Home / Berita / Internasional / Afrika / Pelatih Mendukung R4BIA, Ghana Pun Menang Telak

Pelatih Mendukung R4BIA, Ghana Pun Menang Telak

Kru pelatih timnas Ghana Mendukung perjuangan menentang kudeta di Mesir (akhbarak)
Kru pelatih timnas Ghana Mendukung perjuangan menentang kudeta di Mesir (akhbarak)

dakwatuna.com – Ghana. Para aktivis jejaring sosial facebook saat ini sedang banyak membincangkan foto solidaritas rakyat Ghana terhadap perjuangan menentang kudeta di Mesir. Di antara foto tersebut menunjukkan kru pelatih timnas Ghana yang mengangkat tangan dengan simbol R4BIA. Foto tersebut diambil sebelum pertandingan melawan timnas Mesir dalam penyisihan piala dunia Brazil, Selasa (15/10/2013) kemarin, di Kumasi, Ghana.

Selain foto tersebut, ada juga foto para pendukung Ghana yang membawa spanduk dan kaos berwarna kuning bertuliskan R4BIA. Pertandingan Mesir-Ghana tersebut berakhir dengan kemenangan Ghana 6-1. Kekalahan Mesir ini memancing kritik keras dari rakyat Mesir. Pengamat politik, Hatim Azam misalnya, mengatakan bahwa As-Sisi memang memerangi semua yang bersifat muntakhab (pilihan). Kemarin presiden muntakhab (hasil pemilu), sekarang muntakhab Mesir (timnas Mesir). Kudeta memang selalu membawa nahas.

Padahal banyak pengamat bola melihat kondisi timnas Mesir jauh lebih baik dan ideal daripada timnas Ghana. Sebelum pertandingan, pengamat bola Mesir, Hazim Imam dan Mido menyampaikan di stasiun Aljazeera +8 bahwa banyak anggota timnas Ghana yang berhalangan main pada pertandingan ini. Sedangkan timnas Mesir tampil dengan skuad yang sempurna. (msa/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (6 votes, average: 9,83 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Hamba Allah

    “Pelatih Mendukung R4BIA, Ghana Pun Menang Telak” artinya kemenangan main bola ini karena dukungannya terhadap robah..?? aneh memang…

    Berarti boleh dong saya berkata:
    Negara Mendukung komunisme, Korea utara pun menang melawan Indonesia.

    cara berfikir yang aneh…….

    Dimana-mana, bola indonesia kalah dengan bola eropa yang beragama kristen.. apakah mereka itu menang main bola karena agamanya??

    emang kamu kira pembaca itu anak kecil yang bisa di kecengin

    :P :P :P :P :P :P :P :P

    • Abu Ahmad

      Bukan begitu menurut saya. Anda baca lagi dengan baik bagaimana Ghana sangat mendukung R4BIA, yang merupakan sumber perlawanan Masyarakat Mesir saat ini. Ini sangat mungkin menyebabkan mental pemain Mesir jatuh. Karena bisa saja mereka (pemain bola Mesir) tampil dengan anggapan mewakili pemerintahan kudeta. Sehingga saat menghadapi Tim yang membela R4BIA, hati mereka menjadi ciut dan mental bertanding mereka terganggu, sehingga kalah 6-0.

      Hal ini pernah beberapoa kali terjadi pada TimNas Indonesia saat melawan tim-tim profesional Eropa dan Inggris beberapa waktu lalu. Alih-alih mendapat dukungan dari supporter Indonesia, mereka malah harus kecewa karena supporter Indonesia malah mayoritas membawa embel-embel tim profesional luar negeri tersebut dan bahkan menjadi supporternya. Akibatnya Timnas menjadi ciut hatinya dan bermain tanpa gairah dan menjadi permainan tim profesional tersebut. Memang kemudian suporter “bodoh” itu menyadari kesalahan mereka dan mulai berbalik menyemangati Timnas. Namun semuanya sudah terlambat. Timnas dibantai habis oleh Arsenal 7-0 dan Liverpool 2-0.

      Seandainya supporter 100% untuk timnas, mungkin gak parah kali permainannya, meskipun kalah….

