Home / Berita / Daerah / Terkait Lurah Non-Muslim, Mendagri: “Saya Kecewa atas Kepongahan Ahok”

Terkait Lurah Non-Muslim, Mendagri: “Saya Kecewa atas Kepongahan Ahok”

Gamawan Fauzi, Mendagri (riaupos.com)
Gamawan Fauzi, Mendagri (riaupos.com)

dakwatuna.comMenteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menilai bahwa tanggapan berbagai pihak mengenai unsur menyinggung suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) terhadap Lurah Lenteng Agung berlebihan karena tidak mencermati pernyataannya dengan saksama.

“Kalau evaluasi menyinggung SARA, itu lebay (berlebihan). Saya bilang kalau Pemda (Pemprov DKI Jakarta) bisa evaluasi kebijakannya, bukan mengevaluasi lurahnya karena bagi Pemda perlu pencapaian hasil yang baik,” kata Mendagri di Jakarta, Senin (30/9/2013).

Dia menyayangkan berbagai komentar miring yang muncul karena salah tafsir, terutama tanggapan ketus Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

“Saya kecewa atas kepongahan (kesombongan) Ahok, yang dengan membaca berita keliru menyuruh saya belajar UUD. Saya 10 tahun jadi Bupati (Solok), lima tahun jadi Gubernur (Sumbar), dan empat tahun jadi Mendagri. Sementara dia (Ahok) hanya lebih sedikit satu tahun jadi Bupati di Belitung,” keluhnya.

Mendagri menjelaskan bahwa jabatan lurah bisa diangkat melalui dua mekanisme, yaitu dipilih atau ditunjuk, sementara untuk kepala desa hanya melalui mekanisme pemilihan.

“Tidak ada yang salah dari Gubernur atau Pemda (Pemprov DKI Jakarta) karena penunjukan (Lurah Lenteng Agung) itu kewenangan Gubernur. Kalau terus-menerus didemo, Pemda bisa mengevaluasi kebijakannya, bukan lurahnya. Itulah yang sering terjadi, pendapat sumber ditafsirkan sendiri,” ungkapnya.

Namun, dari penjelasan tersebut justru muncul berita Mendagri meminta Gubernur DKI Jakarta melakukan evaluasi terhadap Lurah Lenteng Agung Susan Jasmine.

Selain Wagub DKI Jakarta, Wakil Ketua DPD Laode Ida juga turut berkomentar dengan menyebut pernyataan Mendagri menyinggung SARA.

“Itu akan menimbulkan kesan bahwa Mendagri anti-pluralisme, padahal itu bagian dari realita sosial budaya yang dijamin dalam konstitusi,” kata Laode.

Menurut dia, jika Mendagri mau memberi masukan kepada Pemprov DKI Jakarta, maka ia bisa menugaskan aparatnya untuk mengevaluasi kebijakan Jokowi-Ahok terlebih dahulu.

“Mendagri juga bisa memberikan masukan langsung ke Jokowi,” ujar Laode. (Ant/WartaKota/KCM)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (24 votes, average: 9,46 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • sofyan

    Ahok,bukan pongah lagi tapi terlalu arogan, pecat aja pa Mentri,,,,,,,,,,,

    • Rahmat

      mantap gan

      • arjuna

        hehee…
        gitu aj kok repot….
        baru tau siapa ahok, itu belum seberapa tuh.. liat aja nanti…

        • Muh Awa Ramadhan

          Tanpa melihat agama, sy dulu kagum ama Ahok krn ketegasanx. Tp skr keburuknx sdh sangat keterlaluan. Mengedepankan sikap emosi, sombong, sll merendahkan orang lain, berkata semau-maux…

          • Retya Wanto

            sombongnya ahok mungkin juga menuruti kesombongan aparat yang sombong

          • Abu Bakar bin Sholihin

            Menurut kami orang luar Jakarta, sesungguhnya Ahok benar2 pemimpin yg jujur, tegas, polos, dan pintar. Kami yakin Tuhan tidak pernah salah karena telah menjadikan Ahok sbg pemimpin Jakarta. Tuhan maha tahu yg terbaik buat warga Jakarta. Nah sekarang, acungkan jarimu! Siapa yg mengaku lebih tahu dari Tuhanmu??

          • Qahwa DNet

            apanya yang pintar..? hei Abu Tungku..? akhlaknya jauh dari yang di harapkan, sombong dan angkuh, itukah yang ditiru………????

