Home / Berita / Internasional / Eropa / Video: Ketika Erdogan Selamatkan Martabat Bendera Turki di KTT G20

Video: Ketika Erdogan Selamatkan Martabat Bendera Turki di KTT G20

[youtube XQQ9IThNYVo 640]

dakwatuna.comSeorang pemimpin negara tentu menghormati bendera nasional karena merupakan identitas penting negaranya. Itulah yang diperlihatkan Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan, dalam sesi foto bersama para pemimpin KTT G20 di St. Petersburg, Rusia.

Dalam sebuah video yang terekam Jumat, 6 September 2013 kemarin, Erdogan yang tiba di tempat lokasi foto bersama PM Inggris, David Cameron, mengambil gambar bendera yang berada di bawah kakinya. Padahal bendera-bendera tersebut sengaja diletakkan oleh panitia untuk menandakan posisi para pemimpin itu berdiri.

Dalam sesi foto bersama itu, Erdogan berdiri diapit oleh Kanselir Jerman, Angela Merkel dan PM India, Manmohan Singh. Di depannya terdapat presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono. Aksi pungut bendera itu disadari pertama kali oleh Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, Cameron dan Merkel yang berdiri tidak jauh dari Erdogan.

Sontak ketiganya langsung tertawa melihat aksi Erdogan. Reaksi terkejut terlihat jelas di raut wajah Presiden Argentina, Cristina Fernández de Kirchner.

Dia tidak menyangka ada seorang pemimpin yang rela memungut bendera karena tidak rela identitas itu diinjak. Melihat rekan-rekannya tertawa, Erdogan terlihat santai menanggapi hal itu. Begitu Presiden Rusia, Vladimir Putin, tiba, sesi foto pun dimulai.

Hal yang dilakukan Erdogan tersebut juga pernah dilakukannya ketika pertemuan G20 pada tahun 2009 di Pittsburgh, Amerika Serikat, (25/9/2009). Kala itu Erdogan juga menyelamatkan bendera negaranya ketika sesi foto bersama. Hal ini terekam dalam foto yang diramu dalam video di bawah ini.

[youtube 6b2Vl_smAAQ 640]

(vivanews/dakwatuna/hdn)

Video Courtesy : YouTube / beyazgazete.com

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (35 votes, average: 9,86 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Wawan Go Success

    Subhanallah…
    Inilah pemimpin Sejati.

    Hal sederhana, namun tak semua pemimpin negara bisa melakukannya.

  • riskon

    di situ kenapa cuman dia doang yah.?
    ada SBY juga tpi gak berfikiran begitu, padahal dia tau, Merah putih tidak boleh jatuh menyentuh tanah, apa lagi di geletakin… Haduh2,.,,,

  • sobat sejatie

    memang keterlaluan kenapa harus bendera sih yg ditempelin di bawah kaki bisa keinjek”…pake alfabet nama negara jga bisa kali…-.-‘

  • Patut di contoh oleh semua negara,bukannya di tertawakan, yang mentertawakan jiwa Nasionalismenya perlu dipertanyakan termasuk presiden kita

    • Abu Syakir

      yang ngetawain negaranya adalah Uang..

  • DJ NOBE

    kerennn…. bagaimana pun bendera negara bukan hanya sebagai simbol, tapi juga sebagai tanda dimana kita harus menghormatinya,,,,,,, keren pak…. ini contoh ini,,

  • pengamatbdg

    Kepala negara yang mempunyai prinsip. Tidak hanya sekedar ikut-ikutan protokoler.

    • Lutfiana Sari Ariestien

      maap, perdana menteri mas.. bukan presiden :P

      • pengamatbdg

        Oh iya betul, terima kasih koreksinya. Soalnya inget sama presiden negara saya.

        • Nurcahyo Juprinaldi

          berarti kepala pemerintahan mas, bukan kepala negara :-)

          (inget pelajaran waktu smp dulu… :-D)

  • Marliyus Nanank

    contoh yang perlu ditiru oleh para pemimpin dinegeri kita,jangan kayak sekarang teriak2 soal nasionalisme ujung2nya akidah pun digadaikan

  • edi sutanto

    Yaaaaaaaaaaaaaaahh brati SBY menginjak bendera merah putih nuw..kok gk di ambil kcewa ana..

  • Nunk

    Wong bendera Indonesia dicoret2 ama Metalica aja pada diem kok :(

  • nursya

    walaupun kepala negara lain menertawakan, tapi tidak ada raut malu di wajah Erdogan. Tindakan yang sangat hebat…!!!

  • MasJack

    ada SBY di depan Erdogan

  • dafidep

    apa salahnya posisi itu dibikin nama…. bukan bendera….. salut buat Erdogan….. SBY bgm menurut ente-ente….?

  • surya

    Keliatan bahwa IM nasionalismenya kuat. Dan desas-desus bahwa mereka turut memperjuangkan khilafah patut diragukan.
    Hal itu bisa kita lihat dari kelakuan para kader IM seperti Erdogan, Mursi, dll. Ashobiyah yang akut.

  • Ardi

    desas desus bukan dasar untuk mengambil sebuah kesimpulan. jika semua orang menjadikannya pijakan untuk menjustifikasi seseorang atau kelompok, maka tertawalah musuh musuh Islam karena umpan telah termakan.

  • Rosalinda

    Keraguan Amien Rais tentang nasionalisme kayaknya lebih tepat ditujukan kepada SBY deh kalau membandingkan dengan yang dilakukan PM Turki, Erdogan

  • chrisnuwardhana

    di Indonesia dari sejak kecil saat SD kita sdh diajarkan Bendera tidak boleh diinjak atau menyentuh tanah.. Nah, ini justru PM Turki yahg mencontohkan hal tsb… oh oh.oh… saat kita sdh besar dan dewasa atau berkuasa kadang masih suka lupa..pelajaran SD jaman dulu..
    oh, indonesia-ku…

  • Muhammad Haeri

    mulai dari hal yang kecil kita harus berikan kepada bangsa, jangan hanya menuntut..saluut buat Erdogan

  • muhammad akhlis

    aku salut n perlu dicontoh…..

  • ilham peace

    salut deh buat erdogan. nih contoh pemimpin negara yg menjaga betul martabat negaranya dari hal kecil dan sepele. mungkin dalam benaknya terbersit statement ; ” kalo gue aja gak menghargai dan menjaga martabat turkey, apalagi orang negara luar akan menghormatinya..”

  • addinka

    knp banyak orang ingin sby mundur padahal jelas sekali sby sangat pantas dan berwibawa serta mampu di sejajarkan dengan pemimpin pemimpin dunia lain nya.

Lihat Juga

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Islammemo.cc)

Erdogan Buktikan Eropa Mendukung Teroris