Home / Berita / Nasional / Presiden Buka 3rd Islamic Solidarity Games

Presiden Buka 3rd Islamic Solidarity Games

ISG 2103dakwatuna.com – Palembang.  Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 ke III yang berlangsung  di GOR Jakabaring, Palembang,  Sumatera Selatan, Minggu, (22/9), akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pada acara pembukaan ISG 2013 ini, rencananya juga akan dihadiri oleh Presiden Islamic Solidarity Sports Federation (ISSF), Pangeran Nawaf bin Faisal bin Fahd dari Arab Saudi, serta akan dimeriahkan dengan parade para atlet diawali dengan marching band dan diikuti oleh tiga orang pembawa bendera Indonesia, bendera INAISGOC dan bendera ISSF serta diikuti mobil hias.

Selanjutnya akan dilakukan defile di tengah lapangan yang diikuti oleh 47 orang pembawa bendera dan nama negara peserta  sesuai dengan urutan abjad, dan diakhiri oleh Indonesia selaku tuan rumah. Pada saat dilakukan defile peserta akan diiringi oleh lagu tradisional dari masing-masing negara peserta.

Di penghujung acara akan digelar tarian kolosal “Spirit Islamic Solidarity” oleh pelajar SMA  dan Sanggar Tari dari Palembang.

Sajian kesenian dalam acara pembukaan perhelatan olahraga negara-negara Islam atau “Islamic Solidarity Games” juga akan menampilkan cerita masuknya agama Islam ke Sumatera Selatan pada abad ke-7.

Acara pembukaan itu akan diawali dengan tarian Gending Sriwijaya yang menceritakan bahwa Kota Palembang sempat mengalami masa keemasan di zaman Kerajaan Sriwijaya.

Kemudian masa itu dilanjutkan dengan masuknya agama Islam dan munculnya Kesultanan Palembang Darussalam yang berkaitan erat dengan budaya Melayu.

ISG 2013 yang akan diselenggarakan pada tanggal 22 September hingga 1 Oktober 2013 ini diikuti oleh 47 negara dari 57 negara anggota Islamic Solidarity Sport Federation (ISSF).

Jumlah kontingen ISG 2013 sebanyak 3.257 yang terdiri dari 2668 atlet dan 589 official dari 13 cabang olahraga. ISG 2013 ini akan mempertandingkan cabang olahraga athletic; renang; panahan; bulutangkis; bolabasket; sepakbola; karate; taekwondo; tennis; bola voli; voli pantai; angkat besi;  dan wushu.

Indonesia sendiri mengirimkan 345 orang atlet, yang terdiri atas 146 atlet putra dan 87 atlet putri. Indonesia akan ambil bagian  di 13 cabang olahraga yang dipertandingkan. (rmol/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ketua Umum Partai Demokran Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) merayakan ulang tahun ke-66, Rabu (9/9/15).  (demokrat.or.id)

SBY Ulang Tahun, I Want SBY Back jadi Trending Topic

Organization