Topic
Home / Berita / Daerah / Dari SMK Bisa Lahir Wartawan Hebat

Dari SMK Bisa Lahir Wartawan Hebat

Bimbingan Jurnalistikdakwatuna.com – Padangpanjang. Banyak wartawan hebat di Indonesia yang lahir dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Wartawan-wartawan itu bekerja dan mendirikan banyak media massa. Artinya, SMK berpeluang mendidik calon jurnalis hebat.

“Dari keilmuan yang mereka tekuni di SMK tentu tidak nyambung di dunia tulis menulis, tapi karena mereka punya minat dan kemauan keras akhirnya mereka berhasil menjadi wartawan hebat dan sukses,” kata Ampera Salim, Kepala Bagian Humas Setdako Padangpanjang, Jumat (27/9), di hadapan 40 siswa bimbingan jurnalistik SMK Negeri 1 Padangapanjang. Dia menyebut beberapa nama wartawan senior dari sejumlah media nasional di Jakarta.

Dikatakannya, Pemerintah Kota Padangpanjang sangat mendukung program bimbingan jurnalistik di SMK Negeri 1 Padangpanjang. Dalam hal itu, SMKN 1 Padangpanjang merangkul instruktur dari Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Padangpanjang.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada PPWI yang eksis membina kelompok-kelompok menulis siswa di sekolah, khususnya di Kota Padangpanjang,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padangpanjang Drs. Syahrizal yang membuka pelatihan itu menyambut baik upaya yang dilakukan SMKN 1 Padangpanjang. “Kita harapkan akan lahir kembali penulis-penulis hebat dengan karya besar dari Kota Serambi Mekah Padangpanjang,” tambahnya.

Kepala SMKN 1 Padangpanjang Syamsul Anwar, S.Pd., MM., mengatakan, pelatihan jurnalistik tersebut digagas OSIS dan Kelompok Jurnalistik SMKN 1 Padangpanjang yang bertujuan untuk melatih siswa memahami kerja dan ilmu jurnalistik.

“Lewat bimbingan jurnalistik ini kami ingin memperkenalkan eksistensi SMKN 1 Padangpanjang lewat media secara luas,” kata Syamsul Anwar.

Dijelaskan, bimbingan jurnalistik itu bertujuan untuk melatih siswa agar cakap menerbitkan media sekolah terutama mading, majalah, atau tabloid di SMKN 1 Padangpanjang. Narasumber diharapkan dapat memberikan materi berupa teknik penulisan berita, membuat artikel, tajuk rencana, resensi buku, feature, cerpen, puisi, karikatur dan pers release ke media massa.

“Kami harapkan anak-anak kami ada yang berhasil menjadi wartawan, atau setidaknya menjadi penulis yang aktif dan produktif,” harapnya.

Ketua PPWI Padangpanjang yang juga Pegiat Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia Muhammad Subhan dalam kesempatan tersebut mengatakan, PPWI siap membantu membina dan melatih siswa-siswi SMKN 1 Padangpanjang untuk menjadi wartawan atau penulis yang handal di kemudian hari.

“Sejak tahun 2009 PPWI Padangpanjang telah aktif melakukan pembinaan kepada generasi muda, khususnya di SMP dan SMA di Padangpanjang,” kata Muhammad Subhan.

Rencananya, selain Muhammad Subhan, materi bimbingan jurnalistik diisi oleh narasumber lainnya dari PPWI Padangpanjang, yaitu Danin Datuk Sati dan Musriadi Musanif yang keduanya adalah wartawan di Sumatera Barat. (rel/fam/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

181 Wartawan Menjadi Korban Kejahatan Israel di Aksi Kepulangan Akbar

Figure
Organization