Home / Berita / Internasional / Afrika / Amerika Tolak Beri Entry Visa Presiden Sudan

Amerika Tolak Beri Entry Visa Presiden Sudan

Presiden Sudan, Umar Basyir (fj-p)
Presiden Sudan, Umar Basyir (fj-p)

dakwatuna.com – Khartoum. Menteri luar negeri Sudan, Ali Karti, menyayangkan sikap Amerika yang menolak memberikan entry visa kepada presiden Sudan Umar Basyir untuk menghadiri majelis umum PBB. Hari Jumat (27/9/2013) kemarin, beliau menyatakan, “Dengan penuh kecewa, kami sampaikan bahwa negara tuan rumah menolak memberikan visa kepada presiden kami dan rombongannya untuk menghadiri pertemuan PBB.”

Menurutnya, sikap Amerika ini melanggar perjanjian organisasi internasional dan kesepakatan negara tuan rumah organisasi internasional yang ditanda-tangani Amerika tahun 1946. Sesuai dengan perjanjian PBB, Amerika berkewajiban memberikan entry visa kepada para pemimpin negara yang berkeinginan menghadiri acara-acara PBB.

Kemenlu Sudan telah mengeluarkan pernyataan yang menolak sikap pemerintah Amerika terhadap Sudan, terutama terhadap pernyataan yang disampaikan oleh juru bicara kemenlu Amerika yang sekaligus menjadi dubes Amerika di PBB.

Dalam pernyataan tersebut, Sudan tetap meyakini keberhakannya menghadiri acara-acara tingkat tinggi PBB yang ke-66 tersebut. Selain itu, kemenlu Sudan juga tetap menuntut pemerintah Amerika untuk menepati kewajibannya sebagai negara tuan rumah sesegera mungkin. (msa/dakwatuna/fj-p)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Aksi Solidaritas KAMMI untuk Rohingya.

KAMMI: PBB dan ASEAN Perlu Mekanisme Efektif Tuntaskan Konflik Rohingya