Home / Narasi Islam / Resensi Buku / Ibadah, Doa, & Amalan Pilihan Agar Punya Momongan Berkualitas

Ibadah, Doa, & Amalan Pilihan Agar Punya Momongan Berkualitas

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Cover buku "Ibadah, Doa, & Amalan Pilihan Agar Punya Momongan Berkualitas".
Cover buku “Ibadah, Doa, & Amalan Pilihan Agar Punya Momongan Berkualitas”.

Judul Buku: Ibadah, Doa, & Amalan Pilihan Agar Punya Momongan Berkualitas
Penulis: Maliha Fauziah
Penerbit: Sabil
Cetakan: I, Juli 2013
Tebal: 192 halaman
ISBN: 978-602-279-011-2

Doa-Doa Pilihan Agar Mendapat Momongan Berkualitas 

dakwatuna.comSetiap orang yang telah berkeluarga pasti mendambakan hadirnya momongan atau buah hati yang berkualitas. Berkualitas di sini artinya; momongan saleh atau shalihah yang kelak bisa membuat kedua orang tuanya bahagia sekaligus berbakti pada mereka. Agar bisa mendapatkan momongan yang berkualitas, tentu dibutuhkan upaya keras, baik secara lahir maupun batin. Hal ini tidak terlepas dari upaya yang dilakukan oleh orang tua si jabang bayi.

Ketika seorang ibu mengetahui bahwa dirinya positif hamil, maka dia harus berusaha merawat dengan baik bayi yang ada di dalam kandungannya. Selain menciptakan kondisi yang nyaman serta tenang, ada beberapa hal yang dianjurkan untuk dilakukan, seperti; membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an, dengan harapan kelak bila si jabang bayi lahir, dia akan memiliki kepandaian dalam membaca dan mengamalkan isi yang terkandung di dalam kitab suci Al-Qur’an. Selanjutnya adalah berusaha memperhatikan pola makan, menjaga perilaku, memperbanyak berdoa serta menciptakan suasana harmonis di dalam keluarga (halaman 11-15).

Berdoa pada waktu-waktu istijabah (waktu dikabulkannya sebuah doa) sangat ditekankan di sini. Jum’at merupakan hari yang sangat bagus untuk memperbanyak doa kepada Allah Swt. Jum’at adalah sebuah hari yang agung dan mulia, karena Jum’at adalah ‘tuannya’ hari, sehingga tidak heran bila Jum’at dijuluki ‘sayyidul ayyam’ atau pemimpin dari hari-hari yang lainnya. Waktu istijabah untuk berdoa yang lainnya adalah; berdoa setelah selesai melakukan shalat wajib lima waktu, berdoa di sepertiga malam terakhir, berdoa saat sedang menunaikan ibadah puasa, dll (halaman 17-24).

Agar dapat dianugerahi momongan yang berkualitas, Anda juga dituntut mampu melakukan amalan-amalan sunnah, seperti rajin melakukan shalat sunnah rawatib. Shalat sunnah rawatib adalah shalat sunnah yang mengiringi shalat-shalat fardhu (dilakukan sebelum dan sesudah shalat fardhu). Tentang kaifiyah (cara) shalat rawatib akan dijelaskan di dalam bab empat (halaman 61-71).

Setiap manusia tentu memiliki kebutuhan dan keinginan yang beragam di dalam kehidupannya, termasuk menginginkan mendapat momongan yang berkualitas. Bagi orang-orang yang beriman, segala kebutuhan, keinginan, cita-cita serta harapan tersebut tidak serta merta selalu ditempuh melalui usaha secara praktis saja. Akan tetapi, dia akan terlebih dulu mengadukannya kepada Allah Swt. Allah adalah Dzat yang tidak pernah bakhil dalam memberikan sesuatu kepada para hamba yang mau memohon kepada-Nya. Melakukan shalat hajat menjadi salah satu cara untuk memohon segala apa yang kita inginkan di dunia ini.

Selain itu, ada beberapa amalan dzikir yang bisa kita kerjakan seusai shalat hajat, yang akan membantu doa kita lekas terwujud. Amalan-amalan dzikir yang dimaksud di sini seperti; memperbanyak membaca shalawat. Tentang fadhilah (keutamaan) bacaan shalawat serta dzikir-dzikir lainnya akan dijelaskan pada bab ini (halaman 96-128).

Buku setebal 192 halaman yang disusun oleh Maliha Fauziah ini berisi serangkaian amalan doa, dzikir serta kiat-kiat bermanfaat yang bisa dipraktekkan oleh para orang tua (atau mereka yang sedang mempersiapkan hari pernikahan) sebagai upaya untuk memperoleh momongan yang berkualitas.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 5,67 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Sam Edy Yuswanto
Penulis lepas, bermukim di Kebumen Jateng. Lebih dari 100 tulisannya tersebar di berbagai media, lokal hingga nasional.

Lihat Juga

syariah

Pentingnya Meningkatkan Kualitas Pengawasan Syariah

Organization