Topic
Home / Berita / Nasional / Tifatul: Sumbar Memungkinkan Miliki Banyak Hotel Syariah

Tifatul: Sumbar Memungkinkan Miliki Banyak Hotel Syariah

Menkominfo RI, Tifatul Sembiring
Menkominfo RI, Tifatul Sembiring

dakwatuna.com – Padang.  Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring berpendapat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memungkinkan memiliki banyak hotel dengan konsep syariah sebagai cerminan daerah yang kuat agama dan adat istiadat nya.

“Sumbar sangat memungkinkan punya hotel dengan konsep syariah,” kata Tifatul Sembiring di Padang, Selasa.

Menurut dia, saat ini pengelolaan hotel syariah sudah menjadi trend baru bisnis akomodasi dan perhotelan di beberapa kota besar Indonesia.

“Hotel berprinsip syariah lebih sinergis dengan kehidupan keseharian masyarakat Sumbar yang terkenal sebagai daerah Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah,” kata dia.

Menurut dia, kehadiran Hotel Rangkayo Basa di Padang, menjawab kerinduan orang akan hotel yang Islami jauh dari gaya hidup glamour seperti banyak hotel di kota-kota besar. Suasana Islami sangat terasa, pengelola hotel tidak menyediakan minuman keras.

“Tidak hanya hotel yang berkonsep syariah yang layak untuk dikembangkan namun supermarket yang konsep syariah juga patut diperhitungkan,” kata Tifatul Sembiring.

Sementara itu pemilik Hotel Rangkayo Basa, Hafid Dt Rangkayo Basa menyatakan Hotel Rangkayo Basa dioperasikan sejak awal tahun 2013 dan tidak akan bergeser ke bisnis hotel konvensional.

“Kami tetap konsisten dengan prinsip syariah, tidak akan terpengaruh dengan cara-cara bisnis hotel umum, Hotel Rangkayo Basa adalah hotel famili yang Islami,” kata dia.

Menurut dia, ada yang berbeda dalam pengelolaan hotel syariah ketimbang konvensional. Dakwah Islam hadir ketika semua fasilitas pelayanan hotel ke setiap tamu tanpa menggunakan unsur kemaksiatan dan pelanggaran norma agama.

“Hotel berbintang sesuai konsep syariah memiliki pengalaman batin tersendiri bagi setiap tamu yang datang untuk menginap,” kata dia.

Sistem syariah, tambah Hafid, mengajarkan manusia hidup tenang, aman dan sehat, seperti tidak menyediakan minuman beralkohol, hiburan yang jauh dari kemaksiatan dan keamanan dalam sistem keuangan. (dz/rol)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Beberapa Hari Setelah Diresmikan, RSP IZI Sumbar Tangani Balita Penyandang Hydrocephalus di Padang

Figure
Organization