Home / Berita / Nasional / Pengeboran Pembangunan BP2IP Tiram Diresmikan Gubernur Sumbar

Pengeboran Pembangunan BP2IP Tiram Diresmikan Gubernur Sumbar

Gubernur Irwan Prayitno Meresmikan Pengeboran Pembangunan BP2IP Tiram (foto: Humas Sumbar)
Gubernur Irwan Prayitno Meresmikan Pengeboran Pembangunan BP2IP Tiram (foto: Humas Sumbar)

dakwatuna.com – Padang. Gubernur Irwan Prayitno meresmikan Pengemboran Pembangunan Balai Pelatihan Pendidikan Ilmu Pelayaran ( BP2IP) Tiram Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu siang (19/10). Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Komisi V DPR RI Ir. Mulyadi, Anggota DPR RI Refrizal, Kepala BPSDM Kementrian Perhubungan, Wakil Gubernur Muslim Kasim, Wakil Ketua DPRD Leonardi Harmaini, S.IP, MH, Bupati Ali Mukni, Forkopinda, Wakil Bupati Damsuar, Sesepuh Azwar Anas, Kepala Biro Pemerintahan, Kepala Biro Humas Irwan,S.Sos,MM serta beberapa kepala SKPD di lingkungan Pemkab Padang Pariaman.

Gubernur Irwan Prayitno dalam sambutannya menyampaikan, kita patut memberikan apresiasi kepada tokoh masyarakat dan Pemkab, Padang Pariaman, yang telah berpartisipasi aktif dalam memajukan pembangunan di daerah. Hal ini tentu menjadi kebanggaan kita bersama, sehingga apa yang kita kerjakan hari ini merupakan berkah bagi peningkatan kesejahteraan nantinya.

Walaupun kita mengetahui bersama bahwa biaya pembebasan tanah ini murni dana APBD Sumatera Barat yang disetujui oleh DPRD Sumbar yang dilaksanakan secara baik oleh Bupati Padang Pariaman. Sementara pembangunan ini merupakan pembiayaan dari APBN, dengan maksud BP2IP ini merupakan kebutuhan masyarakat Sumatera Barat dan Provinsi Tentangga dalam mengembangkan sumber daya manusia di bidang ilmu pelayaran.

Kabupaten Padang Pariaman termasuk yang beruntung dengan satu paket  mendapat dua kegiatan pembangunan Balai Pendidikan dan dermaga laut yang nilai sangat besar. Tentunya ini menjadi aset yang baik bagi kemajuan dunia pendidikan dan ilmu pelayaran nanti di Sumatera Barat, ujarnya.

Irwan Prayitno juga menegaskan, kita perlu men-support tokoh-tokoh anggota DPR RI asal Sumbar dan DPRD yang memberikan perhatian penuh terhadap kemajuan pembangunan daerah. Tidak perlu melihat dari mana datang dan partainya, akan tetapi kita lihat usaha dan upaya memasukan dana dan berbagai kegiatan pembangunan di Sumatera Barat.

Dalam pembagian kegiatan di Kabupaten/Kota Pemprov. Sumbar akan tetap berpikir adil merata, namun kadang kesanggupan dan situasi daerah membawa kendala dalam pelaksanaan program kegiatan dimaksud. Sementara pemerintah pusat dan pemprov punya limit waktu terhapap realisasi kegiatan dimaksud tepat waktu dan sesuai ketentuan.

Kendala ini yang kadang, banyak program diterima bagi daerah-daerah yang siap dan mampu melaksanakan kegiatan dimaksud secara baik, sehingga yang kurang siap jadi ketinggalan, karena dana ditarik dipindahkan kepada daerah yang sanggup, ungkapnya.

Bupati Ali Mukni dalam kesempatan itu menyampaikan, untuk memuluskan rencana tersebut, telah disiapkan dana Rp 1 Triliun lewat sindikasi dana APBN, APBD Provinsi Sumbar dan Kabupaten Padang Pariaman.

Dana APBD Provinsi sebesar Rp 11,7 Miliar tahun 2012 diperuntukkan untuk pembebasan lahan, pembangunan sarana infrastruktur dari APBD Sumbar dan Padang Pariaman yang totalnya lebih dari Rp 100 Miliar.

“Sedangkan pembangunan BPPIP sendiri didanai oleh APBN sebesar Rp 800 Miliar, belum termasuk sarana dan prasarana pendidikan nantinya, perkiraan kami habis Rp 1 Triliun,” katanya lagi.

Ali Mukhni mengatakan, BPPIP disiapkan sebagai tempat menghasilkan dan membina calon-calon pelaut yang berkualitas dengan standar Pelaut Internasional.

“BPPIP akan menjadi kawah candradimuka pelaut, direncanakan pada 2014 sudah menerima siswa, untuk menyiapkan gedung BPPIP dimulai tahun ini,” jelasnya.

BPPIP nantinya akan menjadi ilmu yang strategis karena siswa bisa langsung mengaplikasikan ilmunya. Setelah rampungnya BPPIP juga telah disiapkan Pelabuhan Tiram dengan menyediakan  lahan seluas 15 Hektar. (Humas Sumbar/ded/dakwatuna)

 

 

About these ads

Redaktur: Deddy S

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • dian

    aslammualaikum wrhmtlhi wbrktu…,
    pak, kapan penerimaan siswa barunya pak.,
    mohon tanggapannya pak.,

Lihat Juga

Kesalehan Sosial, Modal Utama Pembangunan Bangsa