Home / Berita / Nasional / Rumah Zakat Optimis Donatur Qurban Bertambah

Rumah Zakat Optimis Donatur Qurban Bertambah

Superqurbandakwatuna.com – Jakarta. Salah satu lembaga amil zakat nasional, Rumah Zakat (RZ), optimistis jumlah donatur yang berkurban akan terus bertambah menjelang hari raya Idul Adha 1434.

Sejak program Superqurban tahun ini dibuka setelah Idul Fitri bulan Agustus lalu, sebanyak 1.000 donatur telah membeli hewan kurban (kambing) di lembaga zakat yang berpusat di Bandung, Jawa Barat itu. Rumah Zakat menyediakan hewan kurban kambing dan sapi. Kambing dihargai Rp 1,8 juta dan sapi Rp 12,8 juta per ekor (untuk retail Rp 2 juta).

“Untuk kambing ada 1000 donatur. Ini baru h-7, biasanya dekat-dekat Lebaran Haji bertambah banyak. Buka donasi sampai tanggal 16 Oktober,” kata M. Arief, External Communications Rumah Zakat Pusat, saat ditemui di acara peluncuran aplikasi JAMAL (BelanJA dan BeraMAL) di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, siang ini.

Ia menambahkan umumnya, empat hingga tiga hari menjelang Idul Adha jumlah donatur bertambah dalam jumlah yang signifikan. Bila dibanding dengan tahun lalu, pertumbuhan jumlah kurban di tempatnya tergolong imbang, di angka sekitar 30 persen.

“Target kami tahun ini kambing 18.000 ekor dan sapi 1.800 ekor,” katanya.

Hewan kurban lembaga zakat ini diambil dari peternakan mereka di daerah Probolinggo, Jawa Timur. Donatur yang ingin berkurban dapat mendatangi langsung kantor cabang Rumah Zakat atau melalui situs resmi mereka, www.rumahzakat.org.

Sejak beberapa tahun belakangan, Rumah Zakat mendistribusikan daging kurban yang dikemas dalam bentuk kaleng. Tahun ini, begitu hewan kurban selesai dipotong, dagingnya akan langsung diproduksi menjadi daging kalengan di Probolinggo juga.

Proses produksi memakan waktu hingga satu minggu. Daging kalengan didistribusikan ke seluruh daerah di Indonesia. Daging yang telah dikemas di kaleng itu tahan hingga tiga tahun.

Satu ekor kambing dapat menghasilkan 30 kaleng berukuran 200 gram. Sementara itu, seekor sapi menghasilkan sekitar 350 kaleng. (ant/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Relawan Rumah Zakat (RZ) sedang membantu korban gempa di Nepal, Senin (4/5/2015) (IST)

Selain 10 Ribu Kornet, Relawan RZ Gelar Pemeriksaan Kesehatan Keliling di Nepal

Organization