat Indonesia di Turki melainkan juga warga asing pribumi Turki serta stakeholder lainnya.

Menurut pemaparan ketua Steering Committee DEYS, Arya Sandhiyudha, Mahasiswa Doktoral Hubungan Internasional Fatih University ini, latar belakang diadakan acara ini karena adanya potensi dan kesempatan untuk saling belajar antara dua negara. Potensi besar terlihat bahwa Turki dan Indonesia diprediksi akan menjadi negara yang melesat perkembangan ekonominya (Goldstone, 2011). Selain itu, Indonesia-Turki merupakan negara muslim besar yang telah lama saling kait mengait dalam berbagai forum internasional seperti keanggotaan G-20, D-8, dan OKI.

“Keduanya adalah potensi yang dapat digali dan dipelopori oleh pemuda. Karenanya, momen DEYS merupakan kesempatan emas bagi pemuda untuk mengeksplorasi kemajuan dan strategi pengembangan kedua negara,” ungkap Arya.

Kolaborasi antara ilmu dan transfer pengalaman akan terjadi di forum besar ini. Bukan hanya karena dari segmen akademisi yang akan meramaikan acara melainkan juga para profesional dan praktisi sektor privat. Menurut Arya, “DEYS yang mengangkat tagline “What is Your Legacy?” diharapkan benar-benar menjaring aspirasi pemuda, pelajar dari berbagai kota di Turki, pelajar dari Indonesia untuk melakukan brainstorming ide dalam kelompok diskusi untuk merumuskan platform dan ide.”

Istanbul Tuan Rumah

Istanbul menjadi tuan rumah acara karena dapat menjadi model kota maju dengan segala keunikannya. Dari lokasi strategis Kadıköy Kozyatagı Kültür Merkezi, Istanbul pembahasan peserta dipastikan akan hangat. Hadir sebagai pembicara yang kompeten, termasuk sosok pemimpin berprestasi, Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat.

Selain akan menyoroti kolaborasi di bidang ekonomi dan pendidikan, Aher akan mengeksplorasi pengembangan pariwisata dari “Kota Dua Benua” yaitu Istanbul.

Menurut Arya, sesi diskusi dan panel juga akan diimbangi dengan pakar dari Turki seperti Oguzhan Tekin dari sebuah LSM Turki Kimse Yok Mu untuk Kemanusiaan Internasional. Hadir juga pembicara dari TRT, salah satu TV Nasional Turki yang diwakili oleh Ercan Demir, Samanyolu TV, perwakilan D8 oleh Ilham Perintis, dan Pemprov Istanbul bidang transportasi massal.

“Sedangkan dari akademisi, pengisi forum didatangkan baik dosen maupun mahasiswa, di antaranya Arif Orcun dari Marmara University dan beberapa student speakers. Dukungan penuh dari pemerintah Indonesia di Istanbul ditandai dengan akan hadirnya Konjen RI Istanbul, Abdullah Hariadi Kusumaningprang. Dalam lingkup global, dukungan juga ditunjukkan dengan hadirnya Eduard Alan, pemerhati politik luar negeri ASEAN selain juga terpenting Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sebagai key note speaker-nya,” papar Arya menjelaskan.

Di lokasi acara, nampak gempita kolaborasi berbagai sektor untuk membuat gebrakan baru antara dua negara tersebut. Panitia DEYS 2013 telah mempersiapkan aula Kadikoy untuk menampung ledakan ide dari pemuda atau mereka yang jiwanya muda untuk membangun Indonesia. Mereka yang mau saling belajar menyempurnakan, menjadi saksi kait-mengaitnya hubungan Indonesia-Turki. Karena investasi masa depan bukan melulu investasi sumber daya alam, tetapi juga di sektor kasat mata bidang demokrasi, ekonomi, dan sosial lingkungan.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 9,67 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Rohingya

DPR Desak Pemerintah Indonesia Bersikap Tegas atas Insiden Kekerasan di Rohingya

Organization