Home / Berita / Daerah / Gubernur Sumbar: Hapus Diskriminasi Pada Anak

Gubernur Sumbar: Hapus Diskriminasi Pada Anak

DSC_5398dakwatuna.com – Padang. Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berharap Hari Anak Nasional, harus dijadikan sebagai momentum untuk menghentikan kekerasan pada anak.

Karena anak sebagai cikal bakal pewaris bangsa, harus mendapatkan dukungan dari segala pihak, mulai dari keluarga, institusi pendidikan sampai masyarakat. Sehingga potensi yang ada di dalam diri seorang anak, bisa dikreasikan dan dikembangkan untuk kesuksesan anak tersebut.

“Kami berharap pada peringatan hari anak nasional ini, semua anak bisa terbebas dari segala macam diskriminasi. Karena bila seorang anak sudah mendapat diskriminasi, maka secara otomatis akan mempengaruhi psikologis anak, dan dampaknya akan tampak pada perkembangan daya fikir, dan kreasi anak,” ujar Irwan Prayitno saat membuka hari anak nasional tingkat Sumbar di Auditorium Gubernuran, Sabtu (21/9).

Lanjutnya lagi, keluarga sebagai komponen yang paling utama, dan pertama dalam membentuk karakter anak, harus melakukan peran sebagaimana semestinya, baik dalam mengajari sopan santun maupun pengetahuan spiritual anak. Sehingga, anak bisa mengetahui hak dan kewajibannya saat berada di tengah-tengah masyarakat.

“Anak harus tahu bersopan santun, baik kepada teman sebaya maupun orang yang jauh di atasnya, seperti di minangkabau tahu dengan kato nan ampek. Jadi dalam hal ini, orangtua lah yang berperan utama dalam mengenalkan sopan santun tersebut,” ungkapnya lagi.

Tambahnya lagi, selain memberikan hak, dan kewajiban anak, orangtua juga harus memberikan kasih sayang, perhatian, cinta kasih, dan kelembutan kepada anak. Karena dengan berbagai perhatian itu, maka seorang anak akan lebih mudah dan lebih bersemangat untuk melakukan berbagai aktivitas nya.

“Dengan demikian, kita berharap di masa yang akan datang anak-anak Sumbar memiliki intelektual yang ditopang dengan spiritual yang tinggi. Namun, semua itu tidak bisa diwujudkan tanpa dukungan semua pihak,” tuturnya. (Hms Sbr/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • hendri anas

    bapak gubernur jangan ngomong doang uang sekolah yg bapak punya azkia mahal betul katanya memperhatikan anak2

Lihat Juga

Pemilihan Kepala Daerah di DKI Jakarta akan digelar pada 15 Februari 2017. (suarapemilih.com)

Pilkada DKI Jakarta dan Kekuatan Cinta

Organization