      • Hamba Allah

        1. dijudul berita itu jelas disebutkan bahwa sebab kemenangan Gana, adalah karena pelatihnya mendukung rob’ah…. (bukan karena yang lain). ini terlalu berlebih2x dengan tujuan politik.. yaitu: mengirimkan tuduhan bahwa kekalahan itu adalah karena penurunan paksa presiden dari IM, dan memasarkan bahwa Roba’a adalah kebenaran mutlak. seakaan-akan dia mengatakan bahwa siapa saja yang ingin berhasil maka hendaklah mendukung rob’ah..

        2. Mesir tidak lah jauh lebih baik dari Gana… bahkan dalam 16 pertandingan antara mesir dan ghana, memang mesir menang 7 kali, kalah 4 kali,,dan selainnya imbang.. artinya kekuatan mereka hampir imbang.

        3. suporter saya kira memang memilki pengaruh namun bukan itu pengaruh kemenangan utama.. yang pertama tentunya atas izin Allah, kemudian keahllian pemain….baru terakhir suporter. kalau pemainnya ahli banget, saya yakin akan menang melawan yang ngak ahli meski yang ngak ahli itu di support semua orang.

        4. hasil pertandingan mesir ghana bukan 6-0 tapi 6-1 :D

        4. Bola itu adalah bulat, bisa bergerak kemana-mana… jadi tidak usah di besarxkan… apalagi masuk ke masalah ideologi… Bola aja mau di politisasi… wukuf di padang arafah mau di politisasi.. coba, siapa yang mengira, U19 akan mengalahkan juara 12 (korea selatan)?…

        • Hamba Allah

          juara 12 kali korea selatan.

          • Syamsul Arifin

            Hey, itu Anda yang mengartikan ! >> “Pelatih Mendukung R4BIA, Ghana Pun Menang Telak” >> artinya kemenangan main bola ini karena dukungannya terhadap robah..?? >> Anda yang membawa bola ke urusan aqidah >> Anda yang memancing perdebatan >> Boleh jadi karena Anda suka berdebat.

            Saya mengartikannya begini : >> “Pelatih Mendukung R4BIA, Ghana Pun Menang Telak” >> “Pelatih Mendukung R4BIA, dan alhamdulillah Ghana Pun Menang Telak mengalahkan Mesir 6-1 biidznillah?” Lalu apa salahnya judul di atas.

          • Hamba Allah

            hehehehehe….
            Inilah yang paling dekat ke pemahaman manusia..

            umpamanya: Selepas makan, saya pun kenyang. artinya makan itulah yang menjadi sebab saya bisa kenyang (betul Allah yang membuat kenyang tapi kan Allah buat pake sebab dan makanlah jadi sebabnya”.

            Jadi judul itu difahami bahwa kerena dukungan Rob’ah lah Gana bisa menang…. Dukungan itu yang menjadi sebab kemenangan (betul dengan izin Allah,, karena sesuatu tidak akan terjadi di muka bumi tanpa izin Allah..bahkan kemenangan tim Komunis (korut) melawan tim negara terbesar islam di dunia (indonesia) juga atas izin Allah.

            jadi anda belum memberikan pemahanan lain. :D

          • Zubair

            11. dan apabila langit dilenyapkan,

            12. dan apabila neraka Jahim
            dinyalakan,

            13. dan apabila syurga didekatkan,

            14. Maka tiap-tiap jiwa akan
            mengetahui apa yang telah dikerjakannya.
            Q.S. At takwir, 81

          • Hamba Allah

            kalau lagi ngigau jangan disini.. tiba2x mendatangkan terjemahan al qur’an sebagai dalil..dalil atas apa? bangun dulu sebuah statemen, baru datangkan dalil..jangan dalil datang, namun statement ngak ada…

            Tapi, apa maskud saudara dengan mencopi paste terjemahan la qur’an itu disini?

            1. apa statement yang anda bangun sehingga anda mengahadirkan ayat itu sebagai dalil?alias ‘apa yang anda klaim”

            2. Mana wajhu ad dilalah, didalam ayat2x tersebut yang menunjukkan klaim anda? jelaskan.

            gitu baru benar..

            contohnya;
            Statement/klaim/pernyataan:
            Salat itu wajib…
            dalilnya;
            واقيموا الصلاة

            wajhu ad dilalahnya mana?

