Home / Berita / Daerah / Muncul Wacana Aher Jadi Capres, Apa Tanggapan Pakar

Muncul Wacana Aher Jadi Capres, Apa Tanggapan Pakar

aherdakwatuna – Bandung . Pakar politik dari Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung, Asep Warlan memberikan sinyal positif wacana diusulkannya Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan maju di kancah Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mendatang.

“Ya sebagai sebuah wacana untuk mengusulkan ya sangat pantas. Nanti kita lihat responsnya apakah bagus atau tidak. Jika responnya bagus ya tinggal diteruskan. Istilahnya wacana ini sebagai pemancing tokoh Sunda untuk berkarir di posisi RI 1,” ujar Asep Warlan saat dihubungi INILAH.COM melalui telepon selulernya, Jumat (30/8/2013).

Dia menilai, sosok Ahmad Heryawan merupakan tokoh muda yang mempunyai pengalaman cukup di dunia politik. Heryawan selain pernah menjadi Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta, juga sebagai Gubernur Jawa Barat terpilih selama dua periode.

“Tapi apakah dia tahu tekanan politik di tingkat nasional. Soalnya suksesnya dia di Jawa Barat sangat berbeda di tingkat nasional. Tantangannya lain, tekanan politik di nasional lebih kuat. Tapi jika diusulkan boleh saja, ini sebagai alternatif tokoh daerah,” tutur Asep Warlan.

Dia mencontohkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan putra daerah berhasil maju DKI Jakarta. Praktik politik yang dilakukan Jokowi sangat positif dan mendapat respons. Bahkan, pencapaian Jokowi dan Ahmad Heryawan di daerah hampir sama karena saat menjabat Kepala Daerah mendapatkan banyak penghargaan.

“Penghargaan yang didapat Ahmad Heryawan bisa menjadi ukuran. Ini salah satu nilai plus untuk mendapat dukungan. Bahkan Aher (sapaan akrab Ahmad Heryawan) menang dua kali di Pilkada Jabar,” tutur dia.

Menurut dia, potensi tersebut sangat besar untuk maju ke tingkat nasional. Terlebih, Aher mempunyai dukungan masyarakat Jabar yang cukup tinggi.

“Makanya sekarang didibuat manis saja dan jangan dijatuhkan. Jangan dianggap ini sebuah upaya kembali ke sukuisme. Enggap apa-apa kan kita butuh juga,” tutur dia.

Kendati demikian, persyaratan menjadi calon Presiden RI adalah diusung oleh parpol di tingkat pusat. Asep meminta kepada tokoh sunda yang tidak diusung oleh parpol diharapkan untuk tidak memaksakan diri.

“Kita menunggu respons. Ini kan baru wacana di media. Kalau responsnya seperti Jokowi yang bagus banget di berbagai parpol ya perlu kita dukung,” tutur dia. [gin]

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (32 votes, average: 9,97 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Mas Adi

    Sabar teman.

    Alhamdulillah, sudah ada opsi untuk mengusung Kang Aher untuk menjadi RI-1.
    Alhamdulillah, beliau (mungkin) satu2 Gubernur di Indonesia yang meraih penghargaan setingkat nasional yang terbanyak.
    Alhamdulillah, di bawah kepemimpinan Kang Aher, Pemda Jabar mengalami kemajuan dan perubahan yang baik.
    Alhamdulillah, di bawah kepemimpinan Kang Aher, masyarakat Jabar mendapatkan pemimpin yang merakyat dan shalih.
    Insya Allah, dalam periode kedua ini, Jabar juga dapat membuktikan perbaikan infrastruktur yang gemilang, sehingga ‘tiket’ untuk RI-1 untuk 2019 menjadi jalan yang lapang.
    Walau… ingatlah saudaraku, tentu ada saja yang ‘tidak suka’ dengan perjalanannya.

    Wallahua’lam.

    • Wila Salam

      Hahaha…”Jabar mendapatkan pemimpin yg merakyat dan shalih????” Ngaca dan introspeksi lah….Jabar makin terpuruk!!! lihat kondisi Bandung, kang….KUMUH…!!!

      • Akhmad Ismail

        yang jelas jelas sekuler anda dukung, tapi karena beda tandzim saja ada menebar fitnah sana sini, masih mengaku diri anda muslimah…?dari kata kata anda menunjukkan sikap arogan sekali, seakan anda dan tandzim yang anda ikuti selalu benar,….? tak pantas sesama muslim yang telah dzhohir fikrah dan tsaqofah islamiah saling menghujat dan melecehkan seperti anda mb wila….?semoga allah memberikan anda hidayah jika memang kebaikan yang anda harapkan…..? PERTANYAAN BESAR, APA YANG SUDAH ANDA LAKUKAN UNTUK UMAT, Jika komentar komentar anda selalu merendahkan prestasi seseorang…..?

        • [email protected]

          ini contoh kader PKS tulen: “anti kritik” mba wila salam hanya bilang “mimpi kali” tapi udah di vonis fitnah sana sini…..seolah2 komennya fitnah semua….ini namanya kritik bung…mungkin sebagai warga jabar dia setiap hari melihat dgn mata sendiri bagaimana macetnya bekasi, depok,bogor, bandung….tata kota ruet, kumuh…wajar dong kalau orang pesimis…

          • Fithri Ariani

          • ak

            saya Sependapat dengan Akhmal Ismail, dari kata-kata nya (Wila Salam) seorang sekuler, pendukung si Oneng, dari PDIP kaciaaan selalu menjelek-jelekan orang, Istifar,

          • Ceuceu

            Wila Salam Bukan pendukung so Oneng tapi jelas HTI yg benci dgn Demokrasi dan memahami Demokrasi seperti pemahaman orang2 sekuler yaitu sbg sebuah aturan, tp bagi PKS Demokrasi adalah sebuah alat perang utk memenangkan Syariat Islam sbgmana Rosululloh SAW menjadikan Perjanjian Hudaibiyah sbg alat utk memenangkan da’wah beliau, krn kita berada di zaman yg ketiga sbgmana yg telah dikemukakan dalam Hadist Rosululloh. Kemudian kenapa ribut2 mslah Aher jadi RI 1, utk sekarang beliau nggak bakalan mau krn baru terpilih lagi jd gubernur blm selesai menunaikan amanah yg diembannya.

