Topic
Home / Pemuda / Kisah / Subhanallah, Tukang Becak Ini Naik Haji Setelah Menabung 26 Tahun

Subhanallah, Tukang Becak Ini Naik Haji Setelah Menabung 26 Tahun

Tukang Becak (foto Ilustrasi: jurnalhajiumroh.com)
Tukang Becak (foto Ilustrasi: jurnalhajiumroh.com)

dakwatuna.com – Jember. Seorang pengayuh becak bernama Abdullah (57), warga Kabupaten Jember, Jawa Timur, menunaikan ibadah haji tahun 2013 dengan biaya sepenuhnya dari hasil seperempat abad menabung.

“Alhamdulillah saya bisa naik haji tahun ini setelah puluhan tahun mulai 1987 menabung sedikit demi sedikit dari hasil mengayuh becak yang tidak seberapa,” tutur Abdullah, warga Kecamatan Ajung, di Jember, Kamis.

Keinginan bapak tiga anak itu sangat kuat untuk menunaikan rukun Islam kelima, meskipun banyak teman-teman sesama tukang becak hanya menertawakan karena menganggap mustahil.

“Saya selalu menyisakan pendapatan dari mengayuh becak untuk ditabung sejak tahun 1987. Semangat selalu berkobar untuk mendapatkan penumpang yang lebih banyak demi mewujudkan cita-cita saya ke Tanah Suci,” ucapnya.

Panasnya terik matahari yang menyengat seakan tidak pernah menjadi hambatan bagi pria separuh baya itu untuk tetap mencari penumpang di sekitar Ajung hingga kawasan Pasar Mangli demi meraih impiannya tersebut.

“Kadang-kadang saya membantu sebuah toko di Pasar Mangli, Kecamatan Kaliwates, untuk mengantarkan barang-barang pembeli, setelah mereka berbelanja di sana,” katanya.

Keinginan Abdullah untuk naik haji mendapat dukungan dari almarhum istrinya semasa hidup, sehingga uang hasil mengayuh becak disisihkan sebagian oleh istrinya dan ditabung di salah satu bank milik pemerintah.

“Penghasilan sebagai tukang becak hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga, namun saya bersama almarhum istri tetap menyisakan uang receh sisa dari belanja kebutuhan keluarga untuk ditabung,” paparnya.

Perasaan senang bercampur haru dirasakan oleh Abdullah saat mengetahui dirinya bisa menjalankan ibadah haji tahun ini karena kegigihannya mengayuh becak selama puluhan tahun tanpa mengenal lelah.

Jumlah calon haji Jember yang berangkat tahun ini sebanyak 2.092 orang yang terbagi dalam lima kelompok terbang (kloter), dengan jadwal kloter 59,60 dan 61 akan berangkat ke Asrama Haji Sukolilo pada 6 Oktober 2013, sedangkan kloter 62 dan 63 rencananya akan berangkat pada 7 Oktober 2013.  (jhu/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

(

Berikan Klarifikasi, Dubes Arab Saudi Bantah Ada Larangan Haji Palestina

Figure
Organization