Topic
Home / Berita / Daerah / ACT Bantu Pengungsi Letusan Gunung Sinabung

ACT Bantu Pengungsi Letusan Gunung Sinabung

Pengungsi dari sekitar lereng Gunung Sinabung. (Foto: ACT)
Pengungsi dari sekitar lereng Gunung Sinabung. (Foto: ACT)

dakwatuna.com – Medan.  Minggu, 15/9 pukul dua dinihari, gunung Sinabung  meletus. Relawan MRI dari Kabanjahe melaporkan, kondisi Siaga III dan warga dihimbau agar tetap waspada. “Gunung Sinabung sendiri masih mengeluarkan asap tebal, namun intensitasnya turun dari kondisi semalam yang sempat mengeluarkan abu vulkanik. Warga sebagian memilih mengungsi karena trauma dan khawatir terjadi seperti tiga tahun lalu,” demikian Bayu Gawtawa, Direktur Disaster Emergency Response (DER) ACT, mengutip laporan relawan lokal.

Kebanyakan pengungsi dari desa-desa sekitar lereng gunung Sinabung diantaranya desa Berastepu, Naman dan Payung. Proses evakuasi masih berlangsung. “Saat ini untuk membantu sebagian warga yang mengungsi, perlu dukungan makanan siap saji dan air bersih,” jelas Bayu Gawtama.

Berdasarkan informasi yang dihimpun tim Relawan lokal di lapangan, Kepala pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa saat ini terdapat 3.710 warga yang mengungsi ke daerah yang lebih aman.

5 Titik pengungsi itu adalah Jambur Taras Brastagi (650 jiwa), Jambur Sempakata (750 jiwa), Jambur Klasis GBKP Kabanjahe (590 jiwa), Jambur Desa Payung (320 jiwa), dan di kompleks GBKP Kabanjahe (1.400 jiwa). “Semua pengungsi dalam kondisi aman, belum ada laporan mengenai korban jiwa dan kerusakan dari dampak erupsi tersebut,” papar Sutopo.

Tim Masyarakat Relawan Indonesia yang diterjunkan, Luthfi Kurnia bersama dua relawan rescue yang sedang di Padang untuk mengelola event pelatihan relawan. “Tim relawan di Medan juga bergerak ke lokasi,” jelas Bayu.

Meski situasi cukup terkendali, semua tidak boleh lengah mengingat gunung Sinabung pernah meletus cukup besar tahun 2010. (Sdi/act/sbb/dakwatuna)

Terimakasih telah bergabung bersama kami, ACT for humanity dalam program #Bantu Korban Gunung Sinabung. Salurkan kepedulian anda melalui rekening donasi  berikut :

BCA 676 030 3133
BSM 004  011 9999
Mandiri 128 0004 593 338
Permata Syariah 097 100 1224
BNI Syariah 270 360 372
an Aksi Cepat Tanggap

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Tujuh Kompleks Pengungsi Sulteng Diresmikan ACT

Figure
Organization