Home / Berita / Nasional / Qurban Siap Disebar ke Seluruh Pelosok Negeri

Qurban Siap Disebar ke Seluruh Pelosok Negeri

Mitra THK Dompet Dhuafa membagikan daging kurban ke masyarakat Nusa Tenggara Barat. (Foto: DD)
Mitra THK Dompet Dhuafa membagikan daging qurban ke masyarakat Nusa Tenggara Barat. (Foto: DD)

dakwatuna.com – Jakarta. Menjelang H-1 Idul Adha, Tebar Hewan Qurban Dompet Dhuafa (THK DD) sudah siap mendistribusikan puluhan ribu hewan Qurban ke 33 provinsi di Indonesia (14/10). Pemeriksaan kesehatan dan kebersihan hewan pun, telah dilakukan sebelumnya. Kini seluruh mitra THK tengah sibuk mengantarkan hewan kurban ke setiap pelosok negeri untuk disembelih besok.

Para pequrban tak perlu khawatir, sebab qurban dipastikan akan sampai kepada yang berhak. Dari Sabang sampai merauke di 216 kabupaten, 388 kecamatan, dan 4272 desa. Agar pequrban mengetahui di wilayah mana qurbannya disembelih, maka setelah qurban berlangsung, THK DD akan mengirimkan laporan berupa daftar pembagian daging dan foto saat hewan disembelih.

“Target kami tahun ini adalah 30 ribu ekor hewan, dan kami mempersiapkan hewan qurban tersebut hingga hari tasyrik. Kini semua hewan mulai disalurkan ke daerah-daerah pelosok serta kekurangan di seluruh provinsi di Indonesia. Kami berusaha menyebarkan qurban secara merata, agar seluruh masyarakat dapat merasakan kebahagiaan Idul Adha. Semakin banyak yang berkurban semakin banyak yang disalurkan,” tegas Yuli Pujihardi, Direktur Eksekutif THK DD.

Sebelumnya THK DD telah bekerjasama dengan peternak yang telah dibina, yakni Kampung Ternak Nusantara (KTN). Saat ini KTN telah menyebar di 18 provinsi. Hal tersebut sangat memudahkan dalam penyediaan hewan qurban, serta distribusi.

Bagi wilayah yang belum memiliki program pemberdayaan KTN, maka THK menggunakan mitra setempat non pemberdayaan di wilayah tersebut. Namun hampir semua hewan qurban disiapkan dari program KTN dengan komposisi 75% dan 25% non pemberdayaan.

“Program Kampoeng Ternak Nusantara yang telah kami berdayakan sejak lama sangat membantu THK dalam menyediakan serta menyebarkan qurban ke seluruh Indonesia. Insya Allah mereka adalah orang-orang yang amanah, sehingga kurban pasti sampai kepada yang berhak,” tambah Yuli. (dd/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Tidak Ada Hari Libur di Negeri Kami