Home / Berita / Daerah / Pemda DKI “Jokowi-Ahok” Bongkar Masjid Tanpa Koordinasi dengan Masyarakat Sekitar

Pemda DKI “Jokowi-Ahok” Bongkar Masjid Tanpa Koordinasi dengan Masyarakat Sekitar

Wakil Sekretaris Jenderal (wasekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Tengku Zulkarnaen. (Republika/Agung Supriyanto)
Wakil Sekretaris Jenderal (wasekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Tengku Zulkarnaen. (Republika/Agung Supriyanto)

dakwatuna.com Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat meminta Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta menyediakan masjid sementara pengganti Masjid Baitul Arif yang dibongkar karena alasan pembangunan Rumah Susun (Rusun) Jatinegara.

Hal itu disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal MUI Pusat, Tengku Zulkarnain, sebagaimana dilansir Republika (18/9/2013). Menurut Tengku, Pemda DKI sudah bertindak layaknya ‘Koboy’, karena bertindak sewenang-wenang membongkar Masjid Baitul Arif yang terletak di Jalan Jatinegara Barat, Kampung Melayu, Jakarta Timur.

Pemda DKI, ujar Tengku, tidak pernah berkoordinasi dengan masyarakat sekitar dan tokoh pemuka agama di situ sebelum akhirnya memutuskan akan membongkar masjid.

“Masjid adalah rumah Allah, rumah ibadah umat Islam. Ada aturan syariat yang berlaku di dalamnya. Tidak boleh bertindak seenaknya saja,” ujar Tengku, Rabu (18/9).

Menurut dia, Pemda DKI dalam hal ini Wakil Gubernur, Basuki Tjahja Purnama sebagai pihak yang keras memerintahkan pembongkaran harus paham, shalat umat Islam tidak boleh terhenti.

Oleh sebab itu, ia menjelaskan, tidak bisa menyuruh umat Islam mengungsi dalam hal beribadah ke masjid lain, karena alasan masjid akan dibongkar. “Ini tindakan keliru, melanggar syariat dan bisa dianggap melecehkan agama,” ia menegaskan.

Seharusnya, Jokowi-Ahok bertanya dulu ke MUI dan minta nasihat tentang penghancuran masjid. Jangan bertindak arogan dan sok tahu urusan agama.

MUI meminta Pemda DKI membuat masjid sementara di dekat lokasi masjid lama. Langkah ini, agar umat Islam yang berada di dekat masjid yang dibongkar tetap dapat beribadah shalat lima waktu dan terutama shalat Jumat. Pihaknya tidak mau umat Islam di sekitar masjid harus menerima begitu saja mengungsi ke masjid yang lebih jauh.

Atau umat harus menunggu dua hingga tiga tahun setelah Rusun Jatinegara dibangun, dan Pemda DKI membangun masjid baru. “Dibuatkan dulu masjid sementara penggantinya, jangan sampai umat Islam menunggu sampai satu atau dua tahun lamanya,” katanya menerangkan.

Tengku khawatir bila ini tidak disikapi segera oleh Pemda DKI, maka akan muncul konflik antara warga dan Pemerintah DKI Jakarta, karena sikap yang sewenang-wenang ini.

Tengku mengingatkan, Pemda DKI harus berkaca pada kejadian di Medan, di mana Panglima Kodam I Bukit Barisan pernah menghancurkan Masjid Al Ikhlas di Jalan Timor Medan. Akibatnya, masyarakat di wilayah itu pun bergolak dan melawan.

Bersyukur Kepala Satuan Angkatan Darat saat itu, Jendral Edi Pramono cermat mendengar permasalahan ini, sehingga perlawanan warga dapat diredam. Yakni dengan mendirikan Masjid Al Ikhlas di tempat semula, dan gesekan dengan masyarakat dapat dihilangkan.

“Saya rasa Pemda DKI harus mencontoh tindakan bijak seperti ini, agar tidak memancing kemarahan masyarakat,” katanya menegaskan.

Pihak MUI dalam waktu dekat akan memanggil Pemda DKI untuk meminta pembangunan masjid sementara di rusun Jatinegara tersebut.

Sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama atau Ahok, meminta masyarakat agar dapat pindah beribadah ke masjid lain setelah Masjid Al Barokah dihancurkan untuk pembangunan rusun Jatinegara. Ahok pun berjanji akan membangun masjid tersebut, setelah rusun Jatinegara dibangun.