          • rajiun

            komentar apa profokator sih?

          • Qahwa DNet

            apanya yang pintar..? hei Abu Tungku..? akhlaknya jauh dari yang di harapkan, sombong dan angkuh, itukah yang ditiru………????

      • arjuna

        hehee…
        gitu aj kok repot….
        baru tau siapa ahok, itu belum seberapa tuh.. liat aja nanti…

    • fatkhur rokhman

      mendingan ahok daripada menteri korup

      • heru koto

        jangan fitnah bos, ngak baik
        udah terbukti gak kurupnya? klo iya tolong sisipkan link kebenaran datanya
        biar saya tidak mudah mencap seseorang korup

      • heru koto

        jangan fitnah bos, ngak baik
        udah terbukti gak kurupnya? klo iya tolong sisipkan link kebenaran datanya
        biar saya tidak mudah mencap seseorang korup

  • Whiz Wilhem

    blunder nih…perlihatkan sja kronologis sms nya spt apa ^^

  • haanst

    akhirnya pongah juga kan

  • Agoes Priyanto

    Marilah semua berfikir positif dihari Kesaktian Pancasila ini yang merupakan landasan pokok konstitusi kita bermasyarakat, berbangsa dan bernegara didalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (JASMERAH) itulah saran dari Faounding Father Kita (Soekarno-Hatta). Semoga kita semua Menjaga Kesatuan dan Persatuan Bangsa. Stop here!!! Amin…..

  • heru koto

    Ahok terlalu arogan dan tidak bertata krama dalam berbicara

    • Panjianom Moch

      ahok cina pasti arogan ga punya dasar agama sih !

    • Panjianom Moch

      ahok cina pasti arogan ga punya dasar agama sih !

  • andi kurniawan

    Inilah Indonesia ….dari persoalan pribadi artis sampai persoalan lurah sampai ribut kaya begini ….kapan waktu mengurus rakyat ….. masih bejuta-juta rakyat indonesia yg butuh perhatian pemerintah ….bukan sekedar peran melalui media dengan hal2 sangat sepele penyelesaiannya

  • Jaelani Nurban

    inilah pejabat2 indonesia saling salah nggk prnah mau bersatu untuk memberi masukan malah saling caci

  • Jaelani Nurban

    inilah pejabat2 indonesia saling salah nggk prnah mau bersatu untuk memberi masukan malah saling caci

  • malik

    ahookk AROGAN ALIAS PEREMAN PASAR yang memimpin pasar, atau pimpin aja algojo

  • malik

    ahookk AROGAN ALIAS PEREMAN PASAR yang memimpin pasar, atau pimpin aja algojo

  • Net Jie

    mau gmn lagi,, smentara pejabat yg bersih salah satunya dia,,, arogan,,,, biarin dah,,, jadikan aja pelajaran buat pejabat skrng yg suka korup,,,

  • Net Jie

    mau gmn lagi,, smentara pejabat yg bersih salah satunya dia,,, arogan,,,, biarin dah,,, jadikan aja pelajaran buat pejabat skrng yg suka korup,,,

  • alfanirfan

    makanya pak ahook ngomong jagan emosi terus

  • alfanirfan

    makanya pak ahook ngomong jagan emosi terus

  • noerma

    kalo menurut saya…manusia tu gd yg sempurna.dan org pny cr sendiri tk memimpin…asalkan benar dan itu buat kebaikan kita semua,wlw pst ad pro-kontra.dan negara indonesia semakin kesini smkin byk yg g jjr yg mendmpkn merugikan byk org.kalo saya kalo kita merasa benar dan itu buat kebaikan org byk,jng dngrkn org yg tdk sk m kita.krn negara ini ssh cr org jjr dan maju trbka…kalo bisa malu sm dri sndri dan jjr sm allah,g ush ngmgin org.itu aja mnrt sy.

  • Sumarni Marni

    inilah kehancuran dunia,banyak yg mengaku islam tapi tdk amanah……ahok naik itu juga skenario Allah,makanya sholat dididrikan Akhlak di benerarin juga,kalau udah makan minum rmah mobil dah ada,di syukuri aja,jangan serakah…inilah jadinx Allah menujuk pemimpin non muslim

  • Habibie Musthafa

    yang dievluasi ya dua duanya pak… lurahnya, ya kebijakannya juga.
    ada2 aja.

