Home / Berita / Nasional / PKB Dukung Sutarman Karena Profesional dan Dekat Dengan Warga NU

PKB Dukung Sutarman Karena Profesional dan Dekat Dengan Warga NU

sutarmandakwatuna.com – Jakarta. Bagi warga NU, Sosok Sutarman yang di usulkan Presiden SBY sebagai calon kuat Kapolri bukanlah sosok yang asing lagi.

Sutarman yang pernah menjadi ajudan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur saat menjabat Presiden membuatnya memiliki hubungan akrab dengan warga nahdliyin dan massa PKB, khususnya di wilayah-wilayah Sutarman pernah menjadi kapolda, yakni Kapolda Kepri, Kapolda Jawa Barat, dan Kapolda Metro Jaya.

Ketua Fraksi PKB Marwan Jafar memastikan pihaknya akan mengamankan calon Kapolri Komjen Sutarman yang sudah diajukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke DPR.

“Jadi selain posisi mengamankan calon kapolri yang diajukan Presiden SBY. Pak Tarman (Sutarman) juga akrab dengan warga NU yang merupakan basis massa PKB. Apalagi beliau pernah menjabat tiga kali Kapolda. Langka itu,” ujar Marwan di Gedung DPR, Rabu (3/10/2013).

Selain mengamankan nama Sutarman agar mulus menjadi kapolri, menurut Marwan, pihaknya juga sudah mempunyai beberapa pertimbangan kalau yang bersangkutan memang pantas menjadi orang nomor satu di kepolisian.

“Yang jelas setelah kami teliti, beliau memang mempunyai track record yang tergolong bersih, kapabilitasnya maksimal, dan yang terpenting beliau bisa bersikap dan bertindak profesional sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsi) Polri,” urai Marwan yang juga Ketua DPP PKB ini.

Menurut Marwan, sikap profesional dari seorang kapolri itu sangat penting menjelang pemilu ini. “Netralitas Polri itu sangat penting dalam Pemilu nanti. Netralitas itu bersumber dari profesionalitas. Nah, Pak Tarman memilikinya,” ungkapnya.

Hampir dipastikan mayoritas Anggota DPR menyetujui usulan nama Sutarman sebagai Kapolri Menggantikan Timur Pradopo, mengingat sampai saat ini hanya satu nama yang diusulkan Presiden. (ind/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 1,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

milad-muhammadiyah

Pesan NU Kepada Muhammadiyah yang Merayakan Milad ke 104

Organization