Ahok mengatakan tidak pernah ada pelarangan shalat karena pembongkaran masjid. Karena itu, pinta Ahok, masyarakat bisa membedakan anjurannya, untuk pindah beribadah ke masjid yang lain sebelum akhirnya masjid Al Barokah dibangun ulang setelah selesainya rusun Jatinegara.

Sebelumnya, Pemda DKI membongkar bangunan eks Suku Dinas Teknis dan Masjid Al Barokah yang berada di Jalan Jatinegara Barat, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Anehnya dalam surat perintah dari Badan Pengelola Keuangan Daerah DKI Jakarta, tertulis bahwa bangunan yang dibongkar adalah gedung eks Kompleks Perkantoran Suku Dinas Teknis saja dan tidak termasuk pembongkaran masjid.

Akibatnya sudah dua pekan terakhir masyarakat sekitar terganggu ibadahnya dan berharap Pemda DKI dapat membangun kembali masjid yang telah dibongkar.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (37 votes, average: 8,89 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • haanst

    Islam Rahmatan lilalamin, jauh dari buruk sangka apalagi provokatif, nauzubillah…

    • Just Ibell

      Barakallah…

  • Ahmad Baihaqi

    ya itulah orang kalo dah berkuasa sombaong.. dan sok tahu..jadi kita tahu siapa tuh Joko Ahok sesungguhnya..

  • malik

    Sebaikk ahok kasih pelajaran biar tahu bagaimana menghormati orang lain, orang keras kepala.

  • malik

    Sebaikk ahok kasih pelajaran biar tahu bagaimana menghormati orang lain, orang keras kepala.

  • Hamba Allah

    “AHOK” itu Non Islam…Pantas Saja Tidak Suka dengan Islam…dan Bertindak Semaunya Dengan Dalil Urusan Pemda….SPIX

  • wandy

    Akibat salah pilih, agama islam sering kali disudutkan oleh pandangan2 sempit arogan non muslim, jgn pura2 ga tahu, Jokowi sebagai atasan masak ga tahu mekanisme aturan agama Islam, ini perlu dipertanyakan keIslamannya, jgn2 cuma ktpnya doang…

    • NN

      mas, joko ahok itu tokoh FREMANSON..mrk aktif di ROTARY CLUB, salah satu organisasi YAHUDI ZIONIS.

      • Just Ibell

        Hadeh, Balsem Gosok Mas? #Ngisin2iKomentare #PandanganSempit

        • namek

          komennya Just Ibell gak usah di dengerin biarin aja itu orang bayaran deh kayaknya

    • Just Ibell

      Yang benar pilih seperti apa sih? #Bingung #OMDO

  • H. Syamsudin Rizal

    “Seharusnya, Jokowi-Ahok bertanya dulu ke MUI dan minta nasihat tentang
    penghancuran masjid. Jangan bertindak arogan dan sok tahu urusan agama”.

    Tapi….berapa
    banyak GEREJA yang sudah ditutup / dibongkar / dibakar dengan
    semena-mena?? bagaimana nasib para jamaah gereja yg sampai saat ini
    tidak bisa beribadah akibat dr pengerusakan gereja??

    Apakah kita juga memikirkan mereka??

    • Shofura Ellena

      mau data nya ada? kemudian cek dong sebabnya apa? ^_^ kasus dibongkarnya gereja bukankah dr keinginan masyarakat? bukan sikap arogansi pemerintah?

      • namek

        yu Betul
        coba cek di daerah papua bangun mesjid susahnya minta ampun padahal secara aturan sudah terpenuhi

  • h mahwud

    lah itu masji di bongkar , karena mau di perbaharui… karena surah rusak ,koq pada complain ga jelas, tar kalau roboh siapa yang tangung jawab toh ?

    • Renol A Umar

      gk baca berita nih…

      • Just Ibell

        ente yang gag baca berita. Mudah terprovokasi. Siapa bilang tidak berkoordinasi. Open Minded dikit. Sekali2 baca di beberapa media yang berbeda. Biar informasi yang kita terima tidak salah. -___-‘

        • namek

          komennya Just Ibell gak usah di dengerin biarin aja itu orang bayaran deh kayaknya

          • captainc

            dogol, jelas kan skrg si justibell yang bener?

