Home / Berita / Nasional / Calon Jamaah Haji Kloter Pertama Tiba di Tanah Suci

Calon Jamaah Haji Kloter Pertama Tiba di Tanah Suci

Calon Jamaah Haji 2013 bersiap-siap untuk berangkat ke Tanah Suci, Foto: Jurnal Haji Umroh
Calon Jamaah Haji 2013 bersiap-siap untuk berangkat ke Tanah Suci, Foto: Jurnal Haji Umroh

dakwatuna.com – Jeddah. Calon jamaah haji (calhaj) Indonesia telah tiba di Arab Saudi.  Kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Padang, Sumatra Barat, merupakan calhaj pertama yang mendarat di Bandar King Abdul Aziz, Jeddah, Selasa (10/9), sekitar pukul 11.11 waktu setempat.

Mereka tiba di tengah udara cukup panas, mencapai 36 derajat Celsius. Kedatangan calhaj disambut Duta Besar Republika Indonesia untuk Arab Saudi, Gatot Abdullah Mansyur. Hadir juga Wakil Kepala Muassasah Asia Tenggara Mustafa Damanhuri, Kepala Kantor Urusan Haji Saeroji Dimyati, Kadaker Jeddah Endang Jumali, serta pejabat Indonesia lainnya. Meski tiba dengan selamat, pesawat Garuda GA 3301 dari Sumatra Barat ini mendarat terlambat sekitar 30 menit dari jadwal yang direncanakan, pukul 10.40 waktu setempat.

Setelah prosesi imigrasi, satu per satu jamaah haji Indonesia keluar dari bandara dengan tas berwarna biru dan baju batik bernuansa hijau. Petugas haji yang menggunakan seragam biru dan celana gelap dengan cekatan membantu dan memandu jamaah mengarahkan ke ruang tunggu.

Gatot Abdullah memberikan selamat datang kepada para jamaah. Dia menyarankan kepada para jamaah agar tidak memaksakan diri dalam menjalankan ibadah sunah. Sebab, kata Gatot, suasana Makkah pada saat ini masih panas, sedangkan masa tinggal cukup lama.

Dubes RI juga meminta kepada para jamaah agar menjaga kesehatan selama melaksanakan ibadah di Tanah Suci.  “Perbanyaklah minum air dan konsumsi buah-buahan,” ujar Gatot, dikutip Media Center Haji Kemenag, Rabu (11/9).

Embarkasi Solo kloter pertama (SOC 1) juga telah mendarat di Jeddah pada pukul 13.18 waktu setempat. Adapun kloter kedua Solo dilaporkan telah mendarat di Jeddah pada pukul 15.42 waktu setempat. Di Madinah dilaporkan jamaah haji Indonesia dari Embarkasi Batam (BTH) telah mendarat di Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah pada pukul 14.35 waktu setempat atau lebih cepat 15 menit dari yang dijadwalkan, yaitu pukul 14.50. Berdasarkan data Kemenag, ada 12 kloter yang tiba pada Selasa (10/9).

Wakil Ketua Muassasah Mustafa Damamhuri menyatakan siap untuk memberikan pelayanan kepada jamaah. Mustafa berjanji akan memberikan kemudahan terbaik bagi jamaah haji Indonesia.Tak lupa dia juga mendoakan kepada jamaah haji Indonesia agar bisa mendapatkan haji yang mabrur.

Kecewa

Selain itu, pendaratan kembali (return to base) pesawat yang membawa jamaah haji asal Kota Medan pada Selasa (10/9) dinilai sangat mengagetkan karena dapat mengindikasikan tidak siapnya perusahaan maskapai penerbangan. “Peristiwa itu sangat mengagetkan, sekaligus mengecewakan,” kata anggota DPRD Sumut Muhammad Nuh di Medan, Rabu (11/9). Menurut Nuh, perusahaan penerbangan seharusnya mengutamakan kecermatan dan ketelitian dalam memberikan pelayanan agar penerbangan tidak mengalami masalah.

Sebelumnya, Kepala Komunikasi Perusahaan Maskapai Garuda Indonesia Pujobroto mengaku optimistis dalam kelancaran pelaksanaan haji tahun ini. Untuk keberangkatan, ia menjamin bisa meminimalkan keterlambatan. “Tahun lalu bisa 90 persen lancar, tahun ini juga optimistis bisa lebih lancar lagi,” katanya, Selasa (10/9).

Anggota Komisi VIII DPR RI Ledia Hanifa berharap keterlambatan pada keberangkatan maupun kepulangan jamaah haji bisa berkurang pada tahun ini. Tahun lalu, menurutnya, jauh lebih baik dari beberapa tahun sebelumnya. Untuk itu, ia berharap agar tahun ini bisa lebih baik lagi. Ia menyarankan pihak penyelenggara bisa melakukan antisipasi lebih awal agar tidak terjadi keterlambatan, misalnya dengan mengarahkan jamaah lebih baik lagi.

Jika memang nanti terjadi keterlambatan dan itu karena kesalahan maskapai penerbangan, bukan karena alasan kepadatan atau cuaca, menurutnya sanksi bisa saja diberikan. “Nanti Kementerian Agama berhak memberi sanksi kepada maskapai sesuai dengan kontrak yang dilakukan sebelumnya,” katanya. (rol)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar.  (jabarprov.go.id)

Musibah Crane, Wagub Jabar: Mereka Syuhada