Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / Mahasiswa Sambut Hangat Heryawan Di Turki

Mahasiswa Sambut Hangat Heryawan Di Turki

Gubernur Jawa Barat, AhmadHeryawan (foto: Jabartoday.com)
Gubernur Jawa Barat, AhmadHeryawan (foto: Jabartoday.com)

dakwatuna.com – Turki.  Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dijadwalkan memimpin delegasi Provinsi Jabar ke Istanbul, Turki, pada Rabu (23/10), guna meningkatkan kerja sama ekonomi daerah ini dengan Provinsi Istanbul.

Menurut Heryawan, fokus pertama dalam kunjungan tersebut ialah bidang ekonomi yakni Pemprov Jabar akan menjajaki kerja sama baru dan meningkatkan yang selama ini sudah berlangsung.

Selain kerja sama sektor pendidikan kedua provinsi yang sudah berlangsung baik, di bidang energi terbarukan atau ramah lingkungan, Heryawan kini sedang melirik kerja sama pengembangan sumber energi geotermal atau panas bumi.

Dikatakannya, upaya peningkatan kerja sama ekonomi dimaksud juga bagian implementasi komitmen Kepala Pemerintahan kedua negara yakni Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono saat berkunjung ke Turki pada medio 2010, membangun komitmen dengan Turki untuk meningkatkan volume perdagangan kedua negara hingga 2,24 miliar dolar AS pada 2015.

Sektor ekonomi lain yang tidak kalah potensial, lanjut Heryawan, yakni pariwisata. Pendapatan asli daerah (PAD) Istanbul sendiri disumbang sektor pariwisata, bahkan berada di urutan papan atas.

 

Seminar Pembangunan Kota

Sementara itu, mahasiswa akan menyambut hangat kedatangan Heryawan Kamis (24/10) di Bandara Ataturk, Istanbul. Selain akan melakukan pertemuan dengan Gubernur Istanbul dan kalangan pebisnis setempat, Heryawan dijadwalkan akan memberikan ceramah tentang Pembangunan Kota di Seminar Internasional Mahasiswa Indonesia atau Democratic and Economic Youth Summit (DEYS) di Turki.

DEYS yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia Istanbul, didukung oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Turki Ankara dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul, sedianya digelar pada 26-27 October 2013 di Istanbul.

Menurut Arya Sandhiyudha AS, Ketua Panitia Pengarah DEYS, mahasiswa amat mengapresiasi rencana peningkatan kerjasama ekonomi tersebut. Duet Indonesia-Turki model ideal negara jaringan di masa depan.

“Istanbul adalah kota mati yang kehilangan harapan sebelum 2 dekade terakhir, kebangkitannya hingga seperti sekarang ini adalah inspirasi baik untuk kota-kota di Indonesia,” kata Arya yang juga mahasiswa Doktoral Hubungan Internasional Fatih University, Istanbul tersebut.

Menurut Arya, DEYS ini sengaja menghadirkan pembicara Turki dari pemerintah, praktisi bisnis, akademisi, agar mahasiswa Indonesia dapat inspirasi untuk merenovasi negeri.

“Mahasiswa Indonesia dari kota-kota se-Turki dan luar Turki, juga termasuk dari Indonesia jadi peserta aktif di 6 topik workshop group curah gagasan untuk kemajuan pembangunan bangsa,” pungkas Arya mengakhiri. (Laleli Siti/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Pemilu Istanbul Diulang, Erdogan: Itu Langkah Terbaik Bagi Negara

Figure
Organization