          • Just Ibell

            Sorry yaw.. gue gag serendah itu.. Catet bos..
            Gue masih bisa cari uang halal.. dari kerja dan usaha..
            Bukan dengan cara hina..
            Oh iya.. bersihin dulu otak ente.. biar gag asal nuduh..

            Indonesia butuh pemimpin tegas dan jujur.. dan saya merindukan hal tersebut.. dan saya yakin masyarakat indonesia juga merindukan sosok pemimpin yg jujur.. *siapapun itu calonnya*

            Open Your Mind *Cuk!

          • Indra Dokter

            Open my mind…oke, bisa tak bangun dulu gantinya, baru robohin yg ada? Ngrti tak maksudnya? Proyek utama rusun toh ? Bukan masun!

  • Dahnial

    mendingan ber-baik sangka drpd ber-buruk sangka, tujuannya pst utk yg lebih baik.. pro-kontra wajar azaa…

  • rusdi

    Klo niatnya bak, kenapa ga ada komunikasi dg pihak terkait (MUI, tokoh masyarakat setempat, dll). Terus kenapa ga dimulai dg membangunkan t4 ibadah alternatif dan komitmen bangun masjidnya dulu. Baru Rusunnya. Bukan Rusunnya dulu. Ummat islam itu sholat 5x sehari lho… berapa lama harus menunggu rampung???

  • Renol A Umar

    semakin hari semakin hebat aja ya ahok… jokowi sang idola juga semakin memberikan manfaatnya untuk umat islam… jakarta beruntung memiliki kalian… banyak hal hebat terjadi setelah kalian memimpin jakarta… untuk masyarakat jatinegara kalian gak usah resah.. jokowi-ahok lebih faham tentang aturan ibadah islam kok dari kalian… jadi ikutin aja apa maunya mereka..

    • Just Ibell

      Harusnya dulu Ustad Renol A Umar yang maju di pilgub Jakarta kemarin. Biar bisa merasa paling bermanfaat.

      #NATO (No Action Talk Only)

      Tunjukin kontribusi Anda bagi masyarakat! Jika Anda merasa bisa lebih bermanfaat dari keduanya.
      Bukankah “Khoirun-nas ‘anfauhum lin-nas…” Tad?

      Klo cuma komentar disini mah gag akan berguna Tad. So, Action!

  • arman

    smoga masjid yang di bongkar dapaty di ganti secepat mukin dan lebih besar dan indah , serta jamaahnya bertrambah banyak

    • Just Ibell

      Aamiin (y)

    • Indra Dokter

      Di bangun dulu yg baru baru pemda boleh bongkar…jangan di balik2. Gak sesuai omongan dgn tindakan yaa begini ini jadinya.

  • abuzinad

    jokowi – ahok jgn di lawan …. ! para hamBanya BanyaK Di media dan komentatOR >.., sEMua yg mereka LaKukan Adalah bEnAr, kAlo Perlu meruBuhkAn ka’bah juga benAR Karena jOKoWI – AhOK aDalah Tuhan BArU BAGi MEreka >>

    • captainc

      otak dungu islamist musola supir bus gini mending ke dasar neraka aja deh..

      • Just Ibell

        Sabar bro.. Gag baik marah2.. Apalagi sampai nyumpahin orang.. Istighfar!

        • namek

          bener tuh kayaknya di semua media udh di jagain ama orang bayarannya nh

          • captainc

            haha, dogol. ini berita fitnah, masa sampai sekarang gak dihapus, nanti dijadikan bukti di akhirat.maka dari itu saya hanya berkata benar, pemfitnah masuk neraka.

    • Just Ibell

      Gak malu tuh sama avatar 4 Jari. Sebelum komentar difikir dulu mas. Jgn mudah men-judge seseorang. Toh berita disini tidak selamanya benar. Harusnya Tagline berita nya bukan “Bongkar”, kesannya negatif. Harusnya menggunakan istilah “Renovasi”, agar tidak memancing reaksi negatif dari para pembaca dakwatuna. (termasuk Anda sudah terpancing juga sepertinya). Lagian kan akan dibangun masjid kembali yang lebih besar. Media dakwah sekelas dakwatuna seharusnya lebih mengedepankan bahasa yang santun dan tidak mengandung unsur provokasi. Salam :)

      • Indra Dokter

        Memang di bongkar bro, bukan renovasi, 3 tahun masy harus berpindah masjid…cara apa itu? Salah itu cara a hok, tak benar…