          • [email protected]

            lagian siapa yg mau nyalonin….wong partainya aja ga mau …mau nyapresin siapa coba? HNW..? (pilgub DKI aja kalah) apa engkong Hilmi..?? …kasus sama Fatonah aja blm beres…mana mau rakyat milih… tokoh PKS tuh dari dulu yg menonjol cuma HDW aja kok

          • ryant

            allah maha tahu yang kalian bicarakan dan kalian lakukan dan saya yakin org org yang anda sebut tdk memiliki kemampuan itu sekarang sedang berbuat dan membuat perubahan ,,sedangkan anda ……(omdo}

            kebaikan itu tdk pernah tertukar punten

          • [email protected]

            kalo saya berbuat kebaikan ga perlu lah orang lain tau…perbuatan baik hanya berharap imbalan dari Allah….buat apa saya bilang2 anda….

          • Akhmad Ismail

            dari mba wila salam, Hahaha…”Jabar mendapatkan pemimpin yg merakyat dan shalih????” Ngaca
            dan introspeksi lah….Jabar makin terpuruk!!! lihat kondisi Bandung,
            kang….KUMUH…!!!

            AHER jadi capres??? Gila kali!!! MIMPI….!!! Ga’ lah yau…

            kata anda masukan mba fit….?mana masukan positif yang dilontarkan ma mb wila salam….?…… saya tidak membela Kang AHER or membenci mb wila salam……tapi kenyataan dari pernyataan beliau….?beliau ingin syariat tegak…?tapi sikap beliau memandang orang lain seperti itu…..?apakah tegaknya syariat hanya untuk golongan dalam HIZB y beliau (mb wila salam)…..? kata anda forum ini untuk masukan dan perbaikan….?insya allah ketika mengetik ini saya banyak ber istigfar agar umat ini tidak terperdaya tipu muslihat dan adu domba…..musuh musuh islam? satu yang membuat saya sedih, orang seperti mb wila salam (menginginkan tegak syariat) tapi beliau melecehkan orang diluar TANDZIM beliau….dan menganggap apalah tanya langsung ke yang bersangkutan mb…..?

          • Akhmad Ismail

            mas bujang, saya mah bukan PKS….kalau kata mb fithri pendapat pribadi itu juga saya pendapat pribadi dan tidak emosi, kalau kata mb fithri mb wila itu kurang setuju dengan kenyataan dilapangan dari tulisan yang beliau buat bukan ketidak setujuan tapi celaan mb fithri…? allahumma ainna a’laa dzikrika wa husni ibadatika….

          • Akhmad Ismail

            oiah mas ketinggalAN suntingan kalimat lainnya nich ….AHER jadi capres??? GILA kali!!! MIMPI….!!! Ga’ lah yau…

            dan ini juga mas ………. Hahaha…”Jabar mendapatkan pemimpin yg MERAKYAT dan SHALIH ????” Ngaca
            dan introspeksi lah….Jabar makin terPURUK!!! lihat kondisi Bandung,
            kang….KUMUH…!!!

          • [email protected]

            kalimat :galau, mimpi, ngaca, introspeksi, kumuh..itu namanya kritik mas….bukan fitnah!! kalau anda dituduh mencuri itu baru namanya fitnah!!

          • Akhmad Ismail

            yang dikasih huruf besar y ada banyak dech mas…..? Hahaha…”Jabar mendapatkan pemimpin yg MERAKYAT dan SHALIH ????” Ngaca,,, apakah mas bujang or mb wila sudah sedekat apa dengan kang aher…? sehingga meragukan keshalihan dan kerakyatan kang aher….? sudah lah ga perlu dijawab mas bujang,,,jengah…….?

          • ryant

            kritik yah, kalau saya bilang anda bego, kritik ko cuman gitu doank.
            kalau anda cerdas kritik itu sampaiakan hal yang benarnya sandingkan dengan yg belum benar , nah itu kritik
            tapi karena anda BEGO atau kalau ada kata yg lebih tepat dari itu sayang nya saya ga nemu …..
            ya yg keluar dari mulutmu seperti itu …
            maaf yah jika anda bego

          • Rafa

            komentar anda di atas MAKIN menunjukan bagaimana tingkat kecerdasan anda bung ryant! hentikanlah!! sebelum anda semakin mempermalukan diri anda sendiri dan juga jama’ah yg anda bangga2kan. Sungguh!! tidak hak seorang muslim menjudge keimanan dan mngata2i sdranya sndiri dgn perkataan2 kotor.

            org akn melihat komentar2 perkataan anda dan org akan menilai, seperti inilah hasil didikan jemaah anda. anda mempermalukan diri anda sendiri!!

          • Akhmad Ismail

            SEKALIAN mas bujang,,,,mohon sama sama kita belajar tata kelola sistem pemerintahan dan birokrasi terutama dinegara kita…..?agar tidak ada salah tanggap karena kebodohan kita yang tidak memiliki ilmu tapi berkomentar…..?

          • ryant

            lah anda yang buat macet knapa nyalahin orang”
            coba jujur kalao lampu merah anda berhenti atau mempercepat kendaraan
            apakah anda parkir di gedung parkir apa dipinggir jalan
            atau anda membuang sampah di tempat sampah atau melalui lendela mobil?????
            ingat allah murka dengan yg anda katakan tapi anda ga lakukan

            maaf klau anda pesimis munkgin anda bukan org beriman

          • Rafa

            AROGAN! bisa2nya seorang manusia mnghakimi keimanan org lain hanya krn kritikan. Sungguh, anda ini sangat sombong dan merasa bangga menjadi bagian jama’ah anda!. memang…… tidak sedikit org2 jama’ah anda yg seperti anda. hal ini mkn membuktikan bhwa hasil didikan qiyadah2 jama’ah anda ternyata bak manusia hina yg sgt mudah menjudge dan menghakimi keimanan org lain, sungguh benar2 melebihi tindakan Allah!. MEMALUKAN!

          • [email protected]

            kalau anda mau cari lagi di situs ini lebih banyak lagi komen2 kader partai ini yg merasa lebih mulia dari jamaah lain……merasa udah punya tiket surga, jamaah lain lebih rendah lah pokoknya….untung saya ga ngaji disini..

