Home / Berita / Internasional / Asia / Pakai Burqa, Muslim Uighur Dipaksa Tinggalkan Rumah

Pakai Burqa, Muslim Uighur Dipaksa Tinggalkan Rumah

Muslim Uighur , China (AP Photo/Greg Baker,file)
Muslim Uighur , China (AP Photo/Greg Baker,file)

dakwatuna.com – Urumqi. Seorang wanita muslim Uighur dipaksa oleh otoritas Cina untuk meninggalkan rumah kontrakan nya di wilayah Xinjiang karena memakai burqa.

“Kami berurusan dengan masalah itu, lalu ada apa?” kata seorang pejabat kantor manajemen perumahan setempat dikutip Onislam edisi Rabu (28/7).

Menurutnya, mereka tidak memiliki hukum yang melarang menyewakan rumah bagi Uighur yang memakai burqa. “Tapi ada pengumuman itu di seluruh papan,” ujarnya.

Pada 4 Agustus, Arzugul Memet yang menutupi dirinya dengan burqa diberitahu tetangganya rumahnya akan disita. Pemberitahuan yang tertinggal di pintu mengatakan dia tidak bekerja sama dengan aturan tentang pemakaian burka. Pengumuman itu dikeluarkan komite setempat yang membuat aturan mengenai rumah sewa di wilayah Xinjiang.

Komite tersebut telah mengkonfirmasi kasus Memet. “Itu benar, dia merupakan wanita tertutup. kami tidak bisa berbuat apa-apa karena perintah sudah dari atas. Kami tidak bisa melakukan apa-apa dengan kebijakan ini,” ujar seorang yang bekerja pada Memet.

Muslim Uighur yang merupakan minoritas di Cina sering menjadi sasaran diskriminasi kebijakan setempat. Mereka juga kerap menjadi sasaran kekerasan. (na/rol)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 5,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Pengamanan jalannya eksekusi mati (aa.com.tr)

Cina Eksekusi Mati 3 Muslim Uighur yang Dituduh Pelaku Serangan Stasiun Kereta Api

Organization