Home / Berita / Daerah / Ahok: “Bir Bukan Miras, Gak Masalah Minum Bir Asal Gak Mabok”

Ahok: “Bir Bukan Miras, Gak Masalah Minum Bir Asal Gak Mabok”

Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau biasa dipanggil Ahok.  (detikcom)
Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau biasa dipanggil Ahok. (detikcom)

dakwatuna.comWakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tidak mempermasalahkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) berbisnis minuman beralkohol. Hal itu dinilai sah dan tidak bertentangan dengan peraturan apapun. Salah satu BUMD DKI, PT Delta Djakarta Tbk (DLTA) menjadi distributor minuman beralkohol jenis bir. Bahkan, sumbangan pendapatan asli daerah (PAD) ke ‘dompet’ Jakarta dari perusahaan tersebut ketiga terbesar, setelah Bank DKI dan Pembangunan Jaya Ancol.

“Itu kan bukan miras (minuman keras), tapi kan bir. Ya tergantung berapa persen alkoholnya dong, kalau bir masih okelah,” ungkapnya di Balaikota Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (22/8). Mantan anggota Komisi II DPR RI ini membantah PT Delta Djakarta Tbk menyumbang PAD besar ke kas daerah. Saham yang dimiliki pemprov di BUMD tersebut, ditegaskan Ahok, bukan mayoritas. “Tak juga, kecil (PAD). Kecil sahamnya itu, makanya saya kira kalau minum bir gak salah kok, asal gak mabok. Masalahnya kalau dicampur spiritus sama air kelapa, ya tewas,” ujar mantan bupati Belitung Timur ini.

Saham DKI Jakarta di PT Delta Djakarta sebesar 26,25% atau setara 4,2 juta lembar saham. Kepemilikan DKI, melalui dua nama yaitu Municipal of Goverment of Jakarta sebanyak 3,7 juta lembar dan 467 ribu lembar oleh BP. IMP Jaya. Pada 2012, Delta Jakarta memperoleh laba bersih perseroaan sebesar Rp 208 miliar. Dari hasil rapat umum pemegang saham (RUPS), Pemprov DKI mengantongi laba sebesar Rp 47,84 miliar. Selain dimiliki DKI Jakarta, saham Delta Jakarta juga dimiliki publik sebesar 2,4 juta lembar saham (15,42%). Sementara saham mayoritas dimiliki San Miguel Malaysia (L) Private Limited sebesar 9,3 juta lembar atau 58,33% (*/Zak/gatra)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (57 votes, average: 5,35 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Ahmad Zahiruddin

    begitulah kalo yang berbicara bukan Muslim..

    • ID-10t

      dan beginilah kalo orang fanatik tidak menerima indonesia yang banyak agama..

      • ferdinand tongga

        nah, kalo orang muslim mendukung adanya bir…apa itu namanya…kalo Allah sudah mengatakan Haram trus dia bilang halal…apa itu namanya…dan anda itu yang mana???

        • ID-10t

          ko anda goblok banget ya? haha
          logikanya gini, kalo SEANDAINYA agama saya tidak melarang bir, ya mau kata Tuhan lu haram atau apapun ya itu urusan lu sama agama + tuhan lu. ga ada hak larang2 agama / ajaran orang lain. peduli apa gua sama tuhan lu? mau larang jg ga peduli orang gw percaya sama ajaran + Tuhan gw. bukan tuhan situ.

          • Suhada

            Emang anda paham dengan ajaran agama anda,.?

      • limadaya

        Klw beragama tdk fanatik maka jadinya kayak anda, antara yg haq (benar) dan batil (salah) dicampur-2. Tdk menerima indonesia byk agama? Agama apapun ad perintah dan larangan, dan sy yakin agama anda jg melarang miras ini. Tp umatnya saja yg msh ngeyel, dah tau larangan msh dilanggar, dan perintah gak dilakuin (utk taat).

        • ID-10t

          apa IQ situ ga cukup buat nangkep antara komen si ahmad dan komen saya? ahok pribadi yg tdk melarang BIR, bukan agamanya.
          mau muslim atau non muslim, kalo pribadinya jelek ya ga akan mengikuti ajaran agamanya. kalo si ahok muslim, terus pemikirannya tetap sama ( BIR bukan miras ) . ente mau bela orang yang bilang “begini kalo muslim yang bicara”. alias ente membela agama lain dan menyalahkan muslim? IQ please.

          • limadaya

            membela agama lain dan menyalahkan muslim? Tp sdh lah daripada debat. Singkatnya jawaban anda, cara mengomentari (reply) komentator yg lain, kelihatan (anda) karakter yg emosional.

          • Anon

            Mungkin anda terlalu pintar logikanya :D

            Tapi yang pasti semua agama melarang, kalo ahok bilang begitu ya berarti ahok nya aja yang gak bener. Duh bahaya kalo pemimpin gak bener -_-

      • Suhada

        emang Agama mana yang membolehkan minuman beralkohol?

    • ad

      Sekarang tergantung manusianya masing2 kalo menurut saya
      klo emank muslim mengharamkan minum miras yah seharusnya tidak minum donk
      klo ada yang minum juga berarti manusianya yang gk beres
      bener tak??
      personal lah ceritanya klo begini

  • Budi Seto

    Kalo prinsip miras itu yang bikin mabok, maka minum cendol 2 gentong juga mabok. berarti cendol juga miras ya pa wagub ????

    • regitri

      ente minum air 2 gentong juga mabok , berarti air juga miras ya pak budi ?

      • Budi Seto

        harus dibedakan antara yang memabukkan (hilang akal), dengan mabuk (muntah). minum cendol atau air putih 2 gentong pasti bikin muntah atau orang kampung bilang mabok air / mabok cendol, tapi tidak membuat hilang akal sehingga tidak haram. kalau Khamr (bir, wine, champagne, dll) dapat membuat hilang akal sehingga diharamkan, nah… kalo yg diharamkan macem khamr, sedikitnya pun tetap haram.

        • nurmala

          good (y)

    • Widia Kusuma

      Tape juga ada alkoholnya.. haram dong Pak.
      Alkohol untuk keperluan medis haram juga dong Pak.
      Intinya semua Alkohol haram, begitu?

      • nurmala

        emang ada yang mabok tape apa?! :-)

      • Kaito Pien

        Alkohol mutlak haram dikonsumsi bagi muslim…
        Tapi alkohol itu tidak najis,,
        jadi boleh untuk pemakaian luar tubuh…

        Kalo semacam ada sirup/obat yg didalamnya trdapat plarut alkohol maka tidak boleh digunakan oleh muslim…
        kan masih ada obat yg lain yg sama khasiatnya…

    • nurmala

      hahaha…biasa mas… NKRI

    • Kaito Pien

      Itu bukan mabuk mas…
      Tapi kekenyangan haha

  • Anggie Ahmad

    “Itu kan bukan miras (minuman keras), tapi kan bir. Ya tergantung berapa persen alkoholnya dong, kalau bir masih okelah,”
    TAPI KALO MINUMNYA BANYAK BIKIN SEDENG JUGA BRUR, daksar PAUL :P
    non muslim juga paham

    • Widia Kusuma

      Trus yang salah bir nya? Lah yang suruh minum banyak siapa? Cara berpikirnya gimana sih mas? Minum minuman bersoda juga kalau terlalu banyak bisa bikin mati mas…. Non muslim lagiii… ya elah, doktrinnya udah parah nih!

    • ID-10t

      minum air putih kebanyakan aja ada yang mokad..ah IQ jongkok

  • Yus Ta Nur

    kwkwkw ..cilaka kalau sudah begini , astong

    • nurmala

      haha…

  • Luluk Farida Fatah

    y bginilah bila pemimpin bukan muslim, paling g hrs bertanya dulu ke ulama sbg pemimpin umat terbesar d Ind, jgn spt skrg bir ada d mana mana dan msk kampung ( indomaret dan alfa mart kampung ). nasib bangsa hrs dipikirkan g melulu mikir PAD

    • nurmala

      bangsa mabok,… boleh juga nih… bangsa hilang akal

  • re_zall

    wah ini saya nga setuju dengan anda baru ini bos ahok,….bir ataupun miras itu tidak baik untuk kesehatan……..yang tidak baik itu dilarang oleh agama kami.. sama tolong tertibkan seperti tempat2 hiburan malam yang bugil2 itu

    • nurmala

      kamu milih ahok ya?!

  • Hamba Allah

    Ahok kan beragama kristen.. Bir minurut kristen halal… ya dia itu memperujuangkan agamanya.. makanya, salah sendiri memilih pemimpn non muslim.

    • Widia Kusuma

      Harusnya dibuat fatwa haram juga untuk makan tape singkong dan makan tape ketan. Karena makanan itu juga mengandung alkohol.

      Pemimpin yang muslim aja banyak yang ga beres kerjanya. Kog bawa-bawa agama, lihat cara dia memimpin jangan agamanya. Waktu si kumis jadi gubernur masalah Jakarta Segunung. Liat perubahannya sekarang sejak Jokowi dan Ahook memimpin, banyak perubahan positif.

      Kamu jangan sebut-sebut soal Agama seseorang lah. Jangan merasa lebih suci dari orang yang beragama lain. Lakukan saja hal yang baik, jangan menjelek-jelekkan orang lain, itu saja udah cukup

      • Hamba Allah

        Tidak perlu ada fatwa2x an.. semua muslim juga sudah tahu dan yakin bahwa semua yang memabukkan apapun ia, dibaut dari apapun ia,, maka hukumnya haram…. untuk muslim saja… adapun untuk kristen, hindu, budha.. muslim tidak ngurus..yang jelas tidak minum di depan umum atau menjuan untuk muslim.

        Siapa yang merasa lebih suci? jangan suka menuduh2x orang dong..santai aja… setiap orang punya agama.. dan setiap orang memperjuangkan agamanya. Sampai berbusa pun mulut anda mengingkarinya, maka itu tetap tidak bisa di pungkiri..

        dan saya tidak menyalahkan ahok ketika mengambil keputusan itu.. karena ia berhak melakukan itu sebagai pemimpin. dan itu tidak bertentangan dengan agamanya.. Yang saya salahkan adalah orang-orang yang mengangkat dia… yang beragama islam.. saya mendukung program yang baik..tapi tidak menabrak garis merah agama…kalau berani nabrak, berarti siap tabrak.

        banyak melakukan hal positif bukan berarti setelah itu ia berhak untuk melakukan hal-hal terlarang…. cari pemasukan lain… rakyat perlu dipintarkan, bukan di buat mabuk…hilang akal..

      • ferdinand tongga

        ini orang udah gila kali yah….lihat pemimpin dari kerjanya….woi bukan cuma itu…..lo anak buah aceng kali yah…itu aceng nikah ama anak – anak, lo komentar gak…kalo lo sesuai ama tulisan lo…lo gak akan peduli, yang penting menurut lo adalah kerjanya aceng bagus…plaun nih anak

      • nurmala

        seumur-umur ane belum ketemu… ada mabok tape
        mabok bir ………………. oh itu buanyaaaaaaak

    • kampret malam

      banyak betul cakap mu jembut,,,,

  • nirga

    mau komen apa kalo kaya gini ya

  • binar

    Beras udah jadi nasi, jangan biarkan nasi menjadi bubur. Jangan terperosok 2 kali, jangan salah pilih lagi.

    • argo

      tinggal makan dongse bang.. wkwkwk

    • Widia Kusuma

      Lu kan milih si kumis dulu… gaya-gayaan aja lu

  • tomy

    g etis kayaknya klo mnyalahkan dgn kata “non muslim”, sbagai mayoritas sharusnya kt bisa membentengi diri kita dan smuanya dgn sikap n kata2 yg lbh baik, memberikan saran yg membangun kepada Ahok itu jauh lebih baik dr pada kata “non muslim”

  • argo

    oalah-alah… bir itu ga masalah asal kadar alkoholnya ga tinggi. sesuatu yang berlebihan kan ga baik. jadi kalo minum bir jangan berlebihan. gitu aja ko repott.. lagian juga itu judul beritanya seolah-olah menyudutkan orang bae… hmmmsss….

