Home / Dasar-Dasar Islam / Fiqih Islam / Fiqih Ahkam / Panduan Qurban dan Pembahasannya (Bagian ke-4): Tata Cara Penyembelihan

Panduan Qurban dan Pembahasannya (Bagian ke-4): Tata Cara Penyembelihan

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi - Penyembelihan binatan qurban (picasaweb/PKS Sukahati-Cibinong)
Ilustrasi – Penyembelihan binatan qurban (picasaweb/PKS Sukahati-Cibinong)

VI.Tata Cara Penyembelihan

Unta Didirikan dan Yang lain dibaringkan

dakwatuna.com Jika unta maka dipotong sewaktu ia berdiri, dan itu sunah, ada pun yang lainnya dengan cara berbaring. Hal ini disebutkan beberapa hadits berikut:

???????? ?????????? ?????? ??????? ???????? ????????? ????????? ???????? ????????

Dan Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam menyembelih Unta dengan tangannya dengan cara berdiri … [1]

Dari Ziyad bin Jubeir, dia berkata:

????? ????? ?????? ????? ????? ?????? ?????? ???????? ?????????? ????????? ??????? ?????????? ???????? ??????????? ??????? ??????????? ?????? ??????? ???????? ?????????

Bahwa Ibnu Umar mendatangi seorang laki-laki yang sedang menyembelih Unta sambil dibaringkan, lalu beliau berkata: Bangkitkanlah agar berdiri, lalu ikatlah, itulah sunah nabimu Shallallahu Alaihi wa Sallam.[2]

Didirikan dengan tiga kaki, dan kaki kiri depan diikat, dari Abdurrahman bin Sabith, dia berkata:

????? ?????????? ?????? ??????? ???????? ????????? ????????????? ??????? ??????????? ??????????? ??????????? ?????????? ????????? ????? ??? ?????? ???? ????????????

Bahwa Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam dan para sahabatnya, mereka menyembelih Unta dengan keadaan kaki kiri depannya terikat, dan Unta berdiri atas tiga kakinya yang lain.[3]

Sedangkan selain Unta, maka disembelih dengan cara dibaringkan. Berkata Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah:

??? ????? ??????? ?????? ????? ??????. ??? ??? ?? ????? ???? ?? ????? ???: ????? ????: ?? ????.

Ada pun sapi dan kambing, disunnahkan menyembelih dengan cara dibaringkan. Jika terjadi sebaliknya, yang diri justru dibaringkan atau yang baring justru didirikan, maka dikatakan: makruh, ada pula yang mengatakan; tidak makruh. [4]

Orang yang Menyembelih

Disunnahkan orang yang menyembelih adalah yang berkurban, jika dia memiliki keahlian. Demikianlah yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam.

???????? ?????????? ?????? ??????? ???????? ????????? ????????? ???????? ???????? ???????? ??????? ??????? ?????? ??????? ???????? ????????? ?????????????? ?????????? ????????????

Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam menyembelih Unta dengan tangannya sendiri sambil berdiri, di Madinah Beliau menyembelih dua ekor kambing Kibasy yang putih.[5]

Namun, bagi yang tidak ada keahlian dianjurkan untuk menyaksikan penyembelihan. Berkata Syaikh Sayyid Sabiq:

?????? ?? ?????? ?????? ?? ??? ???? ?????? ???? ????? ?? ?? ?????.

Disunnahkan disembelih sendiri oleh yang berkurban, jika dia bisa menyembelih dengan baik, jika tidak bisa, maka dianjurkan untuk menyaksikan.[6]

Dibolehkan menurut ijmai ulama bagi orang bisu untuk menjadi penyembelih. Berkata Imam Ibnul Mundzir:

??????? ??? ????? ????? ??????.

Para ulama telah ijma (sepakat), bahwa bolehnya sembelihan dari orang bisu.[7]

Tasmiyah (membaca bismillah)

Jumhur (mayoritas) ulama mengatakan wajib membaca bismillah (dan takbir) ketika menyembelih, sebagian lain mengatakan sunah. Namun, yang benar adalah wajib, sebab Allah Taala berfirman:

Maka makanlah dari (sembelihan binatang-binatang halal) Yang disebut nama Allah ketika menyembelihnya, jika betul kamu beriman kepada ayat-ayatNya. (QS. Al Anam (6): 118)

Ayat ini mengaitkan antara keimanan dengan menyebut nama Allah Taala ketika menyembelih, maka tidak syak (ragu) lagi atas wajibnya hal tersebut.

Dari Ibnu Umar, Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam juga bersabda:

????? ????? ?????? ??? ?????? ????? ??????? ????????

Aku tidaklah makan makanan yang tidak disebut nama Allah atasnya (ketika menyembelihnya, pen).[8]

???? ?????? ????? ?????? ?????????? ?????? ??????? ???????? ????????? ???????????? ???????????? ???????????? ??????????? ???????? ???????? ????????? ???????? ???????? ????? ????????????

