Topic
Home / Berita / Nasional / KPK Tangkap Tangan Lima Orang Terduga Korupsi, Termasuk di Antaranya Ketua MK

KPK Tangkap Tangan Lima Orang Terduga Korupsi, Termasuk di Antaranya Ketua MK

Jubir KPK, Johan Budi. (inet)
Jubir KPK, Johan Budi. (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan operasi tangkap tangan, dan menahan lima orang pelaku dugaan korupsi dari wilayah Jakarta, Rabu malam (2/10/2013).

“Kami membenarkan bahwa memang ada operasi tangkap tangan sekitar pukul 22.00 WIB,” kata Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi, di Jakarta, Rabu malam.

“Yang pasti tadi telah dilakukan operasi tangkap tangan, ada lima orang yang dibawa,” ujar Johan.

Operasi tangkap tangan tersebut dilakukan terkait dengan sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

“Penyidik menangkap tangan beberapa orang di kompleks Widya Chandra, dengan inisial AM, CHN, dan CN,” kata Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi, dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Kamis dini hari.

Johan mengatakan, AM merupakan Ketua Mahkamah Konstitusi, sementara CHN seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat, dan CN seorang pengusaha.

Di Widya Chandra, penyidik menyita uang dolar Singapura, perkiraan sementara, senilai Rp2 miliar hingga Rp3 miliar, yang diduga merupakan pemberian CHN dan CN kepada AM terkait yang diduga terkait sengketa pilkada di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

Setelah itu, lanjut Budi, KPK juga melakukan operasi tangkap tangan di sebuah hotel di wilayah Jakarta Pusat, dan menahan dua orang yang dengan inisial HB yang merupakan kepala dinas dan DH yang merupakan pihak swasta.

“HB seorang kepala daerah. DH itu swasta, diamankan di sebuah hotel di wilayah Jakarta Pusat,” kata Johan.

Hingga saat ini, lanjut Johan, status kelima orang tersebut masih sebagai terperiksa, dan akan dilakukan pemeriksaan 1X24 jam terlebih dahulu.

“Posisinya masih terperiksa, masih dilakukan pemeriksaan 1×24 jam,” kata Johan. (V003*I029/Z002/Ant)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

MK, Sosial Media dan Etalase Demokrasi

Figure
Organization