  • bayu ariff

    ah…lucu ada klo ahok ngomong kaya gitu.anggap aja pelawak

  • Asha Lunar

    yg namanya mengandung alkohol, tetap aja haram.. biarpun cuma sedikiiiiiiiiiiiitt…

    • ID-10t

      itu menurut agamamu, dan ini negara indonesia yang bukan negara islam..

  • tepok jidat

    Ketika Uang telah menjadi Tuhan,….

    • kampret malam

      banyak betul cakap mu jembut….

    • ID-10t

      ketika otak telah menjadi aksesoris

  • Ahmed Rusadi

    Berarti tape ketan dan tape singkong haram donk, kan lumayan juga tuh kandungan alkoholnya

    • regitri

      itu kalau udah fermentasi terlalu lama , cerdas dikit dong mas !

      • Widia Kusuma

        Anda dong yang perlu cerdas sedikit! Ahmed bener, kalau emang masalahnya adalah alkohol, tape juga ada alkoholnya. Kalau udah jadi tape ya udah beralkohol, sekolahnya dulu di mana?

        • Kaito Pien

          Saya alumnus fakultas farmasi mau berbagi sdikit ilmu :

          Tape yang kita makan memang mengandung “gugus alkohol (-OH)”…
          tapi bukan alkohol yg memabukkan itu…
          Dan mmang blm ada bukti klo tape memabukkan..
          adanya nanti klo kbnyakan bakal mengalami masalah pada saluran pencernaan..
          Tapi klo air tapenya dibiarkan dan disegaja dijadikan tuak maka akan memabukkan..
          hal ini dikarenakan proses fermentasi yg terus menerus…
          Coba baca dulu deh ttg fermentasi?
          Kalo anda berpendidikan pasti anda akan paham…

  • merakyat_donk

    waduh… salah pilih nih…. aye…. :(

    • kampret malam

      banyak betul cakap mu jembut

      • merakyat_donk

        Memang perkataan lo dan namanya spt orangnya
        Powered by Telkomsel BlackBerry®

  • Aulia Rahman

    JAkarta di bangun dengan Uang haram, Uang hasil penjualan minuman khamar dan pajak-pajak dari seluruh daerah propinsi di indonesia ditambahlagi Penjarahan kekayaan alam propinsimnya yang dijaarah berdasarkan kedok UU Bumi Udara dan air adalah milik pemerintah dan di pergunakan untuk kepentingan rakyat, Sangat jelas kesenggangan yang terjadi, Rakyat jelata yaitu fakir miskin, anak yatim,petani, nelayan, pedagang, Buruh, mereka semua masih terlunta-lunta di daerah nya masing-masing. sementara pegawainegeri, aparaturnegara, dewan dan majelis negara, dan ulama negara, ber foya-foya dari hasil jarahan dan pajak tadi, siapa-siapa pengusaha yang dekat dan menguntungkan dengan negara akan mendapat beking dari negra, seperti ahok ini yng sedang membeking pelegalan minuman khamar, tak perduli halal atau haram yang penting menguntungkan negara……

    • Widia Kusuma

      Begini nih orang sok tau…. makanya baca, liat berita. hadeeeh ada aja orang yang begini.

      • ajib hajianto

        bagian mana nya ya yang sok tahu?

  • Aristokrat

    kayaknya si ahok doyan juga BIR…

  • RISOL

    beginilah kalo pemimpin di pegang sama non muslim

    • regitri

      lah yang pemimpin kan jokowi -_- dia muslim ,ahok cuman wakil bung , bodoh !

    • Widia Kusuma

      Selamat, Anda pemenang Komentar TERBODOH untuk artikel ini :-)

    • Darma Wanju

      Selamat u/ Risol. Komentar paling bego. Pemimpin kok dilihat dari agama, harusnya dari sifat dan jiwa kepemimpinannya.

  • dehasapan

    apa bedanya minuman ber alkohol 1% s.d 50%? terus berapa persen batasan alkohol yg tidak kategori minuman keras…, pak ahok pahamkan mayoritas kecenderungan orang setelah minum minuman berAlkohol….kali ini saya tidak setuju dengan pak Ahok

    • Widia Kusuma

      Tape juga ada alkoholnya, HARAM juga dong.

      • ferdinand tongga

        ini orang pendukung ahok habis…gak pernah baca quran..udah merasa pintar….

  • Fajar Anggraeni

    itu kan menurut agama kepercayaan Ahok, LAIN DENGAN KEPERCAYAAN KITA KITA ……

  • teguh saudi

    alkohol is alkohol, korupsi is korupsi… berapapun jumlahnya tetap haram… lama2 jadi ga simpatik nih sama ahok

    • Widia Kusuma

      Trus kalau alkohol kenapa mas? Alkohol itu sering digunakan untuk keperluan medis dan lain-lain. Bahkan mungkin Anda pernah menggunakan alkohol.

      • PRO RLA

        Tinggal di Timbang2 saja lebih banyak Manfaatnya apa Mudharatnya??
        Kalau ALkohol Banyak Manfaatnya,… Why Not…
        ISLAM itu INDAH
        ILSAM itu tidak TAKLID BUTA
        ISLAM itu HARUS pake AKAL

    • nurmala

      tanggung jawab lo…bagi yang milih

  • Budonk’s Ilham

    Gilleee.. nie orang., ampe tau ke untungan nya.. 208 M.. tapi kenapa INDONESIA masih ngutang aja yaaa..

  • Joko Wow

    Beda akidah beda pemikiran…
    Bir ya bir, gpp yg penting ga mabok…
    wuaaaaalah….
    ngomong opo toh koe cuukkkkkk….
    opo koe ga diajarin ma agama mu,
    klo miras tuh haram hukumnya??
    apa agama mu ga ngajarin iki toh leeee……

  • Aditacomp Jasatokoonlen

    disini ahok tidak bicara dalam konteks agama mas . memang benar bir tidak termasuk minuman keras karena tidak melebihi standar persentase alkoholnya . itu saja kok . jika kita singgungkan dengan agama semua hal pasti bertentangan kok . tinggal kita menyikapinya saja

    • Aga Prayogie

      Kata sapa semua bertentangan kalo dihubungkan dengan agama ?
      ISLAM itu suda mengajarkan apa yg baik dan tidak kepada UMATnya !!
      Jika oleh ISLAM dilarang ya berarti itu banya’ Mudaratnya!!

      Allah lebih tau daripada situ !!

      • pemuda islam tau kok miras bir itu haram, rokok itu makruh.. kenyataaannya broe???

      • ID-10t

        anda baca dulu sebelum komentar, saya muslim dan malu melihat komentar bodoh seperti anda.. “AHOK TIDAK BICARA DALAM KONTEKS AGAMA” , kalo menurut islam jelas berapa persen pun itu haram, tapi ini negara INDONESIA, bukan negara ISLAM…
        IQ ???

  • Way Still Priax

    Itu PT Delta Djakarta dari kapan tau berdirinya mulai Bang Ali sampai Foke udah makan itu duit deviden, kenapa dimasalahin sekarang

    Sesuai hukum tertulis indonesia, Itu Benar.
    sesuai hukum agama, itu Salah.
    sayangnya di indonesia bukanlah negara yang berlandaskan hukum islam, tapi berlandaskan hukum negara yang tertulis.
    kalau hukum agama dibawa bawa, bisa menimbulkan diskriminasi bagi agama yang lain.
    tindakan ahok bagus, sebagai pemimpin negara.

    tapi bukan sebagai pemimpin agama. dia bukan ustad seperti solmed

    • Aditacomp Jasatokoonlen

      setuju bro . buat apa kita menggunjingkan hal yang tidak perlu ?

      • Guest

        tapi bahaya nih pernyataannya…sama sekali ta memperhatikan pendapat ulama dan para ahli…lama-lama dia akan bilang judi gpp kok yang penting nggak miskin…prostitusi gpp yang penting suka sama suka dan nggak hamil…gitu x YEAHH

    • Aga Prayogie

      Komentar anda sama seperti anak TK baru bisa nulis huruf “i” !!!
      Emg di INDONESIA bukan hukum ISLAM lantas anda MAU MELANGGAR apa yg di ajarkan oleh ISLAM ?? Anda menghalalkan BIR karena negara kita negara HUKUM ??

      OTAK dimana OTAK !!!??

      • Guest

        Bisnis kalau nggak didasari dengan pengetahuan ilmu agama memang bisa semaunya. Yang penting menguntungkan.

        saya setuju deh sama komentar pak aga

        tapi kenapa baru ungkit sekarang, dan kenapa rokok tidak diungkit juga, yang lebih dipermasalahkan harusnya itu rokok karena setiap tahun orang Indonesia menghabiskan biaya sekitar Rp.231 triliun untuk dan karena rokok. ini seperti membunuh bangsa sendiri

      • eris

        perlu difahami bahwa hukum agama dan hukum negara itu berbeda, hukum agam Islam diperlakukan untuk penganut agama Islam, sedangkan hukum negara diperlakukan untuk semua warga negara Indonesia. Apabila Indonesia sebagai negara Islam,maka aturannya adalah hukum Islam..tapi sayangnya negara Indonesia bukan negara Islam…jangan ributlah..saudara – saudara sebangsa.

      • Tugod Israng

        negara hukum hukum thogut

  • Aditacomp Jasatokoonlen

    ternyata banyak umat islam di indonesia yang sok islam namun tidak mendalami inti dari ajaran islam itu sendiri . tercermin dari komentar anda mas :) . mungkin inilah ciri akhir dunia banyak orang munafik yang akan merusak islam dari dalam :)

  • regitri

    bener itu ahok ini bukan konteks halal haramnya ! , baca lagi dong artikelnya dengan baik !

    dia bilang bir itu kan kadar alkhololnya sedikit bahkan ada yang tidak sama sekali bisa dibilang itu bukan miras , kita gabisa ngejudge ahok ngedukung miras beredar di indonesia ! ,

    tolong jadi muslim yang cerdas dong , emosi aja dipake bodoh sekali !

    • danang

      Indonesia ini hancur krn org2 bodoh seperti anda. Anda tidak bisa baca ya? Di paragraf pertama itu sdh menunjukkan bahwa ahok memberi dukungan pada bisnis miras yg dikelola oleh BUMD. Bir itu termasuk miras. Mabok atau tidak mabok itumah urusan sama polisi tp kalo dalam kontek agama saya yaitu Islam, bir itu jelas sekali HARAM(baca buku fatwa halal dan haram karya yusuf qardhawi,ini salah satu buku yg membahas itu). Bahlul ente…

      • Widia Kusuma

        Kalau Agama melarang kenapa banyak yang minum? Bego amat sih lu. Bir itu minuman, banyak yang suka karna rasanya bukan karna alkoholnya, lagian kadar alkoholnya rendah. Salahkan oknumnya jangan minumannya

        HandPhone juga berbahaya, radiasinya bisa bikin otak rusak. Ayo keluarkan fatwa haram untuk handphone!!!

        Pisau dapur sangat berbahaya karna tajam. Bisa menusuk dan memotong kulit manusia… SANGAT berbahaya. Ayo keluarkan fatwa haram untuk pisau!!!

        Televisi banyak menyiarkan acara ga bermutu, dan sinetron yang merusak pikiran penonton. Ayo keluarkan fatwa haram untuk TV dan sinetron!!!

        Rokok itu jelas-jelas merusak kesehatan, bikin kanker. Ayo keluarkan fatwa haram untuk rokok!!!

        Otak lu yang cetek itu memang ga bisa menelaah masalah

        OTAK mana OTAK … Otak, sini dong… nih si Danang butuh otak!!!

