Topic
Home / Berita / Nasional / Persis Tetapkan Hari Raya Idul Adha 1434 H Jatuh pada 15 Oktober

Persis Tetapkan Hari Raya Idul Adha 1434 H Jatuh pada 15 Oktober

Logo Persatuan Islam (Persis).
Logo Persatuan Islam (Persis).

dakwatuna.com – Persatuan Islam (Persis) memetapkan awal bulan Dzulhijjah 1434 H jatuh pada hari Minggu (6/10), sebagaimana diputuskan dalam Musyawarah Lengkap PP Persis.

“Dengan demikian, Hari Raya Idul Adha 1434 H (tanggal 10 Dzulhijjah) jatuh pada hari Selasa tanggal 15 Oktober 2013 M,” kata Ketua Umum PP Persatuan Islam,  Prof. Dr. KH. Maman Abdurrahman, dalam keterangan tertulis, Minggu (6/10).

PP Persis, ungkap Maman Abdurrahman, menentukan awal bulan Dzulhijjah 1434 H, sebagaimana awal bulan yang lain, berdasarkan hasil pehitungan hisab dan rukyat. Sementara metode yang digunakan Persatuan Islam adalah metode hisab imkan al rukyat.

“Terdapat tiga orang yang memenuhi syarat secara syar’i yang melihat hilal dan kesaksiannya dinyatakan sah. Dan didapatkan bukti bahwa citra visual hilal di bawah kriteria di atas dapat terlihat,” jelas Maman Abdurrahman.

Persatuan Islam menggunakan metode hisab imkan al rukyat, atau batas kemungkinan hilal untuk diamati dan di-rukyat. Dengan metode ini, meski menggunakan metode hisab, namun Persatuan Islam juga tidak meninggalkan metode rukyat sepenuhnya. Bagi Persatuan Islam, tidak mungkin ada hisab tanpa rukyat dan rukyat yang baik memerlukan panduan hisab.

Dengan metode ini, Persatuan Islam pun menentukan kriteria hisab. Awal bulan hijriyah dapat ditetapkan jika setelah terjadi ijtimak, beda tinggi antara bulan dan matahari minimal 4 derajat. Di sisi lain, bagi Persatuan Islam, jarak busur antara bulan dan matahari minimal sebesar 6, 4 derajat. Kedua kriteria ini sudah memperhitungkan kecerlangan langit, hamburan cahaya senja, umur bulan, beda azimuth, iluminasi bulan, serta faktor cuaca lainnya. (rmol/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Persis Kecam Trump Akui Yerusalem Sebagai Ibukota Israel

Figure
Organization