Home / Berita / Daerah / Terima Kasih Pak Gubernur

Terima Kasih Pak Gubernur

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Irwan Prayitno, Gubernur Sumatera Barat
Irwan Prayitno, Gubernur Sumatera Barat

dakwatuna.com – Jakarta.  “Assalamu’alaikum Pak Gubernur, saya dari Pasaman Barat, mengucapkan terimakasih atas diresmikannya Pasar Ternak di Pasaman. Namun saya juga ingin mendapatkan tambahan modal.“ Demikian cuplikan pertanyaan dari Pak Bakri melalui talkshow di RRI 999 am hari ini, Selasa tgl. 22 Oktober 2013.

Selasa Pagi ini Gubernur Sumatra Barat, Bapak Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Psi, MSc mendapat kesempatan untuk berdiskusi mengenai Hari Pangan Sedunia (HPS) di studio VVIP RRI Jl. Merdeka Barat No. 4 – 5 Jakarta Pusat.

“Wah Pak Irwan,  ini ada rakyatnya yang langsung bertanya dari Pasaman, silakan Pak“ A. Sihombing sebagai pemandu acara mempersilahkan Pak Irwan menanggapi langsung pertanyaan tersebut.

Dalam tanggapannya Pak Irwan menyampaikan bahwa Pasar ternak atau Pasar Hewan di Pasaman tersebut di launching bersamaan dengan  Hari Susu Nasional. Berkaitan dengan modal, banyak masyarakat yang tidak tahu mengenai permodalan dan penjaminan.

Sebenarnya peternak sapi dapat memperoleh modal melalui KUPS (Kredit Usaha Pembibitan Sapi) yang ada di Bank. “Saya sudah cek ke bank-bank yang ada, hampir 0% kredit yang macet,“ demikian Pak Gubernur Sumbar memberi motivasi.

Karena 2 tahun pertama tidak bayar. Baru pada tahun ke 3 ada pembayaran. Dalam 2 tahun, sapi yang awalnya 2 sudah mulai memiliki anak 2 pula. Jadi hal ini merupakan sebuah keuntungan. Keterangan Pak Irwan semakin diperkuat oleh Fauzi Luthan dari Direktorat Jenderal Peternakan Kementerian Pertanian. Fauzi Luthan menerangkan bahwa ada juga asuransi sapi. Hingga jika ada sapi yang mati kelak akan diganti.

Masalah jaminan juga jadi kendala. Untuk itu masyarakat bisa mendatangi Jamkrida (Jaminan Kredit Daerah) yang ada di kota Padang. Untuk daerah bisa melalui perwakilan dinas peternakan setempat.

Hanya memang bank tidak akan memberikan modal bagi orang yang tidak terbiasa beternak sapi. Karena itu KUPS ini memang dikhususkan untuk masyarakat yang memang sudah biasa berusaha dalam dunia ternak sapi. Demikian akhir keterangan dari Pak Irwan menanggapi pertanyaan Pak Bakri dari Pasaman Barat-Sumatra Barat. (an/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Samin B

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 9,67 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Ternyata Gubernur Tokyo, Yuriko Koike, Fasih Berbahasa Arab