        • danang

          Hahaha komentar anda telah menunjukkan sekali bahwa anda tidak punya otak. Komentar stupid. Kasian negara ini. Tertinggal krn org2 yg tidak punya otak atau mungkin ada tp tidak pernah digunakan untuk hal baik ya. Kalo anda non muslim sie saya maklum tp sebaiknya anda sebagai non muslim jgn koment di situs ini deh, nanti anda banyak sakit hati. Kalo anda muslim, segeralah untuk taubat nasuha.hee…kasian kasian

          • Widia Kusuma

            Ya elah…. udah pinter ya pak? Yakin pinter? Hari gini masih bawa-bawa Agama sebagai dasar pembenaran diri. Jangan membuat Agama Islam menjadi buruk karna pikiran Anda yang dangkal.

            Jangan jadi orang munafik Pak, kalau lu berani bilang bir itu haram… lu musti berani juga bilang rokok itu juga haram. Kan sama-sama merusak!

            Sebenarnya gue yang kasian liat orang-orang kayak lu… dangkal sekali pikirannya dan juga MUNAFIK!

          • danang

            Kasian benar anda ini.sudah deh jgn ikutan urusan agama lain. Urus aja agama anda. Dikami itu jelas mana yg hak dan mana yg bathil tetapi memang ada sebagian muslim di kami yg senang mengaburkan hal yg bathil menjadi hak dan sebaliknya, itu terjadi karena kurangny pemahaman sie muslim tsb, mungkin pondasi agama kami seperti rukun Islam dan Iman aja dia lupa. Untuk rokok, fatwanya sdh jelas haram dan pemahaman saya tidak berdasarkan fatwa MUI tetapi saya maklum bagi setiap muslim yg merokok krn lepas dari ketergantungan rokok bkn hal yg mudah, asalkan sdh ada niat berhenti yg kuat, Insya Allah bisa. Sekedar info untuk anda

          • Widia Kusuma

            Saya lebih kasihan lagi melihat Anda. Selalu berlindung dan berusaha membenarkan diri di balik Agama, padahal perkataan Anda itu menyudutkan orang lain yang bertentangan dengan ajaran Agama Anda. Itu namanya MUNAFIK pak… MUNAFIK. Kalau ga tau arti MUNAFIK silahkan cari di Google.

            Saya tidak mempermasalahkan soal Agama, ras, dan siapa seseorang itu. Saya berkomentar karna ada dasar pikiran. Banyak orang mengatakan ini dan itu haram… tp yang melakukan mereka-mereka juga. Makanya saya katakan banyak orang MUNAFIK.

            Asal Anda tahu saja, Agama Anda tidak otomatis membuat Anda lebih baik dari orang lain yang berbeda Agama. Banyak orang muslim yang melakukan dosa, dan banyak orang kristen, Budha, Hindu, yang juga melakukan dosa. So… ga usah membentengi diri dengan Agama karena perkataan dan perbuatan Anda lah yang menunjukkan siapa diri Anda!!!

            Mau contoh? Banyaaaaak…. liat aja siapa koruptor yang udah terbukti bersalah, agamanya Apa? Jadi ga usah sok suci pak Danang, dengan Anda menjadi seorang muslim bukan berarti Anda lebih baik dari orang lain. Tapi pikiran, perkataan, dan tindakan yang membuat Anda

            Oh ya..

            Semua jenis tape kan mengandung alkohol Pak Danang. Alkohol juga sering digunakan untuk keperluan medis… menurut Anda semua itu haram?

          • danang

            Kalo menurut agama anda itu halal, ya sudah. Kalo menurut ajaran Islam itu haram. Siapapun muslim yg minum bir berarti berdosa. Klo mau tau banyak cri buku yg saya sebut diatas. Tidak ush ditoko buku, cari di google aja. Penulis adalah ketua persatuan ulama Islam dunia. Jgn anda mengkritik ajaran Islam dgn agama anda

          • Darma Wanju

            Jika semua orang muslim pikiran seperti Danang, maka Indonesia akan seperti Mesir, suriah dan yaman yang menjadi ajang perang saudara. Mungkin lebih parah, perang atas agama. Saran saya, lebih baik Danang jangan tinggal di Negara Pancasila seperti Indonesia, tetapi tinggal di Yaman sana.

          • tuingtuing

            udeh bro gk usah di rewes… lakumdinukumwaliyadin aj,

          • ID-10t

            ya berarti benar tidak usah menyangkut pautkan hukum meminum bir dengan agama, karena ini masalah hukum negara..

          • ID-10t

            anda jg jgn mengkritik negara dengan agama anda. lekas cerdas ya.

          • ferdinand tongga

            ya elah….ini nih kalo bukan orang muslim. nyari pengertian MUNAFIK aja di suruh k google….maaf, pengertian anda berbeda dengan kami…kami nyarinya di Alquran…..pantas…pemahaman anda jauh dari kami

          • ID-10t

            berarti saya jg boleh bilang. urus aja agama anda, jgn nentang sama peraturan negara. kalo negara ga larang, jgn mentang2 di agama situ melarang terus malah jd melarang orang lain.

            oh bararti narkoba jg di maklum ya? kan ketergantungan tuh.

      • kampret malam

        Islam kentut,,, manusia manusia MUNAFIK alias Muka Nabi Fikiran Kotor

        • ID-10t

          mungkin agamamu jg kentut bagi mereka yg tidak seagama denganmu.

      • ID-10t

        indonesia ini jg bakalan hancur sama orang bodoh seperti anda, anda sadar dan tau kalo mabok ga mabok itu urusan polisi. ko jadi bawa2 agama? mau kata agama haram, kalo kata negara engga, ente mau ngapain? agama itu pribadi, negara itu menyeluruh. bisa bedakan ga antara membicarakan halal dan haram dengan miras atau bukan miras?

  • GONDES

    BEDULLLLLL BIR BUKA MIRAS, TAPI MINUMAN BERALKOHOL, ES BATU BARU MIRASSSSSSSSSS. HAHAHAHAHAHA ..

  • Aries Munandar

    ya namanya juga ga tahu ilmunya…jadi perlu disampaikan bahwa bir adalah alkohol …alkohl itu adalah miras dan miras adalah bagian dari napza. dan itu terlarang …Islam mengatakan ” Minuman apa pun kalau banyaknya itu memabukkan, maka sedikitnya pun adalah haram” (Riwayat Ahmad, Abu Daud, Tirmizi)…..Ati2 ya klo berpendapat…..Indonesia itu mayoritas Islam jadi waspada terhadap lidah Anda…..

    • danang

      Saya sepakat dengan anda. Saya jg sangat menyayangkan masih banyak sdr2 semuslim yg mengaburkan antara yg bathil menjadi haq. Dan diforum ini mungkin yg koment tidak hanya muslim tetapi jg non muslim. Semoga Allah SWT meridhai setiap langkah anda. Amin

    • Setiadi Marwan

      Permisi pak, bisa dijelaskan memabukkan ini seperti apa ya? Soalnya setahu saya, ada orang2 yang meminum minuman bersoda seperti coc*-col*, sprit*, fant*, peps*, dan lain2, kalau kebanyakan pasti akan mabuk juga. Ada juga orang yg konsumsi air kelapa kebanyakan bisa mabuk. Kalau seperti itu, minuman bersoda dan air kelapa seperti ini pun seharusnya haram kan?

      Mabuk itu relatif pak, tergantung kondisi tubuh bisa tahan sampai berapa banyaknya.

      Di Indonesia juga, kata mabuk bisa juga dipakai untuk menyatakan orang sedang pusing mual, misalnya saat berkendara atau saat naik komedi putar/role coster.

      Mohon penjelasannya pak. Makasi.

    • ID-10t

      jangan bawa2 mayoritas, mayoritas bukan berarti semua peraturan harus mengikuti mayoritas..enak bener jadi orang..
      kalo anda bilang haram karena agama anda, mereka yang non muslim jg bisa ngomong kalo di dalam agama mereka tidak masalah…

  • Aries Munandar

    Ahok….coba anda belajar tentang Napza atau Narkotika…..klo anda tahu ilmunya pasti anda tidak akan mengatakan bahwa bir bukan miras…..banyak belajar lebih baik bagi anda….karena semakin anda tahu maka semakin anda bijak dalam bertindak dan berbicara…..

  • Taufik Hidayat

    Sahamnya kecil ? wah lebih berat tuh, jadi kepemilikan saham tsb hanya untuk bumper atas usaha miras ini. ayo cabut kepemilikan dan segera tutup pabrik miras
    Saya kenal Ahok dari media sebagai orang bersih, tapi kalo saham kecil untuk usaha miras, jadi suudzon ada hidden saham

  • vinyo

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Saya muslim, tapi saya banyak teman juga yang non muslim, mereka minum alkohol sedang saya tidak, dan saya faham mereka minum karena tidak masalah bagi mereka. Andaikan sikap saling menghormati bisa di tegakkan di negeri ini, saya yakin indonesia bisa damai tanpa kekerasan. kalo kita terus merasa paling “benar sendiri” dan terlalu “fanatik”, maukah kita seperti negara2 timur tengah yang hancur karena ego masing2 merasa paling benar, dan alhasil dengan mudahnya mereka di adu domba. .
    Saya pro hukum islam ko, tapi kalo mau maksa hukum islam di indonesia, saya sarankan lebih baik anda pindah saja ke Malaysia atau Brunei.
    atau pindah saja ke negara2 timur tengah yang sedang kacau karena faktor diatas, jihad, perang dan bantu saudara kita disana, menurut saya itu lebih baik dan bermanfaat.
    Tapi jangan juga terkejut, di negara2 islam tersebut pun bisa dengan mudahnya kita dapati tempat2 bebas, seperti tempat pelacuran ataupun klub malam.
    Wassalam.

    • Sony

      Masalahnya bukan itu, lebih dari 50% akibat kecelakaan, kejahatan, kematian anakmuda, pemerkosaan, di Jakarta adalah diakibatkan karena Miras. jadi bukan karena halal dan haramnya….sudah jelas jelas penyebabnya mIras, kenapa pemda punya saham di pabriknya ? demikian..

    • Bahtiar

      Wa’alaikum salam wr.wb., kita bukan mempermasalahkan negara kita menggunakan hukum Islam atau tidak, fanatik atau tidak, benar sendiri atau “benar bersama-sama”atau tidak, tetapi kalau yang non muslim diperbolehkan menjalankan “syariat” mereka, kenapa orang yang Muslim tidak boleh menjalankan syariatnya (salah satunya adalah amar ma’ruf nahi munkar), dalam Islam jelas bir termasuk miras, itu sebabnya seorang Musim boleh melarang Muslim lain untuk meminumya (terserah orang itu mau dilarang atau tidak karena begitulah bunyinya di Al Qur’an), kalimat anda mengatakan “saya Muslim”, tetapi kalimat lain mengatakan “Saya pro hukum Islam ko” itu sudah bertentangan karena yang pro hukum Islam adalah non Muslim. Kalau sesorang mengaku Muslim yang benar, sudah pasti dia menjalankan hukum Islam, bukan pro hukum Islam. Demikian

      • ID-10t

        kenapa anda bilang “kenapa orang yang Muslim tidak boleh menjalankan syariatnya” , itu mah urusan anda..kalo anda mau menjalankan ya tinggalkan bir..itu mudah..kalo misalkan bir diharamkan berarti non muslim boleh jg berkata “kenapa orang yang Non Muslim tidak boleh menjalankan syariatnya”..

        • Bahtiar

          Hahahaha, berarti anda tidak pernah mencermati arti syariat dalam Islam walaupun mengaku muslim, lihat saja saat mau foto ijazah atau KTP, banyak sekali teman2 muslimah yang mengaku suruh membuka jilbabnya saat mau berfoto, kalau nggak dibuka tidak difoto, apa itu maksudnya ? Syariat Islam itu bukan cuma miras bro….. Ooh ceritanya anda sedang membela teman anda sesama pemalsu akidah ya….?

  • Aziza Nur

    Mungkin ahok lg mabok jg ngomongx seenak jidat.. :D

    • ID-10t

      mungkin anda jg lagi mabok komentar seenak jidat

    • danang

      Ada org idiot sambil mabok mba. Cuekin aja dah.hehehehe

  • Kuma aing

    Pernyataan Sesat menyesatkan lain soal mabok teu mabok koplok, nu ngarana Khamr mah dek saeutik dek Loba tetep HARAM. Tah kitu ari milih jelema semplak teh

    • ID-10t

      maneh nu sesat koplok, ceuk agama sia we haram teh..mun hayang peraturan nu sesuai jeung ISLAM, pindah ka arab naek onta goblog..ieu negara indonesia lain negara islam..