Dari Anas, dia berkata: Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam berkurban dengan dua kambing Kibas berwarna putih dan bertanduk, dan memotong keduanya dengan tangannya sendiri, beliau menyebut nama Allah dan bertakbir, dan meletakkan kakinya di sisi Kibas tersebut (untuk mencengkram, pen).[9]

 

Mendoakan Orang Yang Berkurban

Hal juga dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam ketika hendak menyembelih. Sebagaimana yang diriwayatkan dari Aisyah Radhiallahu Anha:

????? ??????? ??????? ?????????? ????????? ???? ????????? ????? ????????? ?????? ??????? ????????? ????? ?????? ????

Nabi mengucapkan: Bismillahi Allahumma taqabbal min Muhammadin wa min ummati Muhamamdin (Dengan Nama Allah, Ya Allah terimalah Kurban dari Muhammad dan umat Muhammad), lalu beliau pun menyembelih. [10]

VII.Upah Untuk Penjagal (Penyembelih)

Tidak boleh memberikan upah dengan mengambil dari daging kurban, sebab Daging kurban adalah harta yang dipersembahkan dari dan untuk kaum muslimin, oleh karena itu dia tidak boleh dijadikan sebagai alat pembayaran atau dijual belikan, termasuk kulitnya, demikian ijma (kesepakatan) para ulama. Namun, penyembelih dibolehkan diberikan sedekah darinya, dan tidak dinamakan upah. Sedangkan upahnya diambil dari sumber dana yang lain.

Dalilnya adalah, dari Ali bin Abi Thalib Radhiallahu Anhu:

????????? ??????? ??????? ?????? ??????? ???????? ????????? ???? ??????? ????? ???????? ?????? ??????????? ??????????? ???????????? ?????????????? ?????? ??? ???????? ??????????? ??????? ????? ?????? ????????? ???? ?????????

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam memerintahkan aku untuk mengurusi penyembelihan unta-untanya dan menyedekahkan daging, kulit, dan bagian punuknya, dan saya diamanahkan agar tidak memberikan si tukang potong dari hasil potongan itu (sebagai upah). Ali berkata: Kami memberikannya dari kantong kami sendiri.[11]

Berkata Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah tentang hadits tersebut:

???? ?? ???? ?? ???? ?????? ??? ????? ??? ???? ??????? ???? ???? ???? ????? ????? ????: ” ????? ?? ????? “. ???? ?? ????? ??? ??? ?? ??? ?? ???? ?????? ?????.

Bahwa tidak diperbolehkan memberikan tukang potong dari hasil potongannya sedikit pun, maksudnya adalah tidak boleh memberikan upah (dari daging potongan), tetapi dia boleh diberikan upah atas kerjanya itu, dalilnya adalah: Kami memberikannya dari kantong kami sendiri. Diriwayatkan oleh Al Hasan bahwa dia berkata: Tidak mengapa memberikan kulit untuk tukang potongnya.[12]

Jadi, ada beberapa pelajaran dari hadits tersebut. Pertama, tukang potong tidak diupah dengan daging hewan kurban, namun boleh diberikan daging tersebut untuknya asalkan atas nama sedekah, bukan upah, sebab daging kurban adalah hak seluruh kaum muslimin, termasuk si pemotong. Kedua, tukang potong boleh diupah melalui sumber dana lain. Ketiga, dibolehkannya pengurusan hewan kurban diamanahkan kepada orang lain. (istilah sekarang: Panitia Qurban). Keempat, semua daging dan kulitnya adalah dibagi-bagikan (disedekahkan), bukan dijual.

Tertulis dalam Tasisul Ahkam:

?????? ????? ????? ??? ?? ???? ??

Bersedekah itu adalah dengan semua qurban dan semua hal yang terkait dengannya.[13]

Imam Al Aini mengatakan:

???? ?? ????? ?? ??? ??? ??? ????? ??? ??????? ???? ???? ??? ?? ???? ????? ??????? ?? ???? ?????? ??? ????? ???????? ???? ??? ?????? ??? ?? ????? ?? ???? ????? ?????? ???????

Dalam hadits ini terdapat dalil bagi pihak yang mengatakan terlarangnya menjual kulit. Berkata Al Qurthubi: Pada hadits ini terdapat dalil bahwa kulit hewan qurban dan Jilal (daging punuk Unta) tidaklah dijual belikan, karena hukum menyedekahkannya itu satu kesatuan dengan daging. Mereka (para ulama) sepakat bahwa daging tidak boleh dijual, begitu juga kulitnya. [14]

Syaikh Abdullah Al Faqih mengatakan:

??? ???? ??? ????? ????? ????? ??????? ??? ?? ???? ??? ??? ?? ??????? ??? ?? ??? ????? ?? ?? ?????

