Home / Berita / Internasional / Asia / Pertahankan Tempat Suci di Tengah Arogansi Penjajah

Pertahankan Tempat Suci di Tengah Arogansi Penjajah

tempat sucidakwatuna.com – Yava.  Meski berada di tengah kemajuan pembangunan pemerintah penjajah Israel, warga Palestina ingin tetap mempertahankan tempat suci Islam.

Gerakan Islam di wilayah Zona Hijau atau Palestina jajahan tahun 1948 menggelar kerja bakti merenovasi masjid dan kuburan Islam. Di antaranya adalah Masjid Hasan Beik di pinggiran pantai kota Yava dan Kuburan Khazahana.

Gedung-gedung pencakar langit ibu kota Tel Aviv dan Yava Israel mengurungkan dan menenggelamkan bangunan-bangunan berciri khas Arab dan Islam warisan kekuasaan Islam di masa lalu. Hal ini menjadi kekhawatiran warga Palestina yang masih bertahan di sana. Gerakan Islam di wilayah Palestina jajahan tahun 1948 memprakarsai kerja bakti merenovasi tempat suci di kota Yava. Di antara adalah Masjid Hasan Beik yang terletak di pinggiran pantai kota.

Para relawan kerja bakti merenovasi pagar baja yang melingkari masjid yang sudah mulai rapuh. Para relawan menyatakan, komponen tersebut sangat penting untuk di renovasi sebab ia berada di pinggir pantai. Kontak baja dengan air berkadar garam tinggi akan mempercepat rapuhnya komponen besi baja tersebut.

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga ikut dalam aksi kerja bakti tersebut. Mereka merenovasi kuburan Kazahana yang dibangun pada masa dinasti Turki Usmani (kekuasaan Ottoman Turki) tempat penguburan pejuang Islam dan Arab dari Mesir dan Suriah yang gugur dalam membela Palestina,  di samping pejuang Palestina yang gugur dalam peristiwa Nakbah 1848.

Wakil ketua Gerakan Islam Kamal Al-Khatieb menegaskan aksi ini sebagai bukti warga Palestina tetap akan mempertahankan kota mereka dan tempat suci yang ada di dalamnya. Apalagi Israel sudah banyak mengubah tempat suci dari masjid hingga kuburan untuk menjadi kandang ternak, club malam, hingga restoran bagi wisatawan tanpa mempedulikan kesuciannya. (pip/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 7,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Aksi Solidaritas Palestina oleh LDK SSP STEI SEBI yang berlokasi di Car Free Day, Jakarta. Ahad (27/11/2016).  (Ahmad Jundi Taqiyuddin/LDK SSP STEI SEBI)

Aksi Solidaritas Untuk Palestina di Car Free Day Jakarta

Organization