          • [email protected]

            yg paling banyak bikin macet itu pedagang kaki lima lho…lihat tanah abang & pasar minggu sudah rapi dan lancar berkat pemimpinnya turun ke jalan & langsung ada tindakan…jgn cuma turun kejalan tapi ga ada tindakan seperti aher…..

        • Fithri Ariani

          Pak Akhmad Ismail, sy bukannya mau membela Wila Salam, tp dia tidak menyatakan dalam tulisannya jika dia membela sekuler, mengapa anda bisa langsung menjudge beliau membela sekuler?, bahkan salah satu koment beliau berisi “Mendingan rubah aja sistem demokrasi di negara ini dengan sistem yg islami.” apakah ini pemikiran sekuler Pak Akhmad Ismail?. saya hanya melihat beliau sdikit emosi sehingga memberi pernyataan yg kurang anda setujui, hal ini sy kira wajar, karena mgkn Wila Salam adalah salah 1 warga JABAR yg kecewa trhadap kepemimpinan AHER, hnya cara menyampaikannya saja yg krg tepat.

          Beristighfarlah anda sebanyak2nya. apa seperti itu caranya membalas hal yg tidak anda setujui?. Hal ini malah menunjukkan anda yg emosi dan malah memfitnah Wila Salam serta nampak taklid tanpa bs menerima masukan, padahal yg disampaikan oleh org2 di forum ini hanyalah masukan untuk perbaikan kepemimpinan AHER mendatang, mengingat AHER msh memiliki masa jabatan untuk bisa meningkatkan kinerjanya dan kinerja bawahan2nya sehingga JABAR secara KESELURUHAN bisa lbh baik di masa yg akan datang.

          sy hanya org awam yg melihat dr kaca mata org awam, jika membaca kembali judul artikel ini, saya pribadi berpendapat belum setuju jika AHER dicalonkan sbg Presiden RI. (ini suara pribadi, so bagi pendukung AHER, anda tidak usah meributkan/membalas suara pribadi saya dgn komentar2 miring apalagi judgement2 negatif, karena ini hak asasi saya dan saya juga tidak meributkan suara/pendapat pribadi anda yg setuju AHER menjadi RI 1, silahkan anda semua berpendapat sesuai hati nurani anda dgn segudang alibi masing2, satu hal lagi, bagi yg kecewa dgn kepemimpinan AHER suarakan secara positif dan baik, bagi yg mendukung, tidak usah berlebih-lebihan dalam membela, karena JAWA BARAT ini luas bukan hanya BDG, dan tidak bisa dimarginalkan hanya dgn mewakili 1 kota/kabupaten saja, Bdg misalnya tempat AHER menjabat, karena AHER membawahi banyak kabupaten bukan hanya BDG, so semua wilayah JABAR secara tidak langsung telah menjadi tanggung jawabnya, tidak usahlah menyalahkan sistem tata pemerintahan di Indonesia, cukup sadar diri saja, jika sdh sanggup mengemban amanah sebagai pemimpin, maka harus siap pula dgn semua tanggungjawabnya). mohon maaf bagi yg kurang berkenan.

          • ryant

            “sehingga JABAR secara KESELURUHAN bisa lbh baik di masa yg akan datang”

            nih kata setidaknya lebih enak di rasakan buat siapa pun yang baca
            …pasti anda orang yang beriman”

          • Fithri Ariani

            Aamiin.. Allahumma aamiin.. smg begitu juga anda!

          • ryant

            amin

      • ryant

        ya kalau baca hadis ,,,,,yang harus ngaca itu ya sampaean wila”
        lah anda tu ga berbuat apa2 jadi apa yg bisa kami kritik”
        bahkan adanya anda saja …………..itu karunia allah utk org 2 yg sabar”
        setidak nya anda membawa peluang org utk sabar
        dan anda itu ladang ibadah utk pemimpin seperti aher”
        karena kalau pemimpin yg dholim tidak akan anda kritik …lah apa yg mau dikritik kan sudah se iman dengan anda yg sama sama hanya membuat kerusakan (cekcek kasihan)

        • Rafa

          SUngguh, anda ini lbh kasihan lagi! tidak bisa menerima kritik dan sgt arogan sbg bagian dr jama’ah anda. org akan semakin tau, bahwa jama’ah anda ternyata seperti ini. anda ini benar2 memalukan jama’ah dan qiyadah anda!

      • kenjimuslim

        kalau Jabar makin terpuruk kenapa bisa AHER dua kali terpilih berturut-turut hayoo

        • [email protected]

          SBY yg PKS kritik habis2an aja dua kali berturut kok…! jadi kalo dua kali berturut2 berarti bagus?? knp SBY dikritik & Aher ngga..? konsisten dong..

          • kenjimuslim

            Om-om, kritis beda sama anti hehehehe ini pemilihan demokratis, kalau rakyatnya senang ya dipilih lagi heheheh. Aher dikritik juga om hehehe jangan salah, itu yang pembelian mobil dinas sampai dia dibully habis-habisan di twitter, akhirnya dibatalkan sama dia. (biasanya kalau berita tentang PKS yang baik-2 si om ini tanya sumbernya darimana hehehe kalau berita tentang jokowi yang baik-2 langsung ditelen abis gak pake tanya-2 bener apa gak). Anda sebagai fans berat Jokowi seharusnya juga menerima kalau Om yang satu itu dikritik abis-abisan, ini malah melakukan pembelaan membabi buta malah balik menuding kader dan simpatisan PKS melakukan kultus individu ke LHI terus pake bilang LHI bukan figur teladan yang baik, om-om Uswatun Hasanah itu cuma satu NABI MUHAMMAD SAW. Itu yang harusnya kita contoh.

    • Wila Salam

      AHER jadi capres??? Gila kali!!! MIMPI….!!! Ga’ lah yau…

      • ryant

        rosul 1434 tahun lalu pernah sampaikan akan menakhlukan roma….dan jadi kenyataan…….
        anda baca quran ndak mas….
        artinya mimpi itu peru mas sangat perlu…
        nabi yusuf bermimpi menjadi hakim dan kemudian allah ijinkan…

        mungkin anda ini sampah di masyarakat ya jadi anda mimpi pun tak punya
        maaf jika ga lah yau

    • [email protected]

      Jokowi penghargaannya udah tingkat intersional lho…Walikota Terbaik Ketiga Dunia…kalo masih nasioal sih encerrrrr…..