  • Dharma Satria

    Ya gak pa” to dipimpin siapa aja…
    Yang ngakunya muslim juga banyak yang gak amanah dan korupsi…

    Gak sedikit kali pemimpin yang beragama non muslim… Buktinya pada korupsi…. Kan korupsi tu bukan ajaran islam…

  • sam

    Yang jelas si ahok morokohok itu sombong orang sombong seharusnya diturunkan saj tuh si ahok, betuk kata mendagri si ahok itu pongah, sangat tidak pantas dia hanya akan membawa misi kekafiran.

  • ALI IMRON

    KARENA SAKIT HATI TAK TERPILIH AKHIRNYA NGUMPULIN MASSA UNTUK DEMO ! SADARLAH KALAU JADI PIMPINAN HARUS AMANAH DAN SAYA MENGALAMI SENDIRI LURAH PEJATEN TIMUR MINTA TANDA TANGAN DI FOTO COPI GIRIK MINTA UANG 500 RB.

  • Andi Arifin

    Ahok itu dah menyinggung soal Sara,bukan Mendagri,kenapa kalau orang Islam yang Korupsi diributkan dan di besar-besarkan si Media Massa ( kalupun ada bukti permulaan diduga Korupsi) tetapi apa ada non muslim yang Korupsi dibesar-besarkan ?………janga hanya memojokkan Ummat Islam selalu tidak baik,sebenarnya agama itu mengajar kebaikan dan saling berkenalan dengan agama lain,tetapi kalau sudah menyangkut aqidah tidak ada tawar-menawar,menyangkut Lurah suzan,sah-sah saja menjadi lurah,kalaupun lurah suzan taat pada agamanya,no problem itu lebih baik,bisa ditimang-timang,dan bisa lebih mengerti untuk memimpin,didalam kondisi yang Mayoritas Muslim,tetapi kalu pengetahuan Agama lurah Suzan setengah-setengah tentang Agamanya,perlu dicari jalan keluarnya………

  • raihan

    Seharusnya sebagai pemimpin bisa lebih santun dalam menyampaikan pendapat atau pernyataan. Bukannya memperkeruh keadaaan yang sebenarnya masih kurang dipahaminya, mohon dikoreksi secara pribadi kepada Wagub DKI. Dan juga, di atas langit masih ada langit. Jangan terlalu silau oleh jabatan yg hanya sementara. Bukan begitu sang Penyambung Lidah Rakyat DKI Jakarta yang terhormat, Basuki Tjahaya Purnama. Padi, semakin tua semakin berisi semakin menunduk….

  • Marthin Andreas Pandjaitan

    SAPI mencari dukungan, menjijikan. SAPI gila selangkangan, HATI-HATI.

    • dhani wu

      Hati-hati dgn orang yg ngomongnya jorok

    • jiwaloesakit

      omong jorok, otak jorok. tangan kaki biasanya condong kepada yang jorok.

  • okabasi doma

    Terlepas urusan agama atau politik, dilihat dari sudut ETNIS A HOK adalah keturunan China atau kata lainnya, bukan ras asli Indonesia. Saat ini, orang yg beras China, sedikit yg mampu meraih jabatan politis seperti A Hok sebagai wakil Gubernur, misalnya, sehingga dengan tabiatnya yg dari’sononya’ memang seperti itu, saya tidsak heran A HOK kalau ngomong -ya – seperti china totok, yg menurut pandangan kita yg asli disini kurang sopan atau malahan kurang ajar,

    menurut saya, dia ini baik/lugu, hanya masih terbawa atau menempel pada dirinya tabiat “joroknya’ orang china yg kurang pendidikannya, wallau dalam kenyataannya dia berpendidikan tinggi.
    Pesan untuk A HOK untuk berhati-hati, selalu terukur dalam menghadapi siapa kawan dan siapa lawan anda, kalau tidak, anda celaka dan binasa.

  • Raja Cilik

    Saya suka dengan sikap tegas Ahok, tapi saya tidak suka dengan sopan-santunnya.

    Saya sih yakin jika Jokowi maju sendiri tanpa didampingi Ahok, elektabilitasnya justru jauh lebih baik.

    Maaf, ini penilaian pribadi saya.

    • Qahwa DNet

      itu penilaian kamu ja cilik, ga bisa berlaku untuk umum.

