Home / Berita / Internasional / Amerika / Arab Saudi Menolak Kursi di DK PBB

Arab Saudi Menolak Kursi di DK PBB

Sidang Dewan Keamanan PBB
Sidang Dewan Keamanan PBB

dakwatuna.com – New York.  Arab Saudi secara tegas menolak permintaan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) untuk duduk bersama, Jumat (18/10) membahas konflik Suriah. Saudi menuding PBB menerapkan standar ganda atas konflik Suriah dan titik-titik konflik lain di tengah perundingan diplomatik tanpa hasil.

Utusan Saudi memilih meninggalkan pertemuan di mana mereka baru saja terpilih untuk bergabung dengan DK, hasil pemilihan dalam Sidang Umum PBB, Kamis lalu. Saudi menjadi satu dari 10 anggota tak tetap yang akan mengalami rotasi tiap dua tahun sekali. Sementara lima dari 15 negara anggota DK PBB, Inggis, Amerika, Rusia, Perancis, dan Cina adalah anggota tetap yang diberi hal veto.

Petinggi PBB Ban Ki-moon mengatakan Arab Saudi tidak segera mengirimkan pesan penolakan kondisi itu yang pasalnya akan mulai berjalan 1 Januari mendatang. Para diplomat mengatakan masih memungkinkan untuk membujuk Pemerintah Saudi mengubah keputusannya.

”Mekanisme kerja dan standar ganda DK PBB menghalangi tugas mereka menjaga perdamaian dunia,” tegas Menteri Luar Negeri Saudi. ”Oleh sebab itu, Saudi Arabia tak memiliki pilihan lain kecuali keluar dari keanggotaan Dewan Keamanan PBB hingga ada reformasi dan memiliki perangkat yang dapat membuat kewajibannya menjaga perdamian dunia terpenuhi,” jelas Menteri Luar Negeri Arab Saudi. (rol/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 9,67 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi mata uang Arab Saudi (islammemo.cc)

Arab Saudi Lepaskan Kepemilikan Atas Surat Utang AS Hingga 22%

Organization