Maka, tidak boleh bagimu memberikan kulit sebagai upah bagi penjagal, sebagaimana tidak boleh menjual bagian apa pun dari hewan qurban, seperti kulit atau lainnya. [15]

Ada pula yang membolehkan, yakni Al Auzai, Ishaq, Ahmad, Abu Tsaur, dan segolongan Syafiiyah. Abu Tsaur beralasan karena semua ulama sepakat bahwa kulit boleh dimanfaatkan, maka menjual kulit termasuk makna memanfaatkan. [16]

Menurut mayoritas ulama adalah tidak boleh. Berkata Imam Ash Shanani Rahimahullah:

???????? ?? ????? ?????? ??? ????? ?? ???? ??????? ?? ???? ???? ??? ????? ???? ???? ???? ???????? ???????? ???? ???????

Para ulama berbeda pendapat tentang menjual kulit dan bulunya, yang termasuk bisa dimanfaatkan. Mayoritas ulama mengatakan tidak boleh, Abu Hanifah berpendapat boleh menjualnya dengan bukan dinar dan dirham, yakni dengan uruudh (barang berharga selain emas). [17]

Imam An Nawawi menjelaskan:

??????? ??? ?? ???? ??? ??? ????? ??? ??????? ??? ??? ?? ????????

Pendapat mazhab kami adalah tidak boleh menjual kulit hewan qurban, tidak pula boleh dijual sedikit pun bagian-bagiannya. [18]

Beliau juga mengatakan:

???? ?? ?????? ?? ?? ??? ????? ????? ??? ?? ??? ???? ??? ???? ?????? ????? ??? ???? ?? ???? ??? ???

Ibnul Mundzir menceritakan bahwa Ibnu Umar, Ahmad, dan Ishaq menyatakan bahwa boleh menjual kulit hewan qurban, dan menyedekahkan uangnya. Katanya: Abu Tsaur memberikan keringanan dalam menjual kulit.[19]

Lalu, Imam An Nawawi juga menceritakan bahwa Al Auzai dan An Nakhai membolehkan menjual kulit dengan ayakan, timbangan, dan semisalnya. Al Hasan Al Bashri membolehkan kulit diberikan untuk penjagal. Lalu semua pendapat ini dikomentari Imam An Nawawi, katanya:

???? ????? ????? ????? ????

Semua ini berlawanan dengan sunah. Wallahu Alam.[20]

Demikianlah adanya perbedaan pendapat dalam hal menjual kulit. Namun, yang shahih wallahu alam- adalah tidak boleh menjualnya sesuai zhahir hadits tersebut, dan apa yang dikatakan oleh Imam An Nawawi, bahwa menjualnya adalah: Berlawanan dengan sunah.


Catatan Kaki

[1] HR. Bukhari No. 1551, Al Baihaqi dalam As sunan Al Kubra No. 9993, Al Baghawi dalam Syarhus Sunnah No. 1879

[2] HR. Muslim No. 1320

[3] HR. Abu Daud No. 1767, sAs Sunan Al Kubra No. 9999, Syaikh Al Albany menshahihkan dalam Shahih wa Dhaif Sunan Abi Daud No. 1767.

[4] Syaikh Sayyid Sabiq, Fiqhus Sunnah, 1/741

[5] Lihat takhrijnya pada catatan kaki No. 26

[6] Syaikh Sayyid Sabiq. Ibid.

[7] Imam Ibnul Mundzir, Kitabul Ijma, No. 220

[8] HR. Bukhari No. 5565

[9] HR. Muslim No. 1967

[10] Ibid

[11] HR. Muslim No. 1317

[12] Syaikh Sayyid Sabiq, Fiqhus Sunnah, 1/742.

[13] Tasisul Ahkam, 3/313

[14] Imam Badruddin Al Aini, Umdatul Qari, 15/254

[15] Fatawa Syabakah Al Islamiyah, No. 58258

[16] Ibid

[17] Imam Ash Shanani, Subulus Salam, 4/95

[18] Imam An Nawawi, Al Minhaj Syarh Shahih Muslim,9/65

[19] Ibid

[20] Ibid

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Farid Nu'man Hasan
Lahir di Jakarta, Juni 1978. Alumni S1 Sastra Arab UI Depok (1996 - 2000). Pengajar di Bimbingan Konsultasi Belajar Nurul Fikri sejak tahun 1999, dan seorang muballigh. Juga pengisi majelis ta'lim di beberapa masjid, dan perkantoran. Pernah juga tugas dakwah di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, selama dua tahun. Tinggal di Depok, Jawa Barat.

Lihat Juga

Pemeriksaan hewan kurban diperlukan guna memastikan kesehatan hewan sebelum disembelih. (suryaonline.co)

Ini Dia Cara Menyembelih Hewan Kurban yang Benar dan Sesuai Syariat