Home / Berita / Internasional / Asia / Perang Suriah Tewaskan Lebih dari 110 Ribu Orang

Perang Suriah Tewaskan Lebih dari 110 Ribu Orang

Puing-puing sisa pertempuran di salah satu distrik di suriah
Puing-puing sisa pertempuran di salah satu distrik di suriah

dakwatuna.com – Beirut.  Jumlah korban tewas dalam perang Suriah terus bertambah. Selama kurun waktu 2,5 tahun, korban tewas telah mencapai 110 ribu orang.

Pengawas HAM Suriah menyatakan lebih dari setengah jumlah korban tewas tersebut merupakan warga sipil. Laporan itu muncul setelah AS berencana mengintervensi militer ke Suriah sebagai balasan adanya dugaan penggunaan senjata kimia. Lembaga pengawas itu menyatakan sedikitnya 5.833 anak menjadi korban tewas.

“Lebih dari 110.371 orang tewas sejak hari pertama revolusi pada 18 Maret 2011 di provinsi Daraa hingga 31 Agustus 2013,” ujar pernyataan lembaga tersebut dikutip Arabnews, Senin (2/9).

Mereka menyatakan 56.138 orang yang tewas merupakan warga sipil. “Masif nya korban tewas karena komunitas internasional diam saja,” ujarnya.

Mereka mendesak PBB bekerja serius menghentikan pembunuhan di Suriah. Pengawas menyatakan jumlah korban tersebut termasuk korban tewas akibat serangan gas di wilayah suburban Damaskus yang membuat AS dan Prancis mengancam menyerang Suriah. Namun, hanya 500 kematian yang dimasukkan di data sementara.

AS menduga jumlah korban lebih dari 1.400 orang. Lembaga pengawas yang menggunakan jaringan aktivis di seluruh Suriah menghitung kematian dari data rekaman dan foto serta wawancara keluarga, medis, dan aktivis.

Mereka menyatakan jumlah korban tewas dari kombatan kedua belah pihak kemungkinan lebih tinggi dari data tersebut. Hal ini karena adanya penyembunyian data korban tewas. (na/rol/sbb/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Rudal balistik. (rassd.com)

(Video) Ini Penampakan Rudal Syiah Houthi Yang Ditembakkan Ke Makkah Dan Berhasil Digagalkan