      • Kuma aing

        ah jelema bunglon …. kaditu kadieu beda komentar … ngaku kadieu saya Muslim di komentar lain beda deui .. Munafik !!!

        • iqbal

          heu euhh, bener goblog siamah, munafik

        • ID-10t

          emang aing ngaku muslim, nu salahna dimana? nu munafik dimana? jadi lamun aing muslim aing kudu ngajalankeun hukum islam di negara indonesia? sia pernah ngalakukeun dosa? dihukum make aturan agama atawa negara? mun ayeuna sia make keneh + ngajalankeun aturan negara berarti sia nu munafik.
          tulisan aing nu salah dimana? nu bunglon dimana? emang aing muslim nu era ku pamikiran tolol samodel sia. sia nu munafik mah, sakirana eta aturan teu sajalan jeung sia nya kaluar ti indonesia. bisi ngaganggu kana akidah sia nu labil.

  • Ochid

    Sontoloyoyg itu ucapan tak berakar

  • Nazromi Ahmad

    ahok tuh tipikal org yg taat & tau aturan hukum negara, klo hkumnya gda yg bertentangan,dia pasti jalanin, meskipun bertentangan dengan norma agama, pertanyaannya adalah, kemana pejabat yang mayoritas muslim waktu rapat pmbuatan payung hukum, tidur? klo ga tidur, kenapa pada sepakat dengan peraturan kaya gini … think again,

    klo peraturan negara menyatakan MINUMAN BERALKOHOL itu TIDAK BOLEH DIPERJUALBELIKAN DI INDONESIA, saya yakin, ahok jg ga bakal ngizinin itu BUMD jadi distributor minuman beralkohol

  • Darma Wanju

    Sepertinya website ini dijadikan ajang u/ mengkerdirkan pemimpin non muslim. Walaupun pemimpin tersebut baik, tetapi dicari kesalahan2 dan disebarluaskan melalui media. Harusnya website ini bisa dipakai untuk mensupport pemimpin yg bersih.

    • danang

      Kami tidak kritik ahok dalam kontek pemimpin yg bersih pak. Coba baca dunk judul artikelnya. Pernyatan tsb menyinggung kami umat Islam. Di kami itu sdh jelas tentang keharaman bir. Hanya muslim sesat saja yg menyatkan bir itu halal. Kalo menurut agama anda bir itu halal ya sudah, itu urusan anda. Web site ini dibangun sbgai syiar dalam ajaran Islam, bukan ajaran pancasila jd wajarlah setiap pandangannya menggunakan sumber2 Islam. Anda cari web site pancasila saja

      • Tjatur S Pramono

        Ajang permusuhan. Itu kata yg tepat.

    • Bahtiar

      Tolong jangan kerdilkan pak Ahok mas, beliau cuma belum tahu, itu sebabnya dalam Islam ada istilah amar ma’ruf nahi munkar (menyerukan hal yang baik dan melarang yang kurang baik), menyerukan yang baik kepada seseorang bisa dengan cara seperti ini untuk mengingatkan, kalau cara berpikir kita seperti yang anda tuliskan, berarti keberadaan polisi juga seharusnya dipertanyakan, karena sama saja berprasangka negatif kepada semua orang. Tulisan di website ini ada karena beliau pejabat publik yang bertanggung jawab terhadap semua elemen yang ada di bawahnya dan secara kebetulan menyangkut terhadap hak asasi beragama dari mayoritas masyarakat Indonesia bahkan dunia, bukan hanya Jakarta. Miras jelaslah hal yang kurang baik, bir pun demikian, kita bukan hidup di negara Islam. tapi kita juga bukan hidup di negara Kristen, Hindu, Budha atau kepercayaan terhadap Tuhan YME, Hormatilah agama lain, itu intinya, yang Islam menghormati Kristen, demikian pun sebaliknya, yang Budha dengan Hindu juga saling menghormati, tapi jangan sampai mencampuri apalagi merubah-rubah peraturan yang sudah menjadi peraturan inti dari agama lain, itu maksudnya, Islam jelas2 melarang minuman yang disebut bir, silahkan tanya penganut Islam seluruh dunia, kalau seorang Ahok mengatakan demikian, pasti beliau belum tahu itu, kalau memang anda tidak ingin mengkerdilkan beliau, tolong beritahu ke beliau tentang ini, kemudian tolong admin hapus percakapan2 tak berguna di bawah kita ini yang intinya sebenarnya ingin mengadu domba antara sesama orang Indonesia yang dari dahulu memang sudah berbeda kepercayaannya tapi tetap masih bisa bersatu

      • danang

        Komentar bapak mantap dan dalem. Top deh

  • awang rs

    Hai para pejuang kekufuran……….jgn banyak berdalih, karena makar kalian adlh lemah. Sdh jelas2 si Ahok itu menantang ketentuan agama (Alkhamr : faqoliluhu haramun…..hadits = minuman beralkohol : sdikitnya saja sdh haram, apalgio banyaknya). Zaman ali sadikin membangun jakarta dg dana judi & prostitusi karena saat itu ga ada lagi cara pengumpulan dana dan perekonomian jakarta bahkan negara (saat itu) belum mungkin, tapi sekarang sdh banyak dana hantu yg ga bertuan. Jd jgn beralasan utk membangun jakarta ini dengan dana2 haram spt Judi, Prostitusi, Minuman dll. Jangan mengusik macan yg lagi tidur dong…………AHOK. siapapun yg membenarkan pernyataan ahok, mereka adlh hizbusy-syaithan. MUI dimanakah KAU?????

    • ID-10t

      gini kalo orang fanatik menyangkut pautkan hukum negara dengan hukum agama..
      kalo anda mau hukum sesuai islam, sana pindah ke arab…ini INDONESIA, bukan cuma orang muslim doang yang tinggal disini..

      • danang

        Nah loe, kalo mau mabok2an ke barat aja sono. Ngapain di Indonesia. Ngerusak identitas bangsa aja

        • ID-10t

          siapa yang mau mabok2an? kenapa harus ke barat kalo di indonesia ga di larang? ko ente goblok banget ya? wkwkwk

  • dehasapan

    tetap untuk minuman beralkohol jangan di legalkan lah pak di tempat umum, baik me-komsumsi maupun penjualannya…. silahkan aja kalo mau minum sendiri (kelompok)atau di tempat tertentu jangan sampai menimbulkan kegaduhan..baik tindakan maupun suara di masyarakat….terlebih jika itu para pejabat pemda DKI… siap2 aja tak usir si ahok dari benhil maupun di manggar belitung timur.

  • deni

    Ane orang muslim pak bos. Ane tau pernyataan pak ahok itu salah. Hal
    ini dikarenakan dia non muslim jadi gak begitu tau yang mana yang halal
    dan yang haram. Tapi ane kurang suka aja, mentang2 non muslim slalu
    dipojoki dan dicari terus kesalahannya. Seharusnya kita mendoakan supaya
    beliau diberi Hidayah bukan untuk dipojokkan yg menyebabkan sesorang
    benci sm beliau. Ane jg tau, kalau milih pemimpin diWAJIBkan memilih
    yang muslim sebagai pemimpin. Tapi di Negara kita tercinta ini, banyak
    pemimpin yang berkedok Ahli Agama tapi setelah jd pemimpin bla bla bla
    (Ex. Mentri Agama terdahulu). Saya prihatin melihat semua ini. Kalau
    boleh jujur, walaupun ahok non muslim beliau lebih baik memimpin
    daripada mereka.

    STOP diskriminasi, Untuk Indonesia Lebih BAik !!!

    • lolobims

      coba ada lebih banyak rakyat indonesia yang berpikiran seperti anda.. mungkin indonesia akan jauh lebih baik

  • angel

    terserah org mau bilang apa, kami tetap mendukungmu pak, maju terus JBU

    • ferdinand tongga

      dari namanya…mulai berpikir, ini agamanya apa yah??

  • Nana S

    Bir juga klo mengandung Alkohol Haram hukumnya jadi jangan di legalkan pak…………….

    • ID-10t

      itukan menurut agamamu…

      • ahmad

        mas ID-10trilyun kalau yang di otaknya duit ya gitu mikirnya gak mikirin akaibatnya yang bisa bikin moral bejat

        • Kuma aing

          Lihat tuh komentar si ID-10t ngaku Muslim disini, kadang muslim, kadang non muslim… ANEH …

          • Rifai

            Wah berarti si ID-10t bener2 idiot yang bang Kuma aing, agama sendiri aja bingung, mau ngaku islam apa bukan bingung kaciannn deh luh…. ID-10t. betul2 idiot 100 persen. jangan2 nulis komen sambil nyekel botol bir nih orang jadi mabok trus bingung nginget2 agamanya apa.

    • danang

      Maklum aja mba. Tuh namanya aja idiot, pantes otaknya cetek. Kebanyakan minum bir tuh

    • Edwin

      Terus gimana dong dengan tape ketan…..itu juga beralkohol. Kok malah jadi sajian di Hari raya.

      • Rifai

        Makanya masuk Islam biar kenal ajarannya (paling tidak anda pelajari dan bandingkan dengan agama anda dengan hati yang dingin), biar tahu kenapa Tape Ketan Halal bir haram, Nabi Isa (yang anda anggap Yesus, Tuhan) sebenarnya telah mengabarkan kedatangan nabi Muhammad SAW untuk penutup para nabi dan rahmatan lil alamin artinya nabi untuk seluruh ummat manusia. Tapi golongan kalian wahai ahli kitab sombong dan keras hati seperti yahudi sehingga nggak mau menerima kebenaran bahkan kebenaran yang disampaikan dari nabi mu sendiri Isa Al masih AS. Tahun kenapa yahudi nggak mengakui Nabi Muhammad?? karena berasal bukan dari ras/suku bangsanya, mereka berharap Nabi terakhir berasal dari bani Israel alias Yahudi,,, tapi Allah Maha Tahu kebobrokan Yahudi (walaupun Allah memberikan karunia mereka dengan kecerdasan di atas rata2 umat yg lain tapi mereka kufur) yang suka membunuhi para nabi sehingga Allah SWT menurunkan nabi terakhir dari bangsa Arab untuk membungkam kesombongan Yahudi/Bani Israel tersebut.

        • Edwin

          Loh kok anda langsung menuduh saya Kristen hanya karena saya mengingatkan bahwa tape ketan juga beralkohol.

          Tadi ada yang bilang walaupun 1% maka haram hukumnya.

          Coba saja bawa tape ketan ke Arab sana dan kasih tahu itu ada kandungan alkoholnya, mereka pasti akan bilang itu khamar…dan HARAM JADAH!”

          Nih baca:

          http://www(dot)jpnn(dot)com/read/2013/01/14/154268/Tape-Ketan-Sulit-Tembus-MUI-

          MUI Jabar menyatakan tape tidak halal.

          Anda itu contoh orang yang memutarbalikan fakta demi tujuannya. Inilah sifat yang sering membuat fatwa berdasarkan orderan.

          Tahu ga berapa kadar alkohol Bir? di setiap botol selalu tertulis. Bir Bintar kadar alkoholnya cuma 5%.

          Tahu berapa kadar alkohol tape ketan?

          http://forum(dot)detik(dot)com/kaget-ternyata-tape-tapai-mengandung-alkohol-cukup-tinggi-t591731.html

          Bisa mencapai 10% bung….!

          Tape itu didiamin (fermentasi) 1 hari aja sudah mencapai di atas 1.7%, padahal orang selalu melakukannya lebih dari 2 hari.

