Topic
Home / Berita / Daerah / Seruan Moral KH Hasyim Muzadi Jelang Pilgub Jatim

Seruan Moral KH Hasyim Muzadi Jelang Pilgub Jatim

KH Hasyim Muzadi
KH Hasyim Muzadi

dakwatuna.com – Jakarta.  Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Hasyim Muzadi menyampaikan tujuh seruan moral terkait Pilgub Jatim. Seruan disampaikan tiga hari jelang pemungutan suara yang akan digelar Kamis lusa (29/8).

“Pertama, setelah kita berjuang dengan harta dan diri, kita wajib bertawakal kepada Allah Swt karena hanya Allah zat yang mampu merubah kezhaliman dengan keadilan,” kata Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hikam Malang dan Depok itu dalam keterangan pers yang diterima redaksi, Selasa (27/8).

Berikutnya, Kiai Hasyim mengajak masyarakat untuk memilih gubernur dan wakil gubernur Jatim tidak semata-mata mencari jabatan. Namun kita menuju pembersihan Jatim dari kekotoran politik, penyalahgunaan kekuasaan, pembobolan uang negara (rakyat) untuk kepentingan pribadi yang dikemas dengan kedermawanan.

Selama lima tahun ini, lanjut Kiai Hasyim,  kekuasaan di Jatim dimulai dari kecurangan. Terbukti banyak tragedi politik seperti Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) hingga kejahatan politik dalam proses Pilgub 2013 yang berujung tidak mendpatkan berkah dari Allah Swt.

Kiai Hasyim juga meminta ulama, cendekiawan, santri dan aktivis agar istiqamah (kontinyu) pada posisi amar ma’ruf nahi munkar dan tidak menyatakan kemunkaran sebagai ma’ruf hanya untuk sekeping kepentingan sesaat.

Rakyat yang menerima suap politik (money politics), lanjut Kiai Hasyim, hendaknya sadar bahwa itu dari uang negara dan kalau diteruskan maka hancurlah republik ini.

“Para pemimpin  seharusnya tidak mencuri uang negara untuk ongkos mencuri suara sebagai modal kepemimpinannya. Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikmannashiir (Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung),” tuntasnya.[

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Kecewa Uji Materi Pasal Kesusilaan Ditolak MK, Fraksi PKS: Ini Soal Tanggung Jawab Menjaga Moralitas dan Karakter Bangsa

Figure
Organization