Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / R4BIA di Makkah

R4BIA di Makkah

Simbol Keteguhan R4BIA (inet)
Simbol Keteguhan R4BIA (inet)

dakwatuna.com – Kairo. Pemerintah kerajaan Suadi mengumumkan, status waspada akan diberlakukan setelah beberapa pihak dari Mesir dan beberapa negara mengumumkan akan mengangkat simbol R4BIA saat manasik haji, terutama di padang Arafah. Hal ini seperti diberitakan kantor berita Lail Nahar Sabtu (5/10/2013) pagi ini.

Namun demikian, pihak kerajaan menghadapi kesulitan dalam upayanya mengantisipasi terjadinya aksi ini. Tidak bisa diketahui dengan pasti, siapa-siapa yang akan melakukan aksi tersebut. Karena aksi mengangkat simbol R4BIA, hanya dengan mengangkat tangan dan menunjukkan empat jari kita.

Dikhawatirkan massa akan menyambut ajakan aksi ini dengan mudah, dan akan meneriakkan yel-yel yang menentang sikap kerajaan Saudi yang mendukung kudeta di Mesir. Padahal sangat sulit mengendalikan jumlah jamaah haji yang sangat besar, sekitar 3 juta orang.

Setiap tahun, prosesi manasik haji juga diliput media resmi untuk disiarkan ke seluruh dunia. Dalam hal ini, strategi yang dilakukan adalah syuting dari jarak jauh, sehingga tidak bisa terlihat dengan mudah detail hal yang dilakukan para jamaah.

Di pihak lain, Basil As-Sisi, ketua komisi ekonomi kamar perusahaan wisata Mesir, menyampaikan peringatan kepada seluruh calon jemaah haji Mesir untuk tidak melakukan pelanggaran terhadap peraturan pemerintah Saudi. Di antaranya adalah mengangkat simbol R4BIA, menempelkan striker dan lainnya. Supaya tidak mendapatkan tindakan penegak hukum Saudi. Menurutnya, haji adalah perjalanan ruhani, akan rusak jika dicapuri politik. (msa/dakwatuna/twsela)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Opick: Jangan Berhenti Bantu Rakyat Palestina!

Figure
Organization