Home / Berita / Nasional / Eksportir Komoditas Pertanian Diminta Manfaatkan Momen Lemahnya Rupiah

Eksportir Komoditas Pertanian Diminta Manfaatkan Momen Lemahnya Rupiah

Ekspor Komoditi (inet)
Ekspor Komoditi (inet)

dakwatuna.com – Jakarta.  Anggota Komisi IV, Habib Nabiel Almusawa meminta eksportir komoditas pertanian, kehutanan, kelautan dan perikanan agar kreatif mengelola momentum melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang saat ini hampir mencapai Rp 11 ribu.  Sekarang ini saat yang tepat untuk meningkatkan volume ekspor.

“Kreativitas itu misalnya dengan memberi diskon kepada para pembeli di luar negeri yang bersedia meningkatkan volume pembelian.  Dengan demikian penjualan bertambah dan keuntungan pun otomatis bertambah”, katanya memberi contoh.

Ia berharap, tambahan volume ekspor komoditas tersebut berasal dari para petani, nelayan dan pembudidaya ikan di dalam negeri.  “Harapannya, keuntungan yang diraih para eksportir tersebut  bisa dinikmati juga oleh mereka.  Petani, nelayan dan pembudidaya ikan mesti dibantu agar mereka bisa hidup layak”, ucapnya.

Dalam kondisi nilai rupiah seperti saat ini, menurutnya, sektor usaha dan industri berorientasi ekspor yang bergerak di bidang  pertanian, kehutanan, kelautan dan perikanan  sangat diuntungkan.  Semua ongkos produksi, mulai dari bahan baku, tenaga kerja hingga proses selanjutnya menggunakan mata uang rupiah.  “Sementara ia menerima pendapatan dalam bentuk dolar.  Jelas keuntungannya lebih banyak”, ujarnya.

Selain eksportir produk pertanian, produsen hasil bumi dan produk-produk dalam negeri lainnya mestinya mampu juga memanfaatkan momen ini.  Produk-produk impor yang dijual di dalam negeri tentu harganya bertambah mahal.  “Asal bisa menjaga kualitas, produk dalam negeri akan mendapat tempat di hati masyarakat luas dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.  Saatnya membuktikan bahwa produk dalam negeri tidak kalah kualitasnya dibanding produk impor”, pungkas nya. (sbb/dkw)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Anggota Komisi XI DPR RI, Ecky Awal Mucharam. (IST)

DPR: RAPBN 2016 Harus Menjawab Ekspektasi Masyarakat dengan Asumsi yang Realistis