Home / Berita / Nasional / PNRI Harus Prioritaskan Pengadaan Buku Untuk Perpustakaan Di Indonesia

PNRI Harus Prioritaskan Pengadaan Buku Untuk Perpustakaan Di Indonesia

perpustakaandakwatuna.com – Jakarta.  Komisi X DPR RI, mengadakan Rapat Dengar Pendapat dengan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, dengan agenda membahas  RKA-KL 2014 pada rabu (28/8/13).

Di dalam Laporan RKA-KL 2014  di jelaskan pada RAPBN PNRI TA 2014  mengalami kenaikan 2,5 % dari Tahun 2013 sebesar 424.194.536.000, menjadi sebesar 435.054.956.000.

Surahman Hidayat anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PKS dalam keterangannya kepada pers menjelaskan,  “ PNRI harus memprioritaskan program pengadaan buku untuk perpustakaan di Indonesia, agar  masyarakat semakin terdorong untuk memiliki kegemaran membaca, karena dalam RAPBN 2014 PNRI hanya menganggarkan 9,1 M untuk penambahan koleksi buku di 497 Kota dan Kabupaten se Indonesia, dengan jumlah sekitar 2.585 perpustakaan se Indonesia, jumlah ini masih sedikit, karenanya saya berharap alokasi  anggaran pengadaan buku harus lebih di perbesar.  Sebab permasalahan rendahnya minat masyarakat untuk datang ke perpustakaan, salah satu sebabnya adalah terbatasnya jumlah koleksi buku yang ada di perpustakaan.

Surahman melanjutkan penjelasannya, selain itu PNRI harus lebih pro aktif  dalam membangun kerjasama dengan pihak ke- 3 (Tiga) dalam hal pengadaan buku bagi perpustakaan, misalnya bekerja sama dengan BUMN melalui program CSR nya, jika dengan asumsi 154 BUMN berarti minimal dalam satu tahun alokasi CSR dari BUMN maka dapat di kumpulkan 154 judul buku.

Kemudian saya mendorong PNRI agar  tahun 2014 yang akan datang, di canangkan sebagai tahun program nasional  yang bertemakan “ Tahun Indonesia Membaca “,  sebagai respon atas rendahnya minat membaca di masyarakat Indonesia, mengingat membaca adalah proses yang penting dalam menghadirkan kematangan intelektual sebuah bangsa. Jelas Surahman.

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

buku FB

Buku “3 Tools Facebook Graph Gratisan”