Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Alhamdulillah, Semua Lantai Masjidil Haram Sudah Bisa untuk Thawaf

Alhamdulillah, Semua Lantai Masjidil Haram Sudah Bisa untuk Thawaf

masjidil haram 2013dakwatuna.com – Mekah. Tiga lantai di Masjidil Haram sudah bisa digunakan untuk thawaf sejak Rabu dinihari sehingga kapasitas thawaf diperkirakan menjadi di atas 60.000 jamaah per jam dari sebelumnya hanya 32.000 jamaah per jam.

“Alhamdulillah, saat ini semua lantai di Masjidil Haram bisa digunakan untuk thawaf. Ini kabar gembira yang harus diberitahukan kepada jamaah,” kata Kadaker Mekah Arsyad Hidayat di Mekah, Rabu malam. Ia mengatakan, sehari sebelumnya lantai dua juga sudah bisa digunakan dan sudah disosialisasikan.

Sementara Kepala Sektor Khusus Masjidil Haram Husban Abadi Mallang mengatakan petugas sudah mengarahkan jamaah untuk naik ke lantai dua dan tiga karena lantai satu terlalu padat, namun sebagian besar jamaah Indonesia banyak memilih tetap di lantai satu. “Mereka merasa afdol jika thawaf di lantai satu, walaupun sangat padat,” katanya.

Ia mengungkap, justru banyak jamaah haji khusus yang lebih senang di lantai dua dan tiga. “Kalau ada jamaah haji kita naik ke atas kita tempatkan petugas, kalau tidak ada petugas kembali turun. Petugas ini bergerak situasional,” katanya.

Petugas Media Center Haji dari Pikiran Rakyat Hazmirullah merasakan nyaman thawaf di lantai tiga yang sebagian sisinya sudah dilebarkan. “Sisi utara sudah dilebarkan, hanya saja belum di marmer. Tapi nyaman karena tidak berdesak-desakan,” katanya.

Berfungsinya semua lantai di Masjidil Haram ada di luar perkiraan sebelumnya. Apalagi, sebelum memberangkatkan kelompok terbang (kloter) 1 dari Tanah Air, 10 September lalu, Menteri Agama Suryadharma Ali masih mengatakan bahwa areal yang hanya digunakan untuk thawaf adalah pelataran Ka’bah dan mathaf portabel.

Pekerjaan renovasi yang dilakukan siang malam tanpa jeda telah membuat kelegaan bagi semua jamaah yang pada akhir rukun haji akan melaksanakan thawaf ifadah. (jhu/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Tamu-tamu Allah di Arafah; Penuh Khusyu’ dan Ketenangan

Figure
Organization