      • An Ahmad

        kalau dr perkataan “tanpa sepengetahuan masyarakat” itu berarti dibongkar bukan renovasi :)

      • AmanahTransporter Tj. Pinang

        Kalau urusan Allah gak bisa pake toleransi…….itu bukan provokasi…emang begitu seharusnya…

  • Ihsan

    setelah Takbiran Idul Fitri dilarang, Konser Metalica diijinkan.. sekarang Mesjid pun mereka hancurkan… Allhamdulillah, Allah semakin menunjukan siapa Jokowi dan Ahok.. Buat yang kemarin memilih mereka saat pilkada, Semoga peristiwa ini menjadi insight buat kita semua untuk teliti memilih pemimpin.. karena memilih itu adalah amanah..

    • Just Ibell

      Weh, malah berburuk sangka, dah gitu menjustifikasi pula -____-‘ #DilihatPermasalahannyaDuluMasBro!

      Lagian apa iya Takbiran Idul Fitri dianjurkan buat keliling2 kaya karnaval? hadeh -___-‘

      • heri

        just ibel…. emangnya konser mealica jg di ijinkan dalam agama…. goblok

        • balthazar

          emangnya agama melarang?

  • Yelfian Pitapang

    Janganlah berburuk sangka dulu, mereka melakukan itu pasti sudah mempersiapkan rencana yang lebih baik lagi buat masjid itu nantinya. kalau sedikit-sedikit kita berburuk sangka dgn niat baik pemerintah mau jadi apa bangsa ini. Ntar klu ternyata tujuan mereka bertolak belakang dengan apa yg kita kira, malu sendirikan nantinya.

    • Indra Dokter

      Yaa kita bukan berburuk sangka mas, anggaplah jokowi plus a hok sangat mulia, tapi cara yg di tempuh bukanlah cara yg mulia dan elegan…

  • inal

    bahasanya provokator

  • gembel

    tanya dulu aesannya knp??

  • nair

    kita umat islam sangat menyedihkan keadaan kita, dipermainkan oleh segelintir orang,…kita harus punya kekuatan dan percaya pada diri sendiri jangan meminta belas kasihan “orang lain”..karena ketidaksukaan dalam hati mereka lebih besar dari apa yg mereka lakukan…bangkitlah wahai kaum muslimin,,kalian ibarat macan yang sedang terbuai tidur…bangun-bangun sebelum kalian terpenggal oleh kelalain kalian sendiri…..bangkitlah wahai ummatku..kalian adalah petarung yang mempunyai ideologi LAA ILAAHA ILLALLAHU, MUHAMMAD RASULULLAH

  • nair

    kita umat islam sangat menyedihkan keadaan kita, dipermainkan oleh segelintir orang,…kita harus punya kekuatan dan percaya pada diri sendiri jangan meminta belas kasihan “orang lain”..karena ketidaksukaan dalam hati mereka lebih besar dari apa yg mereka lakukan…bangkitlah wahai kaum muslimin,,kalian ibarat macan yang sedang terbuai tidur…bangun-bangun sebelum kalian terpenggal oleh kelalain kalian sendiri…..bangkitlah wahai ummatku..kalian adalah petarung yang mempunyai ideologi LAA ILAAHA ILLALLAHU, MUHAMMAD RASULULLAH

  • Naufal Adzka Maulana

    Seharus nya kirim amplop dulu ke MUI ya… baru boleh di bongkar

    • david

      Akh kaya yt bedul aja sampean coy

  • Ilham Tanjung

    masih ada aja yang bela jokowi,… heran gw

    • meeftha

      Iya nih…
      Harusnya belain Auloh aja ya….
      pasti benar tuh…

    • Just Ibell

      Heran juga guweh,, masih ada aja orang yang hidupnya sibuk memikirkan keburukan orang lain. OMG -____-‘

      • kakaimey

        setuju, padahal kita bisa jadi lebih busuk..

    • Just Ibell

      Heran juga guweh,, masih ada aja orang yang hidupnya sibuk memikirkan keburukan orang lain. OMG -____-‘

  • Eunike Theo Fanny

    knpa sih umat islam ini gak prna damai..
    pengennya cari keburukan orang lain,seperti dirinya udah benar aja,perbaikkin dulu diri kita,baru koreksi orang lain…
    tujuan jokowi sama pak ahok itu sudah bnar..
    lanjutkan..!!!