          Makan tape ketan dalam jumlah kecil memang tidak memabukan, sama denga minum bir dalam jumlah wajar tidak ada ayng mabuk. Tapi keduanya jiak dikonsumsi berlebihan…YA MABOK lah….hahhaha

          • Rifai

            Insert link ke koment aja nggak becus ngomentari halal haram mas..mas.. Link apaan tuh. Dah Cuci kaki sana tidur..

          • rifai

            http://www.konsultasisyariah.c… , http://www.konsultasisyariah.c…, Hedeww tanpa jelas kebodohannya nih orang link gak jelas dijadikan pegangan

          • Edwin

            Jadew….orang yang lebih bodoh. Tahu ga jpnn itu Jawa Pos Network. Lah ente mau bilang Jawa Pos (koran terbesar di Jawa) sebagai link ga jelas gitu…?

            Nah sekarang kalau ente ngaku orang pintar, coba jelasin apa bedanya Sake (Jepang) dengan Tape Ketan (Indonesia) dari segi pembuatan.

            Mau tahu jawabannya…—-> SAMA dan SEBANGUN.

            Bahan dasarnya SAMA dari beras. Prosesnya SAMA yakni dengan cara fermentasi yang didiamkan beberapa hari.

            Hasilnya SAMA yakni cairan mengandung alkohol dengan kadar tinggi.

            Perbedaannya hanyalah yang satu di Jepang, sedang yang satu lagi di Indonesia.

            Tapi kenapa sake dianggap haram tapi tape ketan ga?, hayo….

            Coba lu bawa tuh tape ketan ke ulama Arab sono…pasti mereka juga bilang itu haram. Kita aja yang di Indonesia karena sudah kepalang menikmati maka membuat dalih itu bukan khamer.

      • Budi Seto

        coba baca KUTIPAN KEPUTUSAN FATWA MUI NO 4/2003 TENTANG PEDOMAN FATWA
        PRODUK HALAL. Sialhkan berguru ke MUI dan bertanya mengapa tape halal, dan juga pahami tentang Fiqh
        kontemporer. Semoga anda mendapat Hidayah dari Allah SWT.

  • Fierman Much

    tolong ya di baca dengan benar… AHOK bilang minum bir gak masalah, karena gak bakalan mabok juga kok.. BUKAN bilang minum bir halal… CERDAS dikit kali brooo kalo baca… ini jg yang ngangkat kesini sengaja banget mo mancing2 masalah…

    • muhammad

      permisi,mhon maaf sebelumnya….mau bilang ga salah minum bir, ga masalah minum bir ato halal minum bir,,, yang jelas pernyataan seperti itu sedikit tidak menyinggung perasaan kita sebagai muslim (mas fierman much muslim kan?!). Jgn krn yg ngomong AHOK mas fierman much ga masalahin omongan itu.coba kalo bapaknya mas fierman much sendiri ato org yg gak terkenal lah, menyatakan spt itu,gimana tanggapannya??? mungkin mas fierman much mencaci maki orang itu…

      • Fierman Much

        lho, makanya gw bilang… posisiin dong cara pandangnya ahok saat ngomong. dia ngomongkan sebagai pejabat publik yang menaungi semua agama, bukan hanya islam. dan dia ngomong bukan di pondok pesantren atau untuk kalangan umat muslim saja. dan dia ngomong konteksnya bukan soal halal haram…

        kalo besok2 dia ngomong gak masalah babi di jual di supermarket, apa pada mau protes juga?

        yuklah… kita ini jangan mau gampang di provokasi… perlu di inget lagi… dari jaman dahulu kalaaa… kita itu terkenal gampang di pecah belah dengan cara2 provokasi macem ini…

        • danang

          Nah itu dia, sebagai pejabat publik hrsnya dia ngerti dunk bahwa warga jakarta tuh mayoritas muslim. Di Islam bir itu haram. Hrsnya tuh wagub anda hrs belajar menghargai agama lain. Lah ente kalo mau mabok2an ke barat aja sono. Ngapain di Indonesia. Memangny kemerdekaan negara ini diperjuangkan oleh org2 mabok. Bahlul bahlul

          • Fierman Much

            kalo lu ngomongnya gitu sama aja, gw bilang gini… :

            kalo lu gak mau liat orang mabok2an… sono aja lu ke arab… yang emang negara islam…

            INDONESIA bukan negara islam bung… indonesia juga bukan negara dengan adat ketimur2an.. (baca timur tengah). Indonesia ya indonesia… dengan segala kemajemukannya…

            gw dah gak pernah minum alkohol, cuman ya hargai juga dong orang lain yang di agamanya di perbolehkan minum alkohol. dan lagi2… baca konteksnya… apa sih yang diomongin dia? ini dia ngebahas soal BUMD yang punya saham di perusahaan yang bergerah di bidang minuman yang mengandung alkohol, dalam hal ini bir, bukan nyuruh orang minum bir…

          • Fierman Much

            dah… last komen disini…

            lakum dinukum waliyadin mas broooo…. :)

          • Putra

            sudah.. lah.. sudah, sesama saudara jgn terlalu banyak bertengkar… yg penting kita sama2 berlomba-lomba dalam hal kebaikan, bisa saja kita semua salah dan bisa saja kita semua benar, yg menilai adalah Alloh SWT. salam damai saudara2 ku… karena Islam itu damai.

          • danang

            Innalilahi. Ternyata anda muslim. Ada masalah yg sangat berat dgn aqidah anda tuh. Jgn2 rukun Islam dan rukun Iman aja anda sudah lupa. Belajar lah Islam di tempat yg benar dan jgn pernah terputus dalam mendalami agama ini. Shalat aja mungkin msh pada bolong anda ini tp berani sekali komentar dalam hal fiqh Islam. Taubat lah dgn segera

          • Alif

            Omongan lu ini yg lu pertanggungjawaban nanti diakhirat.

            “gak masalah” = memperbolehkan.. Emang gak menghalalkan tapi jadinya memperbolehkan.. sedangkan di Islam pun jelas, “sedikit saja pun itu haram” alias tidak diperbolehkan.

            lebih dari 70% akibat kecelakaan, kejahatan, kematian anakmuda, pemerkosaan, di Jakarta adalah diakibatkan karena Miras. jadi bukan karena halal dan haramnya. kalau bir diperbolehkan pasti banyak anak2 muda yg kehidupannya krg beruntung dan krg pehaman, krg bimbingan dsb mengkonsumsi bir, setelah konsumsi bir lu bisa ngejamin kalo mereka gabakalan nyoba yg lebih lagi? mereka2 ini yg bakalan jadi penerus bangsa kalau dari zamannya mereka udh mengkonsumsi yg begini. rusak kedepannya!

            kalo memberikan opini difikir dulu boy kedepannya. Ga semua pemikiran anak2 muda zaman skrg seperti pemikiran lu yg katanya cerdas

          • danang

            Yg ini mantap nie. Top

          • Pepi

            ya beginilah kalau kita punya pemimpin non Muslim…

          • Guest

            Mas Alif…. setuju sekali dengan comment anda…..
            ini yang harus diwaspadai…, secara perlahan akidah kita dirusak dari segala sisi….
            Ahok harus bertanggung jawab dengan statementnya….. harus pertimbangkan kembali opini yg menyatakan Jokowi RI 1…. Ahok pegang Jakarta…? Orang begini yg akan pegang jakarta kedepan…??? Waspada Muslim…!!!!!

          • bill nhuda

            Ma’af …..memang Indonesia bukan negara Islam… tetapi anda harus tau Indonesia itu mayoritas Islam, setidak-tidaknya harus ada rasa untuk menghormatinya……., sebagai satu contoh ; ada satu Rumah Keluarga yang didalamnya semua bersaudara, kemudian datang anda yang bukan keluarga dan bukan pula saudara…., apakah anda bisa berbuat sesuai dengan keinginan anda dan semau anda di Rumah Keluarga tersebut…?, dan bagaimana pula bila itu terjadi seperti hal ini di Keluarga anda…..?. Yang jelas apabila di Izinkan dan disetujui pengembangan dari Perusahaan yang bergerak di bidang minuman berAlkohol…..itu pasti akan berdampak pada meningkatnya Kriminalitas diNegeri ini. Mari kita berpikir dengan jernih dan luas……janganlah kita menambah babak belur Negeri ini lagi.

          • Edwin

            Kalaimat anda ” ada satu Rumah Keluarga yang didalamnya semua bersaudara, kemudian datang anda yang bukan keluarga dan bukan pula saudara….” seakan mau mengatakan bahaw yang non-Islam itu pendatang.

            Nyadar bung…baik Islam dan Kristen itu pendatang di Indonesia.

            Di Abad ke -5 yang berkuasa di sini adalah Kerajaann Kutai Kartanegara yang beragama Hindu.

            Mau bukti lain?

            Tuh candi Borobudur (agama Budha) didirikan tahun 800-an….

            Lu tahukan kapan Islam mendarat di Nusantara…

          • bill nhuda

            Saya tdk mengatakan dan membicarakan masa lalu, yang saya katakan dan bicarakan masa sa’at sekarang dan apakah mungkin mengembalikan Abad sekarang ke Abad yang dulu………, terimalah Realita yang ada sekarang ini…….. yang terpenting tumbuhkan rasa saling hormat menghormati antar Ummat beragama dan Bukti sejarah tdk mungkin mengembalikan masa lalu.

          • Edwin

            Kalimat anda terasa sejuk dan damai, namun dapat berbalik menusuk umat Islam, jika hal tersebut disampaikan oleh Israel dalam masalah pendudukan Palestina dengan mengatakan “terimalah realitas yang ada sekarang ini”.

            Bagaimana pun kita harus tetap melihat latar belakang sejarah walau itu nun jauh di sana.

            Ya kan?

          • Putra Bentan

            ya pemimpinloe berkomentar untuk pandangan diri dan cerminan drinya msa loe gak bsa bca,,,,,?

          • ahmad

            100

          • Guest

            peler lo,,lo hidup dari uang miras aj, lo g protes…

          • danang

            Ini nie pasukannya ahok. Otaknya sama2 rusak krn kebanyakan minum bir jd kalo ngomong sembarangan gitu. Pake acara ganti nama id discus lg. Pengecut, mirip ahok bngt

        • Bahtiar

          Babi dijual di supermarket ? Terserah, kan saya gak makan atau beli. Tapi, kalau pernyataan ini : Gak masalah minum bir asal gak mabok. Dibayar semilyar pun gak mau, sekarang pertanyaan buat Fierman Much, anda mau meminumnya nggak ? Kalau nggak dijawab, berarti memang keberadaan anda di sini hanya untuk memprovokasi perpecahan

      • Fierman Much

        gw copas postingan gw di facebook aja deh, buat lengkapnya, tadi posting disini cuman sekilas :

        si ahok ini kan lagi ngomongin soal MIRAS dan BIR, bukan soal HALAL atau Haram… gw baca di artikelnya, gak ada tuh dia nyebut ini halal. gw rasa harus lebih cerdas dikitlah kalo menyikapi berita2 provokatif begini…

        baca lagi ya… AHOK ngomong dalam kapasitas dia sebagai pejabat pemda… yang doi bilang… :

        “Itu kan bukan miras (minuman keras), tapi kan bir. Ya tergantung berapa persen alkoholnya dong, kalau bir masih okelah,”

        trus dia ngomong dalam kapasitasnya sebagai orang biasa yang non muslim :

        “makanya saya kira kalau minum bir gak salah kok, asal gak mabok. Masalahnya kalau dicampur spiritus sama air kelapa, ya tewas”

        ada gitu? dia ngomong Halal / Haram???

        makanya gw bilang, cerdas dikit kalo baca artikel yang provokatif…

        • Putra Bentan

          man islam loe gak jelas ?????????????
          cba byak blajar islam yg benar biar gak ngawur

    • aRwan

      Fierman Much yg kurang cerdas

  • kang didik

    klo gak gitu bukan ahok namanya, paling2 ahok klo kerja sambil minum bir….

