Home / Berita / Nasional / Sapi Gaduh RZ di Sumbawa Tak Kekurangan Pakan

Sapi Gaduh RZ di Sumbawa Tak Kekurangan Pakan

Sapi di Sumbawa Tak Kekurangan Pakan (Sumber: RZ)
Sapi di Sumbawa Tak Kekurangan Pakan (Sumber: RZ)

dakwatuna.com – Sumbawa. Peternak sapi gaduh RZ di Sumbawa menimbang sapi yang sudah digembalakan selama dua tahun, Jumat (11/10). Hasil penimbangan akhir, sapi yang digembalakan selama hampir dua tahun sudah mencapai 291 kilogram. “Saya menggembalakan empat ekor sapi sejak hampir dua tahun yang lalu. Alhamdulillah dengan ladang yang luas, empat ekor sapi ini tidak kekurangan pakan. Belum genap dua tahun sapi ini sudah lumayan naik beratnya,” ujar Mulyadi, salah satu peserta program pemberdayaan peternak sapi gaduh.

Sumbawa adalah salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Barat yang bercuaca panas. Setiap hari, suhu rata-rata yang dianggap sejuk bisa mencapai 340 Celcius. “Rumput hijau adalah sesuatu yang sangat berharga di sini. Biasanya peternak di Jawa memberi makan dengan mengarit jerami hijau. Kalau di Sumbawa, para peternak memelihara sapi dengan digembalakan di ladang milik mereka,” ujar Husna, tim pemberdayaan sapi gaduh RZ di Sumbawa.

Peternak sapi gaduh di Sumbawa tersebar di 23 desa. Peternak sapi gaduh yang biasa disebut penggaduh menerima upah harian setiap sore hari. “Biasanya penggaduh menerima upah setiap jam 4 sore. Selain mendapat upah, mereka juga mendapat pelatihan tentang pengembalaan ternak yang baik,” kata Husna. Selain peternaknya mendapat pelatihan, sapi-sapi gaduh ini pun selalu dikontrol berat badan dan kesehatannya. “Para penggaduh menerima kompensasi yang adil karena sapi yang digembalakan beratnya selalu terkontrol,” tambahnya. (rz/deddy/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Deddy S

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Daging Sapi (ilustrasi).  (rimanews.com)

Pemerintah Harus Serius Perbaiki Manajemen Stok Nasional Terkait Daging Sapi

Organization