Home / Berita / Nasional / Gubernur Sumbar Buka Secara Resmi Kegiatan TIME

Gubernur Sumbar Buka Secara Resmi Kegiatan TIME

_MG_9042dakwatuna.com – Sumatera Barat.  Di Tahun 2009 Sumatera Barat diguncang gempa besar yang mengakibatkan kerusakan bangunan yang cukup parah. Akan tetapi Pemerintah Provinsi tidak putus asa melakukan perbaikan, termasuk di bidang wisata. Pemprov didukung oleh Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia-PHRI serta ASITA tetap gencar memacu pengembangan bidang pariwisata.

Ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno pada acara Opening Ceremony Tourism Indonesia Mark & Expo ( TIME) di Auditorium Gubernur Jum’at malam (18/10). Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Menteri Pariwisata Sapta Nirwandar, Wakil Gubernur Muslim Kasim, Ketua DPRD Ir. Yultehnil, MM, beberapa kepala SKPD di lingkungan Pemprov Sumbar, Asita, Kadin serta bayer di beberapa negara.

Irwan juga menyampaikan, Selain itu juga menggandeng Visit Indonesia Tourism Office, serta mengunjungi pasar wisata di luar negeri untuk meyakinkan para wisatawan agar kembali berkunjung ke Sumatera Barat. Untuk menarik minat wisatawan datang lagi ke Sumatera Barat, Pemprov juga gencar melakukan promosi melalui event balap sepeda Tour de Singkarak, yang selalu di support oleh  anggaran dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Hal itu membuahkan hasil. Justru pasca gempa pembangunan infrastruktur pariwisata berupa hotel semakin meningkat luar biasa. Kamar hotel yang dulunya mencapai 3700 kamar, kini meningkat sampai 5400 kamar.

Provinsi Sumatera Barat bersama Kabupaten/Kota bersama-sama membuat rencana pembangunan jangka menengah pariwisata yang dituangkan dalam berbagai program-program kongkret. Kita punya berbagai event wisata, seni dan budaya seperti, Mentawai Surfing Contest, Sawahlunto Etnic Musik, Dragon Boat di Padang, Pacu Jawi di Tanah Datar, Tour de Singkarak, dan masih banyak lagi.

Untuk itu melalui kegiatan TIME yang mempertemukan seller dan buyer pada satu meja transaksi, dapat menjadi langkah efektif dalam menjual produk wisata di Sumbar dan Indonesia secara umum. Peserta Time dari luar negeri juga dihimbau agar mengunjungi destinasi wisata di Minangkabau, seperti wisata bahari, gunung, danau, bukit, dan banyak lainnya, dan tentunya juga menikmati makanan terlezat di dunia yakni rendang, ungkapnya.

Sementara Wamen Kemenparekraf Sapta Nirwandar menyampaikan, TIME merupakan pasar yang efektif untuk melakukan jual beli produk wisata, karena sistemnya B to B (Bisnis To Bisnis) mempertemukan pelaku industri wisata Indonesia dan operator industri wisata luar negeri. Membanggakan TIME ke 19 dengan tuan rumah Sumatera Barat, karena di Ranah Minang ini banyak kekayaan wisata, kultur dan budaya.

Keunikan Kultur Minangkabau salah satunya yakni menganut garis keturunan ibu (Matrilineal). Wanita di Minangkabau mendapat penghormatan yang luar biasa. Dari segi sejarah dan budaya, Sumatera Barat juga memiliki cerita dan peninggalan yang ada sampai saat ini. Jika di London ada Jam Big Ben, Kita di Bukitinggi punya replikanya yakni Jam Gadang.

Grand Canyon yang diketahui secara luas ada di Arizona, ternyata juga ada di Harau, Payakumbuh. Arsitektur bangunan di Minangkabau juga tiada duanya, yakni atap “Bagonjong” dengan lengkungan khas, tiada duanya di dunia, katanya.

Opening Ceremony TIME yang digelar di Auditorium Gubernuran ditandai dengan pemukulan gendang tasa oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Wakil Menteri Pariwisata, Ketua Umum PHRI, dan Ketua Asita. Pelaksanaan Acara Pasar Wisata Indonesia atau Tourism Indonesian Market and Exhibition-TIME dilaksanakan 18-21 Oktober di Hotel Grand Ina Muara. Pada kesempatan pembukaan TIME, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga menyerahkan dokumentasi berita media massa pada Tour de Singkarak-TdS 2013. Buku dokumentasi TdS setebal 3000 halaman, diserahkan oleh perwakilan Kemenparekraf Raseno Arya kepada Gubernur Irwan Prayitno. (sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Thailand tarik wisatawan Muslim dengan sertifikasi makanan halal. (dream.co.id)

Ini Langkah Pemerintah Thailand dan Korea Selatan dalam Mengembangkan Wisata Syariah