    • david

      Sebelum komen perbaiki dulu diri anda apakah sudah benar

      • LOL

        Sdr david. Tiap pandangan orang berbeda, ini bukan masalah jaminan. kalau kita sedikit berkomentar saja sudah bad respon dan justru menghardik. bagaimana kita kasih solusi? apa anda sudah punya solusi? apakah anda juga sudah baik? hayo lah jangan berpikir negatif dulu. saya memihak yang berpikir dan kebenaran!

    • david

      Apakah ibu bisa jamin kl agama/umat anda lebih bener?

    • Guest

      sdr david. tiap pandangan orang berbeda, ini bukan masalah jaminan. kalau kita sedikit berkomentar saja sudah bad respon dan justru menghardik. bagaimana kita kasih solusi? apa anda sudah punya solusi? apakah anda juga sudah baik? hayo lah jangan berpikir negatif dulu. saya memihak yang berpikir dan kebenaran!

  • LOL

    Endonesa bukan negara islam bro sis, saya heran sama budaya kita yang ga pernah ada pakemnya. Masjid di relokasi di bongkar dan digantikan untuk sementara protesnya kaya orang biadab. nyaci maki pemimpin, nyalahin semua tanpa ngasih sedikitpun solusi. Tapi giliran ada perkumpulan agama lain dan bikin rumah ibadah berkoar koar menuntut pembongkaran. sering kejadian seperti itu, pembongkaran gereja pengusiran umat agama lain dll. gitu ya yang katanya punya adab islam. kita ga usah omongin masalah demokrasi deh ya karena itu udah kaga ada beresnya. gimana islam mau baik dipandang, umatnya sangat gampang dibodohi dan gampang disulut fitnah! hahahahaha I LOL ENDONESAH

  • kopeng hasibuan

    di medan itu,kasusnya mesjid yg dirobohkan itu udah dibangun mesjib baru pengganti! saat mesjid pengganti dibangun ngak ada prostes, dan sesudah mesjid baru selesai dibangun,muncul protes,katanya tetap ngak bisa. harus dibangun ditempat semula. akhirnya panglima kodam bukit barisan mengalah,dan membangun kembali mesjid yg dirobohkan itu, jadi akhirnya ada 2 mesjid baru yg dibangun.

  • kas

    kebanyakan orang yang mengaku Islam mentalnya rapuh, mudah terprovokasi, sedikit2 tersinggung, sedikit2 marah, dan selalu ada provokator yang ambil untung untuk tujuan politiknya menjelek2an pemerintah…kalau ada mesjid yang dibongkar tinggal diminta ke pemda untuk membuatkan masjid sementara, udah dilakukan belum???

  • Muthmainnah

    Innalillaahi wa inna ilaihi rooji’uun. .
    Hanya bisa berkata Wallahu A’lam Bishshowab. .

  • S Ayu Kusumawaty

    alah broooowww,,,,,berita koc di simpang siurkan,,,,,,dasr PROVOKATOR

  • Jami’atul Firdaus

    Wes.. banyak jasmev nih, di sini…pasukan nasi bungkus siap bela mati2an demi jokohok… coba kalau yang dibongkar gereja pasti mereka ngamuk

  • hamba allah

    wartawan amplop, kerja nodong pemda, kecamatan, kelurahan, makan tuh uang haram

  • Ida Doang

    Jokowi Ahok sudah mulai mengukur potensi umat Islam di Jakarta,
    apakah Anda mau mengulang kasus Priuk Jilid II

  • Aisah Fitria

    assalamualaikum, maaf saya mau berkomentar sedikit ini. dakwatuna ini tidak jelas, gunakan lah bahasa yang selayaknya…tidak usah bawa2 agama,kita lihat maksud dan tujuannya dulu.saya rasa yang menulis diatas ini belum tentu mengenal dan memahami apa itu islam,coba lah berpikir secara positif dan kita ambil hikmahnya dari semuanya,islam itu indah om dan cinta damai,tapi bukan sebagai provokator seperti berita di atas ini,saya sungguh malu liat umat islam seperti itu.pahami dulu makna dari islam itu dan pahami dulu alquran baru ada bisa berbicara sesuka anda. walaikumsalam,

Lihat Juga

Ahok Tuding Massa Aksi Damai 411 Dibayar 500 Ribu, Aa Gym: Setop Sakiti Hati Umat Islam