      • ryant

        aher sudah mendapat penghargaan dari akhirat mas…
        buktinya ulama mau bekerjasama dengan aher…
        ingat mas ulama …..loh….bukan seperti sampeyan ,,,embuh ra weruh aku…peranmu opo dalam masyarakat,,,bahkan di keluarga mu mungkin kau juga ga punya nilai…mohon maaf jika enceerrrrr

        • mamase

          aher itu peragu… nolak miss world saja gak berani……..

          • ryant

            anda pernah mengajak tetangga sebelah rumah anda yang ga sholat jamaah di masjid???

          • [email protected]

            kalo pernah kenapa?? trus langsung kedudukannya mulia & orang lain rendah gitu??

          • ryant

            anda harus banyak belajar, di quran dijelaskan tanda orang beriman, emang anda tidak baca quran ya Rafa” hadeuuuhh…..

          • ryant

            weh, anda bilang aher nolak misswrd ragu, saya yakin sebagai indifidu aher nolak 100% sebagai pemimpin juga menolak , tapi apakah missword bisa ditolak dgn kata2 …..yang ngeluarin ijin instansi lain broo…
            aher sudah bekerja dan diakui banyak pihak , anda bilang peragu, ya hak anda ,…tapi kalau anda mau menunjukkan peran , anda tahu peran anda …yg paling dekat, mengajak tetangga anda sholat ke masjid jelas lebih mulia broo… dari pada ngomong nolak missword doang kagak ngepek , ijin sudah di keluarin sama …….
            klo orang dah pada sholat dgn bener dengan sendirinya misword akan pergi….ya to gito aja kok………t

        • Rafa

          beginikah generasi2 didikan para aktivis?? mengakunya aktivis tapi anda tidak bisa mnjaga adab bersopan santun dalam berkomentar dan berbahasa, dan sangat mudah menjudge pribadi org lain tidak beriman dan bodoh. Sungguh, hanya orang2 yg SOMBONGlah yang suka menjudge dan menghakimi keimanan orang lain. Na’udzubillahimindzalik!!

          Anda sungguh SOMBONG, tindakan anda di forum ini melebihi rosul dan Allah sekali pun. Dari mana anda tau keimanan seseorang?? dan dari mana anda tahu AHER dpt pnghrgaaan dr akhirat? sepertinya anda layaknya org yg sdh pernah pergi ke akhirat saja. sungguh sombong sekali anda ini!!. Seperti Merasa paling pintar dan paling beriman.

          Na’udzubillahimindzalik!! bertaubatlah anda sebelum anda dihisab. karena yg tahu keimanan dan kecerdasan org lain hanya Allah. Dan jangan pernah menjudge keimanan serta mengata2i org lain bodoh, jangan merasa BANGGA dgn apa yg telah anda lakukan, karena jika sekali2 saja anda memamerkannya (keaktivisan maupun tindakan yg anda fikir telah turut andil membangun bangsa ini), maka anda tak ubahnya seorang yg riya’. jika anda melakukan hal ini lagi, maka anda telah mempermalukan diri anda sendiri dan jema’ah anda. karena kami dan orang2 awam lainnya, jadi bisa mengenal, “ooo.. begini toh ternyata didikan jama’ah anda …” dan jema’ah anda makin terpuruk karena keberadaan komentar buruk anda, manusia yg seperti tidak pernah belajar adab sopan santun. Memalukan!!!!

          • ryant

            di baca lagi donk broo commennya……” tapi jangan lupa baca qur an nya juga ya, biar tahu siapa org beriman dan tanda tanda nya:
            tak kasih , wejangan ya leee: kalau anda sholat ke mesjid ,,,ditanya orang/ tetangga sebelah , dari mana ? masa ” anda jawab ” saya baru saja sholat dari masjid ” trus anda bilang itu riya’
            lah sampeyan ki ngaji karo sopo , kok dapat fatwa begitu ” hadeuuuhhh.

            (berbicaralah sesuai bahasa kaum) kaum penghujat hanya mengerti dengan bahasa dia broo, jadi ya aku pakai bahasa nya dia gitu kan broo..

      • aik

        jokowi pencitraan doang

      • kenjimuslim

        iye deh internasional, hehehehe, selamat ye, entar pas udah jadi presiden RI tau-tau dapat tawaran jadi sekjen PBB loncat lagi deh asyik

  • Fithri Ariani

    Asslm, saya warga Bogor, hanya memberi saran, sebelum dicalonkah atau
    mencalonkan diri sbg pemimpin mohon yg dicalonkan dan yg ingin
    mencalonkan bercermin dulu, sudah bereskah semua tugas dan amanah yg di
    emban selama ini di Jawa Barat?? saya warga Bogor masih merasakan betapa
    pembangunan di wilayah kami terutama infrastruktur dan jalan2 masih
    belum beres, jalan2 umum maupun perumahan di sekitar saya yg masuk
    wilayah Jawa Barat yg dipimpin Pak Aher semua hancur rata bertahun2 dan
    belum ada perbaikan, jikalaupun ada perbaikan itu adalah sumbangan hasil
    swadaya kami semua masyarakat yg tdk tahan dgn kondisi jalan di sekitar
    kami, so sy harap semua pendukung dan yg akan didukung harap bercermin
    dulu, apa lagi amanahnya kelak akan dipertanggungjawabkan di akhirat.
    Bereskan dulu semua jalan2 rusak di semua wilayah Jawa Barat, baru siap
    nyalon!