  • danang

    Alhmd banyak pasukan ahok yg berkunjung. Sering2 mampir ya ke web site ini. Jgn lupa masih banyak web site kami yg lain. Kunjungi juga ya

  • Kuma aing

    Masih mau menanggapi komentar orang gak konsisten ????
    liat nih komentarnya

  • Azwar Fauzi S

    jika masyarakat sadar, peduli dan konsisten untuk tidak merugikan dirinya sendiri dan orang sekitarnya, jangankan bir atau alkohol, racun sekalipun tidak akan dikonsumsi..

  • Pepi

    Ahok ga salah dia berkomentar begitu……, tapi buat Muslim harus ingat dan waspada berapa persenpun kandungan alkohol yg terdapat dalam minuman adalah haram……
    Yach beginilah kalau kita punya pemimpin non Muslim….

    • Widia Kusuma

      Kalau begitu buat fatwa haram dong untuk makanan tape, durian, buah nangka matang… semua itu mengandung alkohol

      • Hamba Allah

        Kamu kok bodoh…..minta kesemua orang fatwa.. Loe kira semua orang bisa berfatwa…? pergi sono ke MUI..tanya disana..ngapain loe minta ke semua orang??? disini yang di bahas masalah bir….. kalau mau ngomongin tentang tape, durian, babi, anjing, monyet,, bahas di tempat lain…

      • Kaito Pien

        Anda perlu blajar ilmu biologi dan kimia lagi…
        bedakan alkohol “Miras” dengan gugus alkohol (-OH)…

        Kalo alkool miras = gugus alkohol (OH) maka orang islam gag boleh makan apa2…
        karena hampir semua makanan dan buah mengandung gugus (OH)…
        misalnya pada buah yg biasa disebut polifenol yg dapat digunakan sbgai antioksidan…

        understand?

  • blue jazz

    Dari yg sedikit akhirnya jg banyak. Makanya alkohol sedikit atau bnyk ttp aja haram

    • Widia Kusuma

      Buah durian juga ada alkoholnya…. banyak umat Islam yang makan durian. Gimana tuh?

  • Putra Neren

    ayo satukan langkah turunkan Ahok

    • Widia Kusuma

      Turunkan harga saya setuju, turunkan Ahook saya ga setuju.

      • Hamba Allah

        Turunkan saja….

  • Sofyan Al-farisy

    Saudara-saudaraku kaum “Mukminin dan Mukminat”, Sudahlah,..! Cape kita Berdebat sama orang yang mengaku “ISLAM “, Karena sudah Jelas Terlihat Siapa yang Mukmin dan masih Berpegang Teguh sama Al-Qur’an dan Hadist. Dan ISLAM KTP ” Kaum Munafiqin, JIL, Syiah dan Non Muslim. berikut firman Allah SWT tentang kaum munafiq :

    “Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang mengaku dirinya
    telah beriman kepada apa yang diturunkan kepadamu dan kepada apa yang
    diturunkan sebelum kamu ? Mereka hendak berhukum kepada thaghut, padahal
    mereka telah diperintah mengingkari thaghut itu. Dan syaitan bermaksud
    menyesatkan mereka (dengan) penyesatan yang sejauh-jauhnya. Apabila
    dikatakan kepada mereka, “Marilah kamu (tunduk) kepada hukum yang Allah
    telah turunkan dan kepada hukum Rasul”, niscaya kamu lihat orang-orang
    munafik menghalangi (manusia) dengan sekuat-kuatnya dari (mendekati)
    kamu.” (QS. An Nisa’ 4 : 60-61)

    Dan Berikut Tentang Firman Allah SWT Tentang Ahli Kitab :

    Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepadamu hingga kamu
    mengikuti agama mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah
    petunjuk (yang sebenarnya)”. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti
    kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak
    lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.

    QS. al-Baqarah (2) : 120

  • Nopan

    jika dilihat dari comen teman2 semua. syaitan telah berhasil… kembalilah ke jalan yang benar… Al-qur’an dan sunnah Rasululluh SAW

  • Sebentar, Bir memang bukan Miras (Minuman Keras) karena definisi miras itu sendiri adalah minuman yang dibuat secara penyulingan dan memiliki kadar alkohol tingkat tinggi (diatas 28%) atau dalam bahasa inggris disebut “Hard Liquor” (itu tertera koq dalam undang-undang) itulah sebabnya kenapa pabrik “Bintang” , “Anker” , “Carlsberg” dan lain sebagainya di Indonesia masih berdiri secara LEGAL.

    Eit… ada tapinya, Bir meskipun tidak tergolong Miras (Hard Liquor) tapi Bir tetap masuk kategori “Minuman Beralkohol” atau Alcoholic Drink, kalau dalam Islam ya segala sesuatu yang memabukkan hukumnya HARAM gak peduli kadar alkoholnya cuma 5% atau sampai 40%, sedikit atau banyak, setetes atau seliter sama saja, yang ngomong “Ah ngak apa-apa asal ngak sampai mabuk” itu sama dengan bilang MAKAN BABI HALAL YANG PENTING NGAK SAMPAI KENYANG, iya kan ? apa bedanya ? toh yang satu “ngak sampai mabuk” yang satunya lagi “ngak sampai kenyang”, itulah kaum-kaum munafiquun yang “KTP-nya” bisa jadi ISLAM tapi hatinya kufur Atheist, alias sia-sia saja ber-KTP Islam tapi sholat ngak mau, puasa ngak mau, kerjaannya cuma mabok doang, apa bedanya dengan Atheist hayo ? mendingan sekalian saja menyatakan “SAYA KELUAR DARI ISLAM” kalau begitu.

    • Edwin

      Lah terus orang yang pakai sabuk (ikat pinggang) terbaut dari kulit ular gimana …. banyak tuh, dan ga dibilang haram.

      Orang cenderung bilang Haram hanya pada sesuatu yang berasal daro binatang ajing dan babi.

      Kamu juga pura-pura ga tahu….makanan tape ketan juga beralkohol, tapi malah dijadikan santapan di Hari raya.

      Keluar deh akhirnya kalimat pembenaran halalnya tape ketan.

      Kalau dibawa ke Ulama di Timur Tengah mah tetap aja nih makanan tradisional kita ini dimasukan pada daftar “HARAM”…

      • Ketahuan ini bocah warnet ngak ngerti hadist “Segala sesuatu yang MEMABUKKAN hukumnya HARAM”, jangankan tape ketan.. obat batuk juga beralkohol koq tapi ngak buat mabuk, alkohol pembersih luka apalagi ?

        Tapi kalau BIR meskipun cuma 5 persen, berapa banyak orang yang akhirnya mabuk ? sudah jelas fatwa-nya bahwa bir itu HARAM ngak peduli meskipun cuma seteguk doang karena tidak ada manfaatnya sama sekali (gak usah ngeles “Bir bisa buat obat bla..bla..” deh)

        Jangan karena kam-nya yang suka mabuk-mabukan terus Islam-nya yang disalahin, kalau doyan mabuk ya jangan jadi muslim, sono pindah ke agama lain atau jadi ATHEIST aja sekalian.

        *btw, apa hubungannya kulit ular ?

        • Edwin

          Anda yang bodoh…!

          Jangan kaitkan OBAT batuk dengan halal dan haram. Sudah jelas ada ayat yang menyatakan jika iuntuk pengobatan maka halal.

          baca nih ya neng….

          http://www(dot)jpnn(dot)com/read/2013/01/14/154268/Tape-Ketan-Sulit-Tembus-MUI-

          MUI Jabar menyatakan tape tidak halal tapi orang tetap memakannya.

          Anda itu contoh orang yang memutarbalikan fakta demi tujuannya. Inilah sifat yang sering membuat fatwa berdasarkan orderan.

          Anad sudah tahu kadar alkohol Bir cuma 5%.

          Tahu berapa kadar alkohol tape ketan?

          http://forum(dot)detik(dot)com/kaget-ternyata-tape-tapai-mengandung-alkohol-cukup-tinggi-t591731.html

          Bisa mencapai 10% bung….!

          Tape itu didiamin (fermentasi) 1 hari aja sudah mencapai di atas 1.7%, padahal orang selalu melakukannya lebih dari 2 hari.

          Makan tape ketan dalam jumlah kecil memang tidak memabukan, sama denga minum bir dalam jumlah wajar tidak ada ayng mabuk. Tapi keduanya jiak dikonsumsi berlebihan…YA MABOK lah….hahhaha

          • Sorry ye, kalau cuma ingin ngebacot dan insult doang kamu salah orang, gue ngak ngeladeni yang koar-koar seperti itu

            (silahkan saja ngeklaim “gue menang debat dia kabur” ngak ngefek bro :D)

          • Widia Kusuma

            Argumen dari Edwin sangat logis dan ada faktanya… kog Anda malah menghindar. Jawab dong. Kalau ga bisa menjelaskan berarti Anda ga ngerti, asal cuap aja. Makanya saya bilang, banyak manusia munafik dan sok pinter.

          • Anto Slim

            edwin ngejawab pke copi paste doank bu widia…. klo ibu mau ngelanjutin silahkan…..please..!!

          • ade irfan

            begini mungkin…obat juga haram jika mengandung alkohol, boleh tp dng syarat tdk ada obat selainnya (kaidah hukum darurat). untuk kasus “tape tidak haram” silahkan periksa kembali fatwa MUI nya -karena ‘tape dibuat bukan untuk perasan (menimbulkan dengan sengaja) dan diambil kandungan alkohol nya’ tetapi jika sengaja diambil air perasan dari tape tsb maka jatuhlah haram- seperti bir dan sejenisnya yang memang dibuat bertujuan diambil kandungan alkoholnya (lihat cara pembuatan bir dari perasan buah dan diambil kandungan alkohol nya).

          • Edwin

            Ah masa ….

            Baca link ini:

            http://www(dot)jpnn(dot)com/read/2013/01/14/154268/Tape-Ketan-Sulit-Tembus-MUI-

            Ga berani tuh MUI di daerah itu keluarkan sertifikat halal utk tape…berarti tape itu haram.

            Please deh…

      • ade irfan

        kalau urusan sabuk haram kalau dimakan bung edwin haaaahaa….tp kalau dipakai ya tambah ganteng (buat cowok) memang udah tau fatwa Ulama ttg tape di timteng gitu? tape itu halal kalau fatwa MUI ya panteslah jadi santapan sepesial di Hari Raya lah wong uenak kok tape tuh….halal lageee heeee…

        • Edwin

          Aaahhhh…pura-pura lupa. Masih ingat kasus sepatu Kickers terbuat dari kulit Babi dan diharamkan semua orang?

          http://www(dot)tempo(dot)co/read/news/2013/01/06/090452358/Produsen-Tarik-Sepatu-Kickers-Berbahan-Kulit-Babi

          Emangnya sepatu mau dimakan….hahahaha (juga)

          Tape halal…?

          Ga usah jauh-jauh ke Timur Tengah lah….MUI di wilayah ini (baca link di bawah) ga berani ngeluarin sertifikat halalnya kok. Nih beritanya:

          http://www(dot)jpnn(dot)com/read/2013/01/14/154268/Tape-Ketan-Sulit-Tembus-MUI-

          Jangan dualisme gitu dong, giliran MUI membuat fatwa merokok itu haram, pada ga percaya dan menertawakannya.

          • ade irfan

            seharusnya kalau kulit babi untuk sepatu cukup disamak boleh dipakai lihat hadits Nabi nya saya lupa konteks nya nanti kalau saya menemukan akan saya lampirkan…..sudah saya katakan alkohol haram itu karena cara untuk mendapatkan (alkoholnya) kalo tdk slh cara membuat bir dari buah anggur melalui proses permentasi lalu diperas diambil air perasannya maka jadilah bir, kalau mlht kandungan alkohol buah durian pun mngandung alkohol tp knp durian tdk lantas haram hkm nya?
            Kalau menyoal gak berani mengeluarkan serti halal itu beda urusan tp fatwa mui tape ketan hkm nya ‘halal’ jng lah kalian menghalalkan apa yg tlh Aku haramkan dan jng mengharamkan apa yg telah Aku halal kan bagi kalian…
            tidak usah merembet ke prmslhn yg lain urusan fatwa merokok diluar mslh alkohol itu namanya anda menyerang bukan berdiskusi.