    • Qahwa DNet

      itu penilaian kamu ja cilik, ga bisa berlaku untuk umum.

  • dinoto –

    Aduh Biung, Si Uda talampau lamo tingga di Ranah
    Feodal. Lupo kironyo jo :

    1. Adaik salingka nagari.

    2. Bekoroang bakampuang, barumah batanggo.

    3. Ado siriah dek makan sapah.

    4. Upek jo puji indak bacarai.

    5. Tak kan ringtang kabau dek tanduaknyo.

    Nan paliang pantiang, Ahok is the Really Egalitarian Man….

    • Qahwa DNet

      Aduh,, si dinoto apanya si Ahok is Really Egalitarian Man, hidup didunia ini penuh pengorbanan, itu yang dinamakan JIHAD, Bakorong bakampuang, Adaik salingka nagari, justru itulah si Uda harus meng-kaji alur dan patut salingka nagari diperhatikan, kalau tidak nagari akan binaso, kalaulah bersilantas angan saja dalam bermasyarakat.

    • Qahwa DNet

      Aduh,, si dinoto apanya si Ahok is Really Egalitarian Man, hidup didunia ini penuh pengorbanan, itu yang dinamakan JIHAD, Bakorong bakampuang, Adaik salingka nagari, justru itulah si Uda harus meng-kaji alur dan patut salingka nagari diperhatikan, kalau tidak nagari akan binaso, kalaulah bersilantas angan saja dalam bermasyarakat.

  • abuzinad

    YEEeee BAru SaDAr YA kalO ahok arogan/?/ ..>. kaTa ahoK : LAma-laMA IdOneSIA PuNYa owEE >….

  • hr

    yaa allah aku hanya bisa berdoa untuk sehabat2ku yang saat ini berjuang menegakan kebenaran di muka bumi ini…………..yang jelas peminmin sombong akan membawa dirinya ke dalam kenistaan

  • iwan

    KALO ANDA SEBUT CINA-CINA EMANG NENEK MOYANG KITA BERASAL DARI MANA…? YUNAN CINA SELATAN KAN….?

    • jiwaloesakit

      omongin apaan ntong?

    • bejo

      NGGAAAAK!!!….aku aslo wong indonesia,bukan kw-kwaan,nenek moyang aku asli indonesia!!..BUKAN NEGARA LAIN!!APALAGI CINA!!

  • Zeus Allenski

    Tidak usah bawa-bawa sukulah… emang siapa yang bisa minta dilahirkan dari orang tua suku tertentu ? Kalau ngomongin masalah cara berpikir, bertindak, dan berbicara… baru oke punya. Setiap orang mesti belajar cara yang baik.

    Btw, karena pemimpin pemerintahan selalu harus mesti kudu ada, ente milih pemimpin yang kuat dan bisa bikin perubahan positif, tapi arogan dan kalau ngomong bikin sakit hati, apa pemimpin yang sopan santun, ramah tamah, tepo seliro, tapi lemah dan tidak mampu ngapa-ngapain ? ( Alangkah indahnya kalau ada pemimpin yang sopan santun, ramah tamah, tepo seliro dan juga kuat dan bisa bikin perubahan positif. Ada ga, ya.. di negeri ini ? )

  • Retya Wanto

    menjabat jadi RT 100 tahun, lurah 200 tahun, camat 111 tahun, bupati 1000 tahun kalau otaknya goblok ya tetap aja goblok hanya mengelak aja kalau lebih pandai

    • jansen

      IY DECH YG PINTER

  • Komring Singh

    Saya juga kecewa dg sikap Ahok yg belum dewasa… tp nasi sdh menjadi bubur mau gimana lagi.

  • jimy lain

    JANG AHOKNYA LAGI STRESS JADI BUTUH HIBURAN… MAKLUM PEMIRSA… BENTAR LAGI JUGA KENA STRUK..

  • Rikaz Uba

    si ahok itu hanya membonceng jokowi yg kadung populer, kalo hanya mengandalkan dirinya saja ngga bakalan kepilih, sekarang ud mulai besar kepala tuh orang..

  • babe

    tong kosong nyaring bunyinya…uupsss kacian deh.

Lihat Juga

Ketua MUI Din Syamsuddin.  (panjimas.com)

Ulama Minta Umat Islam Kawal Kasus Ahok