Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Ratusan Muslim Uighur Dipenjara Karena Dituduh Menyebarkan Semangat Jihad

Ratusan Muslim Uighur Dipenjara Karena Dituduh Menyebarkan Semangat Jihad

Muslim Uighur (AP Photo/Greg Baker,file) - Inet
Muslim Uighur (AP Photo/Greg Baker,file) – Inet

dakwatuna.com – Beijing. Sejumlah Muslim Uighur ditangkap otoritas Beijing, Kamis (10/10). Mereka ditangkap atas tuduhan mempromosikan jihad via internet.”Mereka yang ditahan, dituduh mengekspresikan ketidakpuasan atas represi sistematis otoritas Cina,” kata Dilxat Raxit, juru bicara World Congress Uyghur kepada Reuters, seperti dilansir onislam.net.

Raxit menilai gelagat otoritas Cina ini melengkapi distorsi terhadap Muslim Uighur. Mereka hendak menekan penggunaan internet di kalangan Uighur dalam upaya mencari informasi dan menyampaikan kebebasan berpendapat.

Penangkapan ini merupakan yang kesekian kali dalam sepekan terakhir. Bila di akumulasi, ratusan Muslim Uighur ditangkap dengan tuduhan yang berbeda.

Surat kabar China Daily melaporkan lebih dari 139 Muslim Uighur ditangkap selama sepekan. Mereka dituduh menyebarkan semangat jihad.

Surat kabar Xianjiang Daily juga melaporkan otoritas Cina melakukan gerak cepat menghadang pergerakan yang dilakukan via internet. Itu sebabnya, aparat kepolisian dikerahkan dalam penanganan kasus tersebut dengan menyelidiki siapa saja yang terlibat dalam pembuatan konten keagamaan di internet.

Sejak Maret lalu, dua lusin Muslim Uighur dihukum terberat atas tuduhan sparatis dan mempromosikan jihad. Pengadilan memutuskan terdakwa menggunakan ponsel dan DVD guna menyebarkan propaganda agama Islam. Pada Desember tahun lalu, pengadilan Xianjiang memvonis kematian atas tuduhan pembajakan pesawat.(rol/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ozil: Mushaf Dibakar, Masjid Ditutup, Umat Muhammad Bungkam Terhadap Derita Muslim Uighur

Figure
Organization