Home / Berita / Nasional / Menggagas Peran Mahasiswa dan Lembaga Interfaith di Urusan Kemanusiaan

Menggagas Peran Mahasiswa dan Lembaga Interfaith di Urusan Kemanusiaan

Kampanye Global Hari Kemanusiaan Sedunia - Dunia Membutuhkan Lebih Banyak..
Kampanye Global Hari Kemanusiaan Sedunia – Dunia Membutuhkan Lebih Banyak..

dakwatuna.com – Makassar.  Sepuluh tahun yang lalu, pada tanggal 19 Agustus 2003, kantor pusat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Baghdad, Irak, di bom. Sergio Viera de Mello, Perwakilan Khusus PBB untuk Irak, beserta 21 staff lainnya meninggal. Untuk mengenang para pelaku kemanusiaan yang kehilangan nyawa mereka untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana dan memperingati semangat mereka yang menginspirasi para pelaku kemanusiaan di seluruh dunia, PBB menetapkan Hari Kemanusiaan Sedunia jatuh pada  tanggal 19 Agustus setiap tahunnya.

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (UN OCHA) menyatakan bahwa untuk tahun 2013 saja, bantuan kemanusiaan dibutuhkan untuk sekitar 73 juta manusia terdampak bencana di seluruh dunia. Kebutuhan kemanusiaan terus meningkat dan untuk mampu memenuhi kebutuhan tersebut, maka dibutuhkan pendekatan berbeda dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya upaya kemanusiaan dan kerja sama internasional. Salah satunya adalah dengan menggali sumber daya di tingkat universitas.

Untuk itu, UN-OCHA bekerja sama dengan PKPU, Dompet Dhuafa, Humanitarian Forum Indonesia (HFI), dan Disaster Resource Partnership (DRP), menyelenggarakan diskusi kampus dengan tema “Menggagas Peran Mahasiswa dan Lembaga Interfaith di Urusan Kemanusiaan” bertempat di Universitas Negeri Makassar (UNM), 3 September 2013. Kegiatan ini bagian dari peringatan Hari Kemanusiaan Sedunia yang mengangkat kampanye global “Dunia Membutuhkan Lebih Banyak …” sebagai untuk menggalang dukungan sumber daya bagi kegiatan kemanusiaan, dan membangun semangat kemanusiaan di kalangan universitas.

Kegiatan diskusi kampus ini meliputi sejumlah rangkaian acara diantaranya pemutaran film dan sosialisasi kampanye global Hari Kemanusiaan Sedunia 2013, serta diskusi interaktif untuk menggugah masyarakat akan permasalahan kemanusiaan di dunia dan kontribusi yang dapat diberikan untuk solusi permasalahan kemanusiaan tersebut, terutama isu kebencanaan dan konflik kemanusiaan.  Diskusi kampus ini akan diikuti oleh komunitas civitas akademis dari berbagai perguruan tinggi di Makassar, tokoh lintas agama, perwakilan dari sektor privat, pemerintah lokal, dan penggiat kemanusiaan.

Pada diskusi interaktif menghadirkan sejumlah pakar dan praktisi yang berkecimpung di dunia kemanusiaan, diantaranya. Pertama, Wahyu Srigandini mewakili Country Director UN-OCHA Indonesia akan memaparkan konsepsi pemaknaan kampanye global Hari Kemanusiaan Sedunia 2013. Kedua,  Victor Rembeth, Manajer DRP dan mewakili Sekretariat HFI  akan menyampaikan peran mahasiswa di urusan kemanusiaan. Ketiga, Tomy Hendrajati, Deputi Humas dan Sumber daya PKPU akan berbagi pengalaman dan refleksi pembelajaran dari peran lembaga kemanusiaan dalam mengatasi permasalahan kemanusiaan secara global. Keempat, Rini Suprihartantini, Direktur Program Dompet Dhuafa akan berbagi pengalaman Dompet Dhuafa dalam Urusan Kemanusiaan.

Rangkaian kegiatan kampanye global Hari Kemanusiaan Sedunia akan berlangsung sampai dengan tanggal 24 September 2013. Beberapa kegiatan yang telah diinisiasi diantaranya  penulisan Op-Ed di harian The Jakarta Post pada tanggal 20 Agustus 2013, Talk show di Trax FM dan RRI Jakarta, kampanye twitter dengan hashtag #theworldneedsmore, dan kampanye di Car Free Day Jakarta tanggal 1 September 2013. (sbb/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

HAI UEA – PKPU Berikan Layanan Kesehatan Gratis di Kampung Sindang Asih Bogor