Topic
Home / Berita / Silaturahim / Petani Subang Binaan RZ Panen Lima Ton Kedelai

Petani Subang Binaan RZ Panen Lima Ton Kedelai

petani kedelaidakwatuna.com – Subang. Kelompok Petani Subang Jawa Barat binaan RZ di Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang, berhasil memanen 5 ton kedelai, Jumat (18/10). Pembudidayaan kedelai yang dilakukan di atas tanah 1 hektar sejak Juli 2013 tersebut kini membuahkan hasil.

“Budidaya kedelai ini bertujuan untuk memanfaatkan sawah yang tidak ditanami saat musim kemarau. Harapannya, petani dapat memanfaatkan lahan tidurnya agar lebih produktif dengan pola tanam tumpangsari,” ujar Heny Widiastuty, Chief Program Officer RZ.

Kelompok Petani yang bernama “Tunas Mulia” ini digagas melalui program pemberdayaan RZ sejak Januari 2013 dengan beranggotakan 16 orang. Dengan langkah awal melakukan pembudidayaan kedelai, diharapkan masyarakat dapat mandiri ekonomi.

“Program ini bertujuan untuk membangun kemandirian ekonomi dan menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap desa. Selain itu, komoditas hasil panen yang beragam dapat laku terjual dengan harga yang kompetitif,” tutur Heny.

Selain kedelai, Heny pun menambahkan bahwa para petani binaan RZ tersebut akan dibimbing untuk melakukan penanaman singkong dan juga jagung. Harapan dari program ini adalah semakin banyaknya petani asal Kabupaten Subang jawa Barat yang semakin berdaya. (rz/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

OSIS SMP Juara Pekanbaru Bersama Rumah Zakat Laksanakan Aksi Kemanusian Penggalangan Dana Untuk Suriah

Figure
Organization