    • wawan

      saya dulu pernah menghadiri sebuah acara di kota bandung yg dhadiri warga bandung. kang aher sempat ditanya knpa jalan2 dijawa barat masih byk yg rusak? beliau menjelaskan jinfrastruktur jalan itu punya kewenangan masing2 tingkat pemerintah daerah, mislanya jalan kota/kabupaten itu tanggung jawab walikota/bupati , jalan provinsi itu tanggung jawab gubernur, jalan nasional itu tanggung jawab pemerintah pusat. jscra statistik tingkat perbaikan infrastruktur jalan provinsi djabar termasuk tinggi. knpa harus ada pembagian jalan itu?itu sdh ada peraturanya/undang2nya. jika gubernur mengalirkan dana provinsi utk perbaikan jalan kota/kabupaten maka beliau bs dipidna dan masuk ranah penyelwengan kekuasaan dan itu bisa berurusan dgn KPK. tugas gubernur scra undang2 hanya berkoordinasi dgn pemerintah tingkat kota/kab. jadi jelas kwenangan gubernur terbatas. itulah makanya sempat diwacanakan oleh mendagri agar gubernur provinsi punya kewenagan lebih dalam mengatur pemerintah dibawahnya (kota/kab). coba anda searching beritanya di google.

      • Fithri Ariani

        o bgitu, lantas apa gunanya jabatan Gubernur yg membawahi kabupaten2 ya??? kalau tdk ada kepedulian sprti ini bsk2 yg jadi presiden jg akan bilang, “jalan2 di seluruh Indonesia bukan tanggung jawabnya”. sayang sekali

        • wawan

          negara RI itu bedasarkan undang2. sgla kebijakan diatur dgn undang2. makanya ada legislatif (DPR), yudikatif (MK, MA) , dan eksekutif (Presiden, gubernur, walikota n bupati).. kembali keprtanyaan semula. apkah kang aher peduli?tentu beliau peduli, beliau bekerja sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsi) sbg Gubernur. jika anda mau menyalahkan, salahkan lah yg membuat undang2 ttg kewenangan gubernur yaitu DPR. makanya jgn GOLPUT atau salah pilih anggota DPR. legislatif dan eksekutif itu sgt berkaitan sekali. nah sekrg anda komplain… sebnarnya ini struktur pemerintahan itu telah diajarkan sejak SMA. neh kalo anda gak mengetahui peran mereka (DPR, Presden, Gubernur) masing2 dlam pemerintahan.. coba searching internet, mgkin sdkit memberi wawasan ttg tatapemerintahan

          • Wila Salam

            Wahhh ribet ya sistem pemerintahan kayak begini…?? ga bakal maju2 negara kita klo saling mengandalkan. Mendingan rubah aja sistem demokrasi di negara ini dengan sistem yg islami.

          • ryant

            makanya sebelum berbicara berfikirlah , bukan kah itu ajaran islam ” yang anda juga yakini kan

          • Muhammad

            sy sepakat dgn akang,…tapi inget,…semua jabatan itu ada tanggungjawabnya baik dunia maupun akhirat,…nah semua yg sebutkan dibuat oleh Manusia itu sendiri,…tetapi kalo tidak berhasil trus menyalahkan yg buat,…trus kapan akan memperbaiki rakyat di Jawa Baratnya…padahal sudah 5 tahun lebih,….Nanti kalo berhasil baru klaim itu kerja kami????

        • wawan

          silahkan baca dan lihat link berita ini :
          http://www.tataruangindonesia.com/fullpost/jalan/1373959330/jalan-rusak-belum-tentu–jalan-provinsi.html, http://www.garutkab.go.id/pub/news/plain/8072-heryawan-infrastruktur-jawa-barat-semakin-mantap/, http://m.inilah.com/read/detail/2020866/heryawan-bersyukur-jabar-raih-segudang-prestasi, http://www.ahmadheryawan.com/home/ahmad-heryawan/prestasi-jabar-2011

          semoga data ini membuka mata hati dan mata bathin anda.

          “Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu Jadi orang-orang yang
          selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil.
          dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong
          kamu untuk Berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih
          dekat kepada takwa. dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah
          Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al Maidah : 8)

        • nurahmad suhaeli

          Betul juga yang disampaikan Mas Wawan ini Mbak. makanya kalo mau bagus semua, monggo kita usahakan : presiden nya, gubernurnya, walikota/bupati, anggota DPR, DPRD Prov, DPRD kab/Kota, dapat didominasi oleh orang2 sholeh,amanah, peduli dan berkualitas. Insya Allah, itu adalah kader2 dari PKS.

          • Fithri Ariani

            saya ulang lagi pernyataan sy sebelumnya: “hanya memberi saran, siapa pun yg akan mnjadi pemimpin nantinya, mau dari kader PKS atau pun bukan, harap semua calon sebelum dicalonkah atau mencalonkan diri sbg pemimpin mohon yg dicalonkan dan yg ingin mencalonkan bercermin dulu, jika mmg sdh benar2 siap lahir bathin mengemban amanah dunia akhirat sebagai seorang pemimpin, (bukan lahirnya saja yg siap dgn semua gegap gempitanya sbg pejabat tinggi negara kelak, namunbathinnya juga harus sangat siap), silahkan mencalonkan. sekali lagi sy garis bawahi, pernyataan saya diatas hanya memberi saran, mohon maaf bagi yg krg berkenan.

          • ryant

            anda hanya mampu melihat setitik tinta hitam dalam hamparan kertas putih yang luas, anda juga bercermin seperti apa anda senagai warga negara??? maaf jika kurang berkenan juga

          • ryant

            cobalah anda mendaftarkan diri jadi ketua RT , dan lakukan perubahan disanan itu jauh lebih arif dari pada hanya komentar”

          • Fithri Ariani

            Oh,, saya hanya perempuan, selama masih ada laki2, sy tidak akan mendahului tugas laki2 yg mnurut agama adalah imam, trmasuk jg jabatan RT atau jabatan lainnya, saya sangat salut pada anda, sepertinya anda cocok mnjadi ketua RT bahkan lebih dari itu. SELAMAT.. semoga jk anda mnjadi pemimipn, anda akn mnjd pmimpn yg baik, bkn sebaliknya

          • ryant

            smile….amin allahumma amin

          • NOTONEGORO

            Hah perempuan? Kirain laki2, kok debatnya ampe ngotot kaya laki2 ya, apa itu karena makna sebuah emansipasi dimana kartini dianggap pejuang sejati pdhl kerjaannya cuma surat2an ma pihak yahudi sedangkan cut nyak dien mana ada diperingati hari nya.. haha perempuan zaman skrng hebat2, pada kritis ga taunya ngedidik anak2nya ga pada becus haha welcome the new world order

          • Fithri Ariani

            WAH..!! Anda sangat HEBAT!!.
            hanya org2 yg merasa dirinya sempurnalah yg bisa menjudge org lain. sy SALUT pada anda. sepertinya sdh banyak JASA2 yg anda lakukan untuk perubahan negara RI ini menjadi lebih baik. SELAMAT!!

