Home / Berita / Internasional / Asia / Blokade dan Penutupan Jalur Gaza Berdampak Pada Semua Lini Kehidupan

Blokade dan Penutupan Jalur Gaza Berdampak Pada Semua Lini Kehidupan

Gaza City (inet)
Gaza City (inet)

dakwatuna.com – Gaza.  Pusat HAM “Mizan” memperingatkan memburuknya situasi kemanusiaan di Jalur Gaza akibat berlanjutnya blokade Zionis terhadap Jalur Gaza dan penutupan gerbang Rafah oleh Mesir.

“Mizan” menegaskan, penjajah Zionis terus memblokade dan menutup Jalur Gaza. Perkembangan dan kondisi yang terjadi di Mesir turut menimbulkan efek tragedi bagi situasi kemanusiaan di Jalur Gaza.

“Mizan” mengatakan, ribuan orang Palestina di Jalur Gaza yang karena kondisi mendesak harus bepergian terkatung-katung di perlintasan Rafah. Krisis kelangkaan bahan bakar telah sampai pada puncaknya. Belum lagi terhentinya pasokan bahan-bahan pokok dan bahan bangunan ke Jalur Gaza. Ini semua berdampak pada semua lini kehidupan di Jalur Gaza.

Secara khusus “Mizan” mengancam sikap masyarakat internasional yang terus diam, tidak ada gerakan yang serius dan aktif yang bisa menghentikan kejahatan sanksi massal berupa berlanjutnya blokade dan penutupan Jalur Gaza, tidak ada tindakan yang bersifat segera untuk membebaskan blokade, melindungi hak Palestina di Jalur Gaza untuk beraktivitas, melakukan perjalanan, dan juga tidak ada tindakan untuk mengatasi rintangan di perlintasan Beit Hanun sebagai komitmen hukum yang dibebankan pada penjajah Zionis.

“Mizan” menegaskan bahwa tanggung jawab situasi HAM di Jalur Gaza ada di pundak otoritas penjajah. “Mizan” kembali menuntut masyarakat internasional untuk memikul tanggung jawab hukum dan moral terhadap warga sipil di tanah pendudukan dan bergerak segera dan aktif untuk membebaskan blokade yang diberlakukan atas penduduk Jalur Gaza, serta memberikan perlindungan internasional bagi penduduk sipil dan menjamin agar mereka bisa menikmati hak-hak kemanusiaannya. (asw/pip)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 5,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Sebelum Lengser, Obama Diminta Mantan Presiden AS Ini Akui Negara Palestina