Topic
Home / Berita / Nasional / Dihimbau, Calon Haji Jangan Lepas Identitas Indonesia

Dihimbau, Calon Haji Jangan Lepas Identitas Indonesia

jamaah haji 2013dakwatuna.com – BekasiKementerian Agama mengimbau calon jamaah haji untuk tidak melepas identitasnya sebagai warga Indonesia selama di Arab Saudi untuk mempermudah pengawasan petugas keamanan.

“Jamaah dihimbau selalu kenakan identitas yang menunjukkan berasal dari Indonesia, seperti seragam, kartu pengenal, dan lainnya agar dikenali petugas keamanan kita di Tanah Suci,” kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Anggito Abimayu, dalam kunjungannya ke Asrama Haji Jawa Barat Embarkasi Jakarta-Bekasi, Kamis. (12/9)

Menurut Anggito angka kriminalitas yang menimpa jamaah haji Indonesia di Tanah Suci Mekah relatif tinggi setiap tahunnya. “Berdasarkan data yang kami miliki pada penyelenggaraan haji 2012, angka kriminalitasnya mencapai 269 kasus, dengan nilai kerugian yang dialami jamaah sekitar Rp 668 juta atau setara dengan 283,569 riyal,” katanya.

Menurut dia, angka tersebut masih tergolong jumlah minimal karena di luar kasus yang tidak terungkap maupun yang tidak dilaporkan jamaah kepada petugas. “Saya himbau jamaah lebih hati-hati dan tetap berada dalam pengawasan petugas keamanan yang kita utus ke sana,” katanya.

Menurutnya, petugas keamanan tersebut berasal dari jajaran Polri dan Kementerian Agama yang bertanggung jawab terhadap keamanan jamaah selama beribadah. “Kami sudah tambah petugas keamanan di Tanah Suci dari Kementerian Agama dan polisi dengan seragam Polri,” ujarnya.

Para petugas itu memantau keamanan jamaah mulai dari masjid hingga penginapan. “Kami juga sudah buat sektor khusus di Masjidil Haram khusus untuk Indonesia,” katanya.

Sektor khusus yang pertama kalinya ini diterapkan pada 2013 memiliki beragam fasilitas, seperti posko keamanan, tempat peristirahatan, dan sentral komunikasi. (jurnal haji/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Tegas! Di Hadapan Anggota DK PBB, Menlu RI Desak Blokade Gaza Segera Dihentikan

Figure
Organization