          • ryant

            amin…allahumma amin

          • ryant

            jangankan pejabat, kita sebagai pribadi juga bakal dimintai pertangungan jawab dan pertanggungjawaban, (HISAB)
            saran anda bagus jika disampaikan kepada ybs. sehingga ybs tahu , dan PENTING apakah anda memilih atau tidak memilih itu juga akan ditanya oleh Tuhan” tugas kita dibumi adalah bekerja…

          • Muhammad

            Kang,…jangan tukang klaim,…nanti kalo ada yg kena korupsi,…bilang,…dijebak atau bukan malaikat,,…kalo say warga bekasi kerja di Bogor,…kalo untuk kang aher memang banyak penghargaan,…tetapi bagi saya penghargaan bukan bukti keberhasilan,…sertifikat penghargaan yg diterima kang aher,…menurut sy tak beda dengan Ijazah sd smp sma sy,…tak bernilai,…karena hanya kejar status saja,…kalo mau bukti adanya perubahan di masyarakat yg dipimpin itu baru bener,,…kalo kang joko terlalu media darling,…belum bisa dilihat,…seharusnya kang aher sdh bisa dilihat krn lebih dr 5 tahun,…namun nyatanya mirip Presiden sekarang yg obral janji dan keberhasilan tapi nihil faktanya

        • andi

          tanggung jawab gubernur itu jalan provinsi. jalan provinsi adalah jalan yang menghubungkan antar kabupaten atau kota. jalan yang menghubungkan kecamatan itu tanggung jawab walikota / bupati.

        • marryme_minwoo

          provinsi cuma harus ngasih intruksi, yg kerja langsung ya pemkot, kalau pem.prov yg ngurus semua pemkotnya ga kerja dong mba, memang tanggung jawabnya jg tapi pasti yg ngerjain bawahanya bagian kerja langsungnya beda lagi..

      • [email protected]

        kalau disetiap kota di jawa barat (bogor, bekasi, depok, bandung, cirebon, indra mayu, kuningan…dll) tanggung jawabnya diserahkan kepada walikota/Bupatinya…terus aher bertanggung jawab terhadap kota yg mana dong di jawa barat..????? khan ga ada yg namanya kota Jawa barat bro….?? trus kalo macet & jalan rusak di daerah Jabar berarti Gubernur Jabar ga ada tanggung jawabnya dong..???

        • ryant

          apa anda juga sudah berbicara dengan diri anda : apa tanggung jawab anda kepada negara ini, apakah anda memilih aher dulu, atau golput, apa yg sudah anda sumbangkan sebagai individu kepada bangsa ini, atau anda pernah menyampaikan saran anda yg terbaik dan mampu diaplikasikan kepada aher, jika yidak , maka sebenarnya anda ini apa dan siapa , dan untuk apa ….adanya???

        • kenjimuslim

          eh ketemu fans berat jokowi di sini hehehehe

        • marryme_minwoo

          gini mas, seperti layaknya organisasi, tdk bisa satu orang memimpin & mengatur sendiri begitu banyak kota, makanya ada otonomi masing2 kota, nah hasil itu semua dipantau oleh gubernur plus segala hal yg udah berkaitan dgn kepentingan provinsi, bisa dibayangkan anda ngurus sendiri kota2nya, mohon belajar atau ikut organisasi dulu mas sebelum ngomong, anda lucu banget

        • NOTONEGORO

          Wah blusukan banget nih komentar, skrng kalo pertanyaannya dibalikin apa fungsinya ada jabatan walikota/bupati? Seharusnya Aher ngajabat rangkap jadi Gubernur+Walikota+Bupati itu baru nyambung, oya Si Be Ye aja yg konon hampir 10 tahun ngejabat sebagai presiden yg katanya pemimpin NKRI ga sampe blusukan dari sabang ampe merauke ngurusin macet ma jalanan rusak hahah lucu buat apa ada polantas dan para kontrak jalan, oya mobil murah mo diproduksi?? Makin macet dahh

        • Aby Nanang Mulyana

          salam kenal kang.. komentar anda sama dengan menyalahkan Presidenh.. kalau gk ada bogor, bekasi, lalu tugas SBY apa? karena Bogor, Bekasi bagian dari Indonesia…hehehe.. kayanya analoginya kurang tepat Mas Bujangkelana..

      • marryme_minwoo

        betul, pelajari dulu baru komentar, kalau semuanya disalahkan kepada kang aher, enaknya bupat & walikota lepas tanggung jawab

    • ryant

      dari kata kata anda , anda ini bukan aktifis , tapi komentator, seorang aktifis akan berbuat walau tak banyak tapi memulai merubah, sedang komentator, niat pun tak punya sedang org sedang berbuat langsung dikomentari….tuhan pun tahu , ‘siapa yg berbuat dan hanya diam sembari berkomentar…

      • Fithri Ariani

        Maaf.. saya mmg bukan aktifis seperti anda. hanya warga negara RI biasa. saya pegawai dan hanya karyawan biasa. bukan org yg suka koar2 dengan retorika. Apakah anda seorang aktifis?

        • ryant

          tapi anda komentator” buktinya sudah anda tulis di atas” idan di bawah” ni bukan masalah koar” kalau anda mau kasih masukan , datangi langsung atau tulis surat langsung, tunjukkan program mana yang anda anggap mumpuni memperbaiki bangsa ini, jika anda punya solusi,
          karena bisa jadi anda /semacam anda kelompok anda adalah bagian dari masalah bangsa ini,
          jelas saya aktifis , karna dengan keaktifan itu saya berharap sebagai catatan amal di hadapan allah’ bukan kah allah perintahkan seperti itu? ….’imalu=.bekerjalah…..kelanjujtan ayat ini anda pasti tahu”

          • Fithri Ariani

            Subhanallah..