          • Kaito Pien

            Bedakan antara “NAJIS” dengan “HARAM” bung..
            baca dulu sono sebelum komen

  • Purwoko Adi

    “gak masalah minum bir asal gak mabok” ? MASALAH DONG BROOO… Mabok ndak mabok tetep aja haramm…

  • yogi

    Ahok bukan bilang Bir itu Haram ato halal, dia cuma bilang Bir bukan miras, dia bilang boleh diminum, bukan halal untuk diminum, tolong dibedakan dan pahami pemberitaan media.

    • Budi Seto

      Boleh itu dalam bahasa agama namanya Halal, Tidak boleh dalam bahasa agama namanya Haram. Tolong baca kembali kitab Fiqh, atau bertanya kepada ustadz di dekat rumah anda ya ….

      • Nic

        to the point aja deh , yang biasa ke gebrek miras itu masy non muslim apa muslim , pertanyaan gampang kan , lagian kita negara 5 agama , bisa lebih malah… bukan negara muslim
        jgn munafik aja gitu aja sih gw bilang….

        • Anto Slim

          loch aja yg jawab, siapa? klo pun emang muslim yang paling banyak,lantas muslim yg ngk ikutan bakal sama d hadapan tuhan gtu.loch paksain non muslim yg banyak juga kan bukan mayoritas. otmtis jumlahnya sdkit.,,,

      • Edwin

        Pura-pura ga tahu….makanan tape ketan juga beralkohol, tapi malah dijadikan santapan di Hari raya.

        Keluar deh akhirnya kalimat pembenaran halalnya tape ketan.

        Kalau dibawa ke Ulama di Timur Tengah mah tetap aja nih makanan tradisional kita ini dimasukan pada daftar “HARAM”…

        • Budi Seto

          coba baca KUTIPAN KEPUTUSAN FATWA MUI NO 4/2003 TENTANG PEDOMAN FATWA PRODUK HALAL. Sialhkan berguru ke MUI, dan pahami tentang Fiqh kontemporer. Semoga anda mendapat Hidayah dari Allah SWT.

        • Wila Salam

          Ingat ya…tape ketan itu makanan traditional, bukan makanan yg di
          anjurkan oleh agama Islam. Jika ada umat muslim yg mengkonsumsi ketan,
          itu karena mereka belum mengerti hukumnya. JADI JANGAN MENGKLAIM BAHWA TAPE KETAN MAKANAN WAJIB ORANG MUSLIM.

          • Edwin

            Emangnya ada tulisan saya yang menggunakan kosa kata “WAJIB”? Tidak ada…!

            Kalau memang anda tahu bahwa dalam hal menyantap tape ketan “mereka belum mengerti hukumnya”, maka lakukanlah yang seperti saya lakukan dengan mewartakan kepada banyak orang dan di banyak forum bahwa memakan tape ketan adalah juga haram.

            Tidak ada perbedaan cara membuat tape ketan dan sake. Keduanya berbahan dasar sama yakni beras yang difermentasi dan mengghasilkan cairan beralkohol.

            Perbedaanya hanyalah satu di Jepang sedangkan yang satu lagi di Indonesia. Jika sake diharamkan, maka begit juga tape ketan.

            Orang-orang arab aja heran kok orang Indoensia tidak diharamkan makan tape ketan. Bawa tuh tape ketan ke ulama arab, pasti dibilang HARAM!

      • Silvester Aldo Lie

        makanya gan jadi orang pikirannya luas, jangan apa” disamain sama agama mulu, awkakwkwakak
        cuma bisa ketawa
        saya di sini umur 16 tahun saja bisa memahami kasus ini,
        lagian haram untuk DIMINUM kan, bukan halal untuk DIPRODUKSI, hahaha
        kalau nggak diminum kan ya nggak dosa kan ?

  • Arek Madura

    Koh AHOK, anda tuh pimpinan. Jadi hati2 kalau ngomong jangan asal goblek doang.

  • Luis Cellung

    Pernyataan pak Ahok bnar-bnar tdk bertanggung jawab ini…..Jelas-jelas masyarakat Jakarta mayoritas Muslim, eh malah membolehkan mnuman beralkhohol yg d haramkan dlm islam. Muslim Jakarta sdh mnunjukkan toleransi luar biasa dg mnerima Ahok sbg pmimpin mereka tapi Bang Ahok tdk menunjukkan toleransi trhadap muslim jakarta dg mmbiarkan Bir merajalela. Toleransi seharunya trjadi 2 arah tapi ini karena muslim adlh mayoritas stiap pengecaman trhadap komentar bang Ahok dianggap sbg diskriminasi……

    kami muslim sdh mnunjukkan toleransi mhn yg non-muslim juga bisa menujukkan toleransinya

    • Edwin

      Ah ente pura-pura ga tahu….makanan tape ketan juga beralkohol, tapi malah dijadikan santapan di Hari raya.

      Keluar deh akhirnya kalimat pembenaran halalnya tape ketan.

      Kalau dibawa ke Ulama di Timur Tengah mah tetap aja nih makanan tradisional kita ini dimasukan pada daftar “HARAM”…

      • Luis Cellung

        Bir jelas-jelas membuat mabuk! jadi hukumnya HARAM dalam Islam. Tidak ada kompromi akan hal itu.

        Tapi tape ketan? Pernah nggak dengar orang mabuk gara-gara makan tape? Jadi banyak ulama yang tidak mengharamkannya karena tape TIDAK termasuk khamar/minuman yang memabukkan.

        • Edwin

          Kan tadi ada ayng bilang walau 1% pun kadar alkohol maka itu ahram.

          Anda itu contoh orang yang memutarbalikan fakta demi tujuannya. Inilah sifat yang sering membuat fatwa berdasarkan orderan.

          Tahu ga berapa kadar alkohol Bir? di setiap botol selalu tertulis. Bir Bintar kadar alkoholnya cuma 5%.

          Tahu berapa kadar alkohol tape ketan?

          http://forum(dot)detik(dot)com/kaget-ternyata-tape-tapai-mengandung-alkohol-cukup-tinggi-t591731.html

          Bisa mencapai 10% bung….!

          Tape itu didiamin (fermentasi) 1 hari aja sudah mencapai di atas 1.7%, padahal orang selalu melakukannya lebih dari 2 hari.

          Makan tape ketan dalam jumlah kecil memang tidak memabukan, sama denga minum bir dalam jumlah wajar tidak ada ayng mabuk. Tapi keduanya jiak dikonsumsi berlebihan…YA MABOK lah….hahhaha

        • Widia Kusuma

          Saya pernah mabuk karna makan tape ketan, serius deh

          • Wila Salam

            Ingat ya…tape ketan itu makanan traditional, bukan makanan yg di
            anjurkan oleh agama Islam. Jika ada umat muslim yg mengkonsumsi tape ketan,
            itu karena mereka belum mengerti hukumnya. JADI JANGAN MENGKLAIM BAHWA TAPE KETAN MAKANAN WAJIB ORANG MUSLIM.

          • Anto Slim

            nch contohnya yang ngebela diri di paksain,,, oiy klo mau liat non muslim ngk mau klah ma muslim coba dh liat hasil debat2 antar agama.prtanyaan’a kayak anak kecil tuh orang nasrani ..!! sory kalo gua bawa2 nama agama, habisnya gua tahan2 buat pa?!

          • freeyork

            Ciusss.? Makannya sambil nenggak bir sih..

        • Silvester Aldo Lie

          soalnya makanya tape cuma sedikit, coba lo makan tape 1 topless, gak mabuk keren lo
          sama aja kalau minum bir cuma 1 kaleng juga gak bakal mabuk kali, (tergantung ketahanan tiap masing” orang juga si)

          • Anto Slim

            nch atu lagi teman stia edwin….. wah klo orang slain muslim ngebela diri ko harus paksain diri iy?! lo pikir ada pa yg mau makn tape atu toples, woi,, muslim bisa lebih bejat lo dri pada agama nte, seandainya ngk terikat ma hukum islam yg super menuntun pda kbenaran

          • umat islam

            edwin ma widia tu dr palnet mana y….
            percuma bang klo debat dengan org dari planet zionis, or org dr planet jahiliah
            biarin aj tu tape di makan or di musiumin ama mereka

          • Edwin

            Ada yang makan black forest satu sendok sudah dibilang haram tuh. hanya karena pakai pewangi kue rum…bungung kan!

            Makanya jangan munafik, gua ga makan tape segitu tahu itu mengandung alkohol 10%. Toh gua ga bakalan mati hanya karena ga makan tape.

            Simple toh

          • apip

            hoiii… kita pada berantem,, si Ahokk terbahak-bahak.. hok..hok..hok,
            yang jelas dia begini tuh supaya jadi terkenal!!!
            sebenarnya dia juga dah tau bahwa itu di larang…karena takut di pecat sama babeh Jokowi kerena ga becus kerja, akhirnya dia ngerjain kita-kita..
            jadi pingin batuk juga kaya bang Edi.. ahok..ahok..ahok..

        • Anto Slim

          hahaha bnar tuh asli c edwin, mau ngebela malah keliatan gobloknya…… wah di kampung gua amblas tuh orang

        • Rifai

          Ini jawaban dari yang kompeten buat si edwin dan konco2 nya yang bahlul logika berfikirnya tentang tape ketan hedewwhh susah ngomong ama orang2 dungu (numpang disini ya bang Luis) biar pada melek tuh orang (kaya’nya tetep aja ngeyel , soalnya yang dipake hawa nafsunya tuh si edwin sotoy sama Si Silvester Aldo Lie):
          Pertanyaan:

          Apa hukum makan tape (ketan atau singkong), karena di dalamnya ada alkohol?

          Jawaban:

          Tape halal, tidak ada yang perlu dirumitkan dalam masalah ini, karena yang diharamkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah
          makanan dan minuman yang memabukkan, dan pengertian memabukkan adalah
          yang menghilangkan akal disebabkan oleh makanan atau minuman tersebut.
          Oleh karenanya, jika makanan tersebut dikonsumsi dengan banyak lalu
          memabukkan, maka mengkonsumsinya meski sedikit pun menjadi haram,
          berdasarkan sabda Rasulullah,

          عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ
          عَنْهَا قَالَتْ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ
          يَقُوْلُ كُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ وَمَا أَسْكَرَ مِنْهُ الْفَرْقُ
          فَمِلْءُ الْكَفِّ مِنْهُ حَرَامٌ

          “Dari Aisyah, beliau berkata, “Saya mendengar Rasulullah
          bersabda, ‘Setiap yang memabukkan itu haram, dan kalau (minum) satu
          gentong itu memabukkan, maka meminum satu ciduk tangan pun haram.’” (Hr. Abu Daud: 3587, Tirmizi: 1928, dengan sanad shahih)

          Dengan ini, maka illat dan patokannya adalah apakah makanan atau
          minuman tersebut memabukkan ataukah tidak. Kalau memabukkan berarti
          haram, sedangkan kalau tidak, berarti halal. Bukan karena ada unsur
          alkohol ataukah tidak, karena makanan yang mengandung unsur alkohol
          tidak hanya tape, tetapi juga beberapa buah-buahan, seperti durian, juga
          minuman yang diambil dari buah pohon siwalan (legen, dalam bahasa
          Jawa). Bahkan, nasi pun mengandung unsur alkohol.

          Namun ada dua hal yang perlu diingat:

          Harap dibedakan antara memabukkan (hilang akal) dengan sakit mabuk
          karena makan makanan tertentu. Bisa saja sebuah makanan menyebabkan
          sakit bila dikonsumsi, mungkin karena berlebihan atau mungkin karena
          alergi. Namun, ini bukan termasuk makanan yang memabukkan karena
          memabukkan adalah menghilangkan akal.

          Patokan apakah makanan atau minuman itu memabukkan ataukah tidak
          adalah jika makanan tersebut dikonsumsi oleh orang yang belum pernah
          minum minuman keras, bukan orang yang sudah biasa teler karena sering
          minum minuman keras. Wallahu a’lam.