            Allah memerintahkan untuk mendirikan salat, dengan kata perintah ‘dirikanlah”, dan perintah menunjukkan wajib (lihat di ushul fiqh), jadi salat itu wajib….wajib artinya jika di laksanakan berpahala dan jika ditinggalkan berdosa…

            kalau gitu kan, selaras dan benar caranya.

            jangan dikit2x copi ayat….. padahal statementnya ngak jelas..

          • Fathurrobbani

            bener anda mas hamba Allah, pengantar syariah cukup terpahami, tapi anda pasti bukan pendukung militer/polisi mesir yg membantai ribuan muslim, kan?

          • Hamba Allah

            1. Saya tidak mendukung siapun..

            2. Masalah ribuan, saya tidak memiliki data valid… data pemerintah mengatakan 700an orang. Sedangkan pernyataan IM berbeda2x, ada yang mengatakan 2400an, ada yang mengatakan 5000an, ada yang mengatakan 6000an. tapi yang jelas paling sedikit 700orang (disepakati oleh kedua belah fihak).

            3. Korban militer juga ada, hingga saat ini lebih dari 120an..

            4. Demonstaran rob’ah mayoritas memang tidak bersenjata, namun ada juga yang bersenjata.. dan itu di menurut pengakuan teman2x indo yang di mesir yang dekat disana…. bahkan didalam beberapa berita mesir, ada beberapa sniper IM ditangkap dan mereka mengaku menembaki polisi dan demonstaran untuk membuat IM seolah2x terzolimi. tentang kebenaran semua itu, hanya ALlah yang tahu.

            5. Konflik mesir, bukanlah konflik antara muslim dengan non muslim, tetapi konflik antara dua kelompok islam yang ingin berkuasa.. ini adalah konflik yang biasa terjadi didalam sejarah islam…oleh karena itu tidak perlu dibawa kerahan akidah..

            6. Masalah mesir adalah masalah dalam negeri mesir..tidak usah meminta nato untuk menggempur militer mesir…

            7. Berita mesir saat ini ngak berEs..ngak tahu mana yang harus di percaya..dua-duanya lebay dalam pemberitaan..

            INTINYA:

            JUDUL DIATAS NGAK BENAR

            YANG BENAR ADALAH : DENGAN MENGHAPUS PUN..

            Pelatih Mendukung R4BIA, Ghana Pun Menang Telak (X)

            YANG BENAR:

            Pelatih Mendukung R4BIA, Ghana Menang Telak (YES)

          • Zubair

            11. dan apabila langit dilenyapkan,

            12. dan apabila neraka Jahim
            dinyalakan,

            13. dan apabila syurga didekatkan,

            14. Maka tiap-tiap jiwa akan
            mengetahui apa yang telah dikerjakannya.
            Q.S. At takwir, 81

          • Zubair

            11. dan apabila langit dilenyapkan,

            12. dan apabila neraka Jahim
            dinyalakan,

            13. dan apabila syurga didekatkan,

            14. Maka tiap-tiap jiwa akan
            mengetahui apa yang telah dikerjakannya.
            Q.S. At takwir, 81

  • blue pingu

    sebenarnya antara judul dan isinya agak berbeda. kalo dibaca dg seksama rasanya tidak ada pemahaman menangnya ghana dikarenakan pelatihnya mendukung R4BIA. mungkin kata “pun” dihilangkan saja shg judulnya lebih pas ” Pelatih Mendukung R4BIA, Ghana Menang Telak ” supaya tidak ditafsirkan bermacam2

    secara umum sepakbola mesir lebih kuat dari ghana. kekalahan 6-1 rasanya aneh. mungkin pemain mesir adalah pendukung anti kudeta, mereka mungkin mau menunjukkan kalau mereka tidak setuju dg pemerintahan militer dg cara ” masabodo kalah ” ……!

  • Soemanto

    ahh, ini sih perang urat syaraf semata sebelum pertandingan, lagipula tim unggulan kan tidak selalu menang (lihat Barcelona dihantam Bayern München).. tapi reporternya cerdas mengemas dan merangkai kata menjadi kalimat ya eeemm…, provokatif ? :)

Lihat Juga

Aksi bakar diri akibat frustasi hadapi hidup semakin sulit. (al-marsd.com)

Kebutuhan Hidup Semakin Mahal, Seorang Warga Mesir Frustasi Dan Membakar Diri

Organization