          • NOTONEGORO

            Makanya hidup jangan terlalu bergantung sama manusia (pimpinan, gubernur, presiden) tapi bergantunglah sama yg maha kuasa sang maha pencipta, perbanyak berdoa, adapun utk daerah bogor apa kabar dengan bupati/walkotnya?

      • Rafa

        lanjutkan

    • Aby Nanang Mulyana

      ba Fithri Ariani yang saya hormati. begini ya.. saya hanya ingin memberikan penjelasan seputar siapa sebenarnya yang bertanggung jawab atas infrasturktur jalan ruksak. pertama di daerah Kab/Kota ada PU (Pekerjaan Umum) Kota/kabupaten… nah yang secara totalitas yang menangani jalan itu PU pekerjaan Umum, jika jalan yang anda lewati itu adalah jalan Kabupaten/kota di daerahnya. terus ada yang namanya PNPM Mandiri nah itu biasanya juga mereka intasi itu membantu untuk perbaikan jalan, namun untuk jalan2 di perdesaan. jalan di daerah kab/kota ya milik kab/kota, tapi memang ada jalan umum utama yang menyambungkan jalan antara kab/kota contoh jalan yang menyambungkan antara Bogor dan SUkabumi namun jalan utamanya seperti jalan Ciawi terus ke SUkabumi nah itu bagian dari tanggung jawab Pemprov, makanya jalannya bagus. itupun bukan tangguGubernur tapi tetap yang beung jawab adalah Dinas PU (Pekerjaan Umum), namun gubernur hanya meberikan kebijakan. nah yang mengesahkan anggaran adalah anggota Dewan (DPR). oleh sebab itu jika kalau analoginya (di contohkannya) jalan di prumahan anda adalah tanggung jawab Gubernur seutuhnya, maka apa bedanya dengan yang seharusnya bertanggung jawab adalah Presiden SBY. jadi terlalu jauh mba kalau jalan di daerah rumah anda menyalahkannya langsung ke Gubernur.. panjang bu kalau dijelask mah.. tidak akan muat.. terimakasih.. eh ia, jalan di perdesaan di kab. Cianjur juga sangat Ruksak bu, tapi saya tidak menyalahkan Aher..nuhun..heheh

  • Zaki Mubarak Rangkuti

    Salut dengan kang aher…
    begitu banyak penghargaan tapi tidak ada pemberitaan yang santer
    beliau bekerja dalam diam…
    tapi tetep aja itukan baru pandangan pakar2 politik,, untuk internal PKS sendiri belum memutuskan siapa yang akan maju ke R1,, karna dalam PKS tidak ada namanya kepala gerbong atau pentolan,, semua kadernya mempunyai prestasi masing-masing dan bisa menjadi pentolan siapapun dia,, tidak seperti partai laen yang sumber kehidupannya hanya bertopang pada satu atau dua nyawa saja,, dan apabila pentolannya hanur maka hancurlah partainya dan berebut kekuasaanlah kader2nya..
    hal yang sangat berbeda dengan PKS,,, badai sebesar apapun menghantam kader akan tetap bergandengan menghadapinya,,, semakin besar badai yang datang semakin erat pegangan mereka,, siapapun yang memimpin partainya tidak akan melunturkan atau meruntuhkan semangat kader2nya

    • Wila Salam

      Belum ada perbaikan yg signifikan di Jawa Barat sejak Aher menjabat jd Gubernur, meskipun udah menang 2x putaran, lihat saja ibukota Jawa Barat (Bandung)…alun2 saja bak tempat kumuh, lalu perbaikan hebat apa yg sudah Aher lakukan???

      • Akhmad Ismail

        mb wila pribumi jabar….?sudah terjun langsung ke lapangan, dan apakah hanya bandung saja area provinsi jabar…?dan apakah karena satu area rusak (notabene y disana pun ada bawahan gubernur yakni walikota or bupati) yang disalahkan hanya gubernur y…?kang aher hanya satu, beliau butuh dukungan juga mb wil…….?

        • Muhammad

          saya warga bekasi,…juga tidak ada perubahan berarti,…malah terkesan hanya rebutan APBD,…tetangga ada yg kader PKS jg,…tapi tidak pernah ikut kumpul dgn warga,….sy jg sepakat Jokowi terlalu banyak pemberitaan…tetapi beda masalahnya,…kang aher sudah lebih 5 tahun,…kang Joko baru setahun,…

          • kenjimuslim

            saya kurang tahu persis sampai seberapa jauh peran aher dalam mengelola kota atau kabupaten. Aher memang Gubernurnya dan bertanggung jawab secara umum tentang keberhasilan pembangunan di Jabar tapi tanggung jawab pengelolaan tetap bupati atau walikota. Di depok justru terjadi perubahan drastis terutama masalah infrastruktur jalan sejak dipegang Nur Mahmudi Ismail. Kalau kader PKS di lingkungan saya walaupun jarang ngumpul sama warga tapi berperan aktif membantu warga dengan membangun taman kanak-kanak yang gurunya diiambil dari warga sekitar, mengadakan pengajian dan membimbing warga dalam mempelajari Al Qur-an,berperan besar dalam membangun masjid di daerah kami,memberikan pekerjaan kepada warga sekitar.

          • Akhmad Ismail

            iah mas muhammad….sama sama kita tabayunan yah..karena masih seaqidah,,,wallahu a’lam terkait dengan tetangga mas muhammad…sesama musilm kita husnudzon ajah itu yang terbaik yang bisa kita perbuat…..

          • Aby Nanang Mulyana

            Memang kang saya juga sama jika penilaiannya pemangfaatan untuk personal atau sendiri. tapi Aher jauh lebih mengedepankan untuk pemangfaatan infrasturktur Publik sekala makro bukan mikro. contohnya untuk Rehab Masji, Ruang Kelas baru (RKB) SMP-Sederajat/SMA-sederajat untuk Ruang Kobong baru (Pesantren) RUtilahu (RUmah Tinggal Layak Huni) Dll. nah hal ini, jika akang punya sekolah, pesantren, Majelis Ta’lim atau masjidnya pingin di benerin. mangga sumpingan tah (silahkan datang) ke pihak yang dianggap dekat dengan Gubernur Aher..informasi ini hanya akan di dapat jika akang mau dekat dengan orang yang dianggap dekat dengan kang Aher (Gubernur).. jika tidak percaya silahkan di coba..

