Home / Berita / Daerah / Hut Pramuka ke-52, Ru’yat Ajak Warga Kota bogor Gairahkan Kepramukaan

Hut Pramuka ke-52, Ru’yat Ajak Warga Kota bogor Gairahkan Kepramukaan

Wakil Walikota Bogor saat perayaan Hari Pramuka kd-52 di Bogor, Sabtu (24/8/13)
Wakil Walikota Bogor saat perayaan Hari Pramuka kd-52 di Bogor, Sabtu (24/8/13)

dakwatuna.com – Bogor. Wakil Walikota Bogor Achamd Ruy’at mengajak semua masyarakat Kota Bogor untuk menggairahkan kepramukaan. Karena gerakan pramuka berperan besar dalam membentuk kepribadian karakter pelajar.

” Melalui pramuka maka para pelajar akan di bentuk kepribadian, kemandirian, dan proses penanaman nilai nilai sosial,” kata Achmad Ru’yat saay menyampaikan sambutan di HUT Pramuka yang ke 52 di lapangan Sempur, Kota Bogor pada Sabtu (24/8/13).

Menurut Ru’yat momentum hari HUT Pramukan ke 52 harus di jadikan sebgai  momentum untuk menguatkan  langkah sebagai bentuk komitmen  untuk menggairahkan gerakan pramuka terutama kalangan tingkat SMA dan SMK.

Tiga momentum yang bisa menggairahkan kepramukaan pada masa  kemerdekaan dan bisa membentuk jati diri karakter pelajar serta berkeinginan generasi mudah yang dapat tumbuh dengan alam dan lingkungannya serta tidak memikirkan dirinya sendiri, diantaranya, Pencanangan kembali revitalisasi pramuka, Terbitnya UU 12 tahun 2010 tentang pramuka yang memperkuat legalisasi keberadaan pramuka serta masuknya kependidikan kurikulum kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib

Sehingga, lanjut Ru’yat dengan tiga momentum tersebut diharapkan bisa  menggairahkan kepramukaan di Kota Bogor.

Sementara itu, agar revitalisasi  kepramukaan dilakukan sungguh-sungguh, ada dua faktor yang harus dilakukan diantaranya, mengupayakan pendidikan kepramukaan untuk menarik bagi siswa dengan menyedikana pembina yg andal dan menyediakan dana untuk gugus depan dan sarana pra sarananya.

Mengupayakan lingkungan sekolah yang mendorong  pendidikan kepramukaan yg ditempuh antara lain dengan memasukkan pelaksanaan pendidikan kepramukaan kedalam akreditasi sekolah, memasukkan aktivitas guru pada penilaian   kinerja tahunan serta memperhitungkan keterlibatan murid dalam kegiatan pramuka waktu menetapkan siswa teladan

” Jika hal itu dilakukan maka gairah Kepramukaan di kota Bogor akan tumbuh,” pungkas nya.

Sementara itu, beberapa siswa yang ikut dalam HUT Pramuka ke 52 mengaku, bangga menjadi seorang pramuka, karena masuk dalam pramuka akan menjadikan siswa lebih disiplin, mandiri dan banyak petualangan.

” Terutama tidak pernah galau,” kata Lita Siswi SMKN 1 Kota Bogor.

Selain itu, masuk dalam kepramukaan, akan mencegah aksi tawuran pelajar yang marak akhir akhirnya.

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi (123rf.com/Jasmin Merdan)

Komunikasi Cinta Bentuk Pribadi Berbudi dan Berkarakter