Home / Berita / Internasional / Afrika / Tersebar Dokumen Buktikan Saudi Terlibat Kudeta Sejak Awal

Tersebar Dokumen Buktikan Saudi Terlibat Kudeta Sejak Awal

Bendera Mesir dan Saudi (inet)
Bendera Mesir dan Saudi (inet)

dakwatuna.com – Kairo. Saat ini para aktivis media sosial sedang ramai membicarakan tersebarnya sebuah dokumen rahasia kementrian luar negeri Kerajaan Saudi yang dikirim ke kedutaannya di Kairo.

Dokumen yang bertuliskan “Strictly Confidential” itu bertanggalkan 15/5/2012. Isinya berkenaan dengan pemilu presiden yang dimenangkan oleh Presiden Mursi.

Di antara isi surat tersebut, “Sesuai dengan permintaan khusus dari raja, pelayan dua tanah suci, maka kami meminta Anda untuk berusaha sekuat mungkin menggagalkan kemenangan kelompok Islam, terutama Muhammad Mursi. Karena Ikhwan benar-benar berbahaya bagi kita, oleh karena itu tidak boleh sampai kepada kekuasaan.”

Selanjutnya, terdapat permintaan lain, “Kami minta dikirim semua laporan yang berkaitan dengan pemilu di Mesir ke kementerian luar negeri, dengan tetap memperhatikan keamanan.”

Memang sulit mengatakan apakah dokumen ini asli atau palsu, namun demikian, dokumen ini dilengkapi dengan tanggal dan stempel.

Perlu diketahui, Kerajaan Saudi termasuk negara pertama yang memberikan pengakuan kepada militer pengkudeta. Sikap Saudi ini, menurut banyak pengamat, didasarkan kekhawatiran mereka akan berhasilnya kelompok Islam menguasai pemerintahan Mesir. Hal demikian akan berpengaruh negatif langgengnya kekuasan keluarga kerajaan, dan juga pengaruh Saudi di dunia Arab. (msa/dakwatuna/amlalommah)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 8,75 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Busen

    jika dokumen itu betul ,mudah_mudahan raja Arab saudi cepat lengser dan diganti dengan yang lebih arif dan bijaksana

    • Cahyo Ari Wibowo

      Kalo lengser tanda kiamat sdh makin dekat..

      • Adi Rahadi

        bagaimana bisa gitu?
        dapatkah anda menjelaskan hal tersebut, dan dari sudut pandang mana?

Lihat Juga

Nelayan Palestina ditangkap penjajah Israel. (islammemo.cc)

Mesir Tangkapi Nelayan Palestina dan Menyerahkannya ke Israel