      • Dadang Darmawan

        mungKin masalahnya ga ada media yang mau terus2an update aktivitas aher, beda sama yg di jakarta dishooting terus siang malam ….

      • Aby Nanang Mulyana

        @wila Salam, ngebenerin bak itu bukan tugas Gubernur.. masa Gubernur harus ngurusin bak..hemmm.. tiap masjid itu ada petugasnya, siapa?? yaitu DKM (Dewan Keamanan Masjid). secara totalitas dialah yang bertanggung jawab terhadap permasalah di masjidnya. nah untuk program Gubernur Aher, beliau tiap tahun membangun ruang kelas baru (RKB) sebanyak 6000 kelas per tahun se-Jawa Barat. ini salah satu programnya, namun tidak di ekspos oleh media Nasional. program ini bukan berarti menyelesaikan seluruh permasalahan Jawa Barat, tetapi sedikit mengurangi masalah-masalah yang ada di Jawa Barat. dan terbukti hal dengan adanya program ini Aher akhirnya mendapatkan Penghargaan dan mendapat gelar Doktor (DR HC) dari Yongsan University dari Korea Selatan, atas kinerja pembangunan Jawa Barat. sebenarnya banyak kalau mau saya jelaskan, namun media ini tidak akan cukup menampung tulisan saya.. dan jika tidak percaya bisa langsundi tanya ke pihak Pemprov jabar, jika benar anda orang Jabar..nuhun

  • sifin

    Kang Aher Capres RI ?… Ayoo kita dukung !!!

  • Shaifuru Anamu

    Kalau menurut saya sih belum.. Mungkin ada yg dapat memberi tahu prestasi apa saja?.. Sehingga bisa menyakin saya buat memilih pak Aher. Sepertinya masih banyak prestasi walikota surabaya.

    • ryant

      ya kalau begitu biar walikota surabaya juga ikut nyapress,,, silahkan adu visi misi…biar rakyat menilai

    • marryme_minwoo

      banyak mas bisa googling, dia gub. paling berprestasi

  • Roy Yurnades

    mantapks pisan oi

  • PacSoekarnois

    Pertanyaan kalau beliau nyapres… artis mana yg akan dipilih pak aher utk wapresnya?
    a. Dede Yusuf = obat sakit kepala, sukses!
    b. Dedi Mizwar = obat sakit lambung, sukses!
    C. ???

    • NOTONEGORO

      Siapa aja boleh asal bisa sejalan dan ga songong kaya si ahok

  • mamase

    HADEEEEEHHHH… orang peragu gitu kok jadi pemimpin………… RI butuh pemimpin yg berani, dan tegas……

    • ryant

      andakah orang tegas itu???

      • mamase

        JOKOWI donk…..

        • aik

          jokowi cuma banyak pencitraan doang
          mana bukti nyata nya ??
          go aher sudah terbukti dan dapat di rasakan kinerjanya!!
          jokowi??

        • NOTONEGORO

          Hah jokowi berani & tegas?? Apa ga salah plok (sebutan buat si koplok), di aduin ma habib rizieq kagak bakal menang dia,, haha

  • evandri ramadhan

    kang Aher, ayo melangkah maju. sebagai penguasa jabar yang penduduknya terbanyak di antara provinsi yang ada. lanjutkan. kami tunggu ketegasanmu di RI 1 2014.

  • mamase

    jokowi lbh amanah drpd aher….

    • Samuji Muji

      menggunakan mobil ESEMKA untuk modal kampanya biar di anggap pro rakyat sekarang dimana nasib mobil ESEMKA ,jakarta masih semrawut Bung macet ,Banjir dll,rakyat solo tidak semakmur yang di beritakan ketika dipimpin JOKOWI kebohongan publik.

      • mamase

        Banyak orang bagus ilmu agama tapi prakteknya dalam memimpin payah… aher mgkn ilmu agamanya bagus.. tp dia itu lemah, gak punya pendirian… contoh nyata: nolak miss world aja gak berani…..

        kasihan aku liat kalangan grass root partai korupsi sapi, gampang bgt dikadalin bos2nya.. untung gue segera sadar…

        kalo ingin beragama benar, berpedomanlah pada Al Quran dan Sunnah, jangan sama partai dan tokoh2nya….

        SIMPEL saja, pake nalar, kalo Jokowi kerjanya di Solo itu omong kosong, gak mungkin di pilwakot solo kedua dia menang lbh dr 90%..

        beda dgn aher yg hrs dibantu suara Deddy Mizwar utk menang…

        pliss pake logika… :D

        • NOTONEGORO

          Sampean muslim? Sampean anteknya jokohok? Apa perlu di bredelini disini kebusukan2 orang2 di belakang jokowi,, sampean tuh cuma sebatas pake nalar hasil dari media, ga tau kalo si joko tuh cuma sekedar boneka semata, mamase tolong gobloknya jgn dipelihara trs ya

    • warga jakarta

      tim hore jokowok jadi mata2 utk koment nih…

      eh btw sekali komen dpt gaji brp ente?

    • marryme_minwoo

      tau apa anda soal amanah, ingat semua kata2 dipertanggung jawabkan, saya sih mengingatkan saja

  • marryme_minwoo

    iya! saya sangat setuju, beliau terlihat sangat amanah, baik, berwibawa dan berprestasi apalagi pemahaman agamanya sangat baik, pemimpin ideal! ayo dukung aher!!

  • marryme_minwoo

    ckckck intinya setelah melihat komentar2 masih banyak warga indonesia yang berkomentar tanpa paham betul apa tugas pemerintahnya, sejauh apa program yg berhasil di selesaikan pemerintahnya, padahal kalau dicari, pasti kaget , tolong dong mas mba, lain kali pelajari dulu sebelum bicara

  • PUTRA PETIR

    Biarin saja tim surak2nya Jokowi koar2, ntar juga Jokowi mati sendiri….

  • Abu Hamas

    Kang Aher Untuk Indonesia… 3 untuk Kng Aher

Lihat Juga

Raymond Sapoen (kanan), Mendag Suriname yang berasal dari Banyumas (starnieuws.com)

Bakal Capres Suriname (Amerika Latin) Keturunan Indonesia?