          Dijawab oleh Ustadz Abu Ibrohim Muhammad Ali pada Majalah Al-Furqon, edisi 12, tahun ke-7, 1430 H/2009 M.

          • Edwin

            Coba jawab nih…apa ada yang makan black forest untuk tujuan mabuk? kok black forest yang pakai pewangi rum diharamkan…..

            Bingung kan?

          • Indra Fariansyah

            nih gw jawab … klo ada unsur haramnya .. gak usah dimakan … beres …

        • Edwin

          Emang ada yang makan black forest untuk tujuan mabuk? tapi makan balck forest tuh diharamkan hanya karena ada penggunaan rum sebagai pewangi kue.

          Coba ente jelasin….

      • ferdinand tongga

        aduh nih orang….mending lo baca fikih deh..trus perbaiki aqidah lo…curiga gw, takutnya udah murtad lagi…

        • Edwin

          Coba lu jelasin perbedaan sake di Jepang dgn tape di Indonesia, baik dari segi pembuatan, bahan dasar dan hasil akhir.

          Lu bakal sadar bahwa hasilnya SAMA dan SEBANGUN.

          Tapi sake haram, tape ga…

          Lucu ga?

          • Kaito Pien

            intinya sesuatu yang pada dasarnya / secara akal dapat memabukkan itu haram dikonsumsi walaupun hanya setetetes…
            Sedangkan kalao sesuatu yg pada dasarnya tidak memabukkan atau belum terbukti memabukan itu ga apa2 dikonsumsi…

            Pada kasus sake itu orang yg masih “waras” pasti tau klo sake itu memabukkan…
            Kalo tape???
            mana ada orang makan tape terus mabuk, adanya mah klo dia terlalu banyak makan ya sakit perut….

            Persamaan sake sama tape adalah adanya gugus alkohol (-OH), itu dikarenakan oleh adanya pross fermentasi…
            Tapi yg perlu anda tahu tak semua yang mengandung gugus alkohol (-OH) itu memabukkan…

            #maaf kalo perkataan saya kurang dimengerti, bisa dicek lagi…

          • Edwin

            @Kaito, pernah dengar orang yg mengharamkan makan Black Forrest? …memang ada yg bisa mabok hanya krn makan Black Forrest?

            Bagaimana dg orang yg mengharamkan makanan yg ditambahkan Ang Ciao? Tidak akan mabok, tapi banyak orang muslim yg mengharamkannya.

            Anda bilang makan tape (atau minum air tape) tidak memabokan…hmmmm…itu karena hanya sedikit. Coba anda makannya/minumnya banyak. Yakinlah, hasilnya akan sama dg orang minum tuak/sake.

            Di sinilah terlihat kemunafikan kita. Ketika itu bukan makanan/minumamn yg kita kenal maka dianggap memabokan, sementara kalau yg ada dekat dengan kita (tape, brem, air nira yg ditahan bbr hari, makan daging ular, dll) dianggap tidak haram.

            Coba renungkan itu.

          • Kaito Pien

            Kan saya sudah bilang makan tape gag mungkin memabukkan..
            kalo anda mengeluh pusing, perut panas, diare, atau semacamnya mungkin anda kebanyakan makannya atau tapenya sudah tak layak untuk dikonsumsi..
            Hal itu bisa dijelasakn secara ilmu…

            Bagaimana kalo Angciau/sari tape/tuak..
            Kalo sari tape disini lain ceritanya…
            Tuak itu dibuat dari air tape yang emang sengaja disimpan lama…
            Dan mana ada orang “waras” mau minum itu…
            Yang dimakan TAPENYA bukan AIRNYA…
            Ingat itu airnya bukan tapenya DAN sengaja dijadikan Miras dengan cara didiamkan dalam waktu yg sangat lama…
            Coba anda browsing d google ttg proses fermentasi pada tape, anda pasti ngerti….

            Sedangkan klo soal black forest kata siapa haram?

            Mungkin Black Forest yg dikatakan haram itu yg mengandung bahan2 seperti Rum dkk yg memang terbuat dr alkohol…
            sedangkan hukum asal dr alkohol adalah haram untuk dikonsumsi…
            Mungkin itu yg menyebabkan haram…

            “Semua yang memabukkan berarti khamr, dan setiap khamr adalah haram.” (Riwayat Muslim)

            Kalo misalnya dalam agama anda diperbolehkan, It’s OK bukan urusan agama saya…
            yang jadi permasalahan adalah perkataan dr Ahok diatas…
            Ahok berkata demikian karena mungkin dalam agamanya diperbolehkan dan DIA saya jamin gag ngerti tentang peraturan Halal dan Haram dalam Islam…
            Jadi jangan sok membuat keputusan tanpa didasari ilmu karena anda bukan bagian dari agama saya, dan perkataan Ahok seolah2 dia tlah memahami rules dr smua agama….
            padahal NO…

    • Widia Kusuma

      Toleransi apaan? Lihat tuh Umat kristen di Bekasi… Gereja sama tanahnya direbut sama warga muslim setempat. Umat kristen Bekasi tidak bisa beribadah di Gerejanya sendiri yang dibangun di atas tanahnya sendiri. Toleransi yang mana tuh?

      Bahkan pemerintah setempat ga bisa berbuat apa-apa, itulah ‘TOLERANSI’ umat Islam yang Anda maksud!

      • Masni Fiyan Siregar

        yah sama aja dsini hari minggu adzan ga dibolehin.. pdahal ini di Indonesia lohh.. emg itu toleransi???

      • Luis Cellung

        Get real pak! Bapak bisa jamin kalau TANAH milik jamaat gereja itu? Kalau iya kenapa nggak dilaporin ke polisi??!! Bisa jadi itu tanah memang milik warga setempat…..

        Kalau mau lihat Toleransinya: lihat Indonesia libur setiap hari minggu untuk kebaktian orang kristen padahal ini negara mayoritas Islam seharusnya libur hari jum’at. Bayangkan Islam cuma pakai 1 shift kerja buat ibadah, kristen pakai 1 hari penuh padahal ini negara mayoritas islam.

        • Silvester Aldo Lie

          anda bodoh atau gimana saya tidak tau, yang saya tahu hari minggu itu tanggal merah internasional dan tidak ada hubungannya dengan kristen islam buddha hindu atau apapun
          tolong ya pak
          logika nya main pak, jangan cuma mau menang sendiri ..

          • One God

            @ silverter Aldo Lie, Anda kali yang bodoh dalam menganalisa. Siapa bilang hari libur hari tanggal Internasional. Hari minggu sebagai libur hanya justru di negara dengan penduduk mayoritas kristen. Di negara mayoritas muslim, mereka menjadikan hari jum’at sebagai hari libur untuk fokus beribadah, kecuali di Indonesia, yang masih mengikuti hukum dan aturan penjajah kristen (300 tahun) itu. Jadi bersyukurlah dan bertoleransilah!!!

          • Rifai

            Betul banget @One God: Kalo mereka pada mikir sejarah…. Kenapa orang Indonesia kok milih agama penjajah……..Tentu karena mereka dekat dengan orang2 dari bangsa penjajah tsb, alias pada jaman perjuangan…. bukan berjuang mereka malah asyik masyuk dengan pihak penjajah. Logikanya mannnnaa.???

    • Ari Istamar

      ahok tidak baca alkitab dengan baik. ada larangan minum alkohol bagi umat kristiani. baca (Imamat 10:9; Bilangan 6:3; Ulangan 14:26; 29:6; Hakim-Hakim 13:4,7,14; 1 Samuel 1:15; Amsal 20:1;31:4,6; Yesaya 5:11,22; 24:9; 28:7; 29:9; 56:12; Mikha 2:11; Lukas 1:15).

  • iqbal

    wahhhh, mulai saraf nih pemimpin..
    mau sedikit alkoholnya mau banyak tetep aja merusak moral bangsa…
    jangan mikirin tentang APBDnya doang mentang2 besar, tapi mikir dampak kedepannya juga dong, sekalian aja ntar di bolehin juga cewe telanjang ke tengah kota asal g keliatan bra sama cangcut..
    yang ngedukung emang mereka pecinta miras dan diskotik2 kalii!! wah klow gitu udah mulai goblok juga nih bangsa kita!!

    llantas sekarag siapa pemimpin yang dapat di percaya oleh bangsa?

    sorry gua orang pintar, ga mandang agama tapi dampak kedepannya..

    • iqbal

      goblok banget ya ahok, sebenernya itu sama aja ngebolehin anak2
      pacaran asal jangan sampe ciuman, kalow udah pacaran mana tahan klow ga
      ciuman apalagi klow dia ga punya moral, klow udah ciuman mana tahan
      kalow ga ngesex!!!

      bir itu boleh asal jngan sampe mabok,
      awalnya sepele tpi ga akan jauh ujung2nya pasti mabok juga, ma’lum rata2
      orang yg minum bir kan orang bodoh!!

      dan ini mungkin bisa jadi salah satu kehancuran bangsa kita!!

  • rifki

    ahh… si bapa mah bangor…

    mentang-mentang di undang-undang tidak berlaku lagi, lalu di jaidkan kesempatan…. sebelum berkata plisss mikir dulu dong… APBD di pikirin…, dampaknya juga dong…
    BAGAIMANA INDONESIA MAU MAJU KALO PEMIMPINYA BEGINI ???
    minuman beralkohol itu pasti membukan,

    kayaknya di pikiran kamu tuh penuh dengan (((BIR))) sama (((UANG)))

    sorry gua gk setuju tuh.

    • iqbal

      nice broo, emang pemimpin yang satu ini kurang pintar

  • abuzinad

    Hayyaa ahok … kamu olang udah mulai salap ya? .. kalo kamu olang jadi plesiden, kamu akan semakin salap .. oe oe oe

    • Rifai

      Jempol 5 akhi…… Ngelihat wajahnya yang tegang terus dan sorot matanya (maaf) tang seperti penuh amarah… Nggak nyaman punya pimpinan kaya gitu…..

  • ja

    Yang berdebat disini, mudah2an dapat hikmahnya masing2.
    Semoga yang benar selalu di tegakan dan yang salah selalu di tampakan kejelasanya.
    Karena emang prinsip setan meng-abu2kan antara haram dan halal dengan segala argumen dan logika mereka. Agar kita terjerumus dan saling membunuh …

    • beath

      yang jelas jangan berlenih2an…segala sesuatu juga kalo berlebihan akan berpengaruh negatif brow….sedikit boleh hahahahaha

  • Abi Nya Zahra

    mantab bos ahok.. tingkatkan adja PADnya biarpun moral anak bangsanya jadi rusak..

  • Abshan Shihab AbBedulloh

    ga mabok, tapi cuma rese n grepe xkxxkxk,, ah mulai rusak, konspirasi rekrut kaum ini mah,
    yang komentar “ini bahas ttg negara bukan agama ” .

    BROOOO.. Indonesia BRO.. KETUHANAN YANG MAHA ESA. << gmn kaga bahas agama, pancasila aja mengutamakan ke agamaan,

    • ID-10t

      emang apa arti ketuhanan? ga usah sok ngerti, kalo lu jawab ketuhanan itu setiap orang harus punya tuhan, balik lagi ke SD sono! minum bir bikin rese n grepe? makanya kalo belum pernah minum jgn sok tau, palingan cerita dari film2 ya? haha

      • Abshan Shihab AbBedulloh

        oh gtu yah,,, baiklah,, yang bangga akan minuman.. selamat anda sudah lulus

      • Indra Fariansyah

        nah lu sendiri apa arti tuhan ?

  • Marisa

    Yang jelas.. semua akan “mempertanggung jawabkan perkataan dan perbuatannya” di hadapan Allah SWT nanti. Saya bukan orang yang alim dan masih jauh dari benar. Tapi saya mau belajar untuk mencari yang benar. Saya berharap siapapun selalu mau untuk belajar mencari yang benar :) semoga seluruh umat muslim bisa rukun, satu visi dan misi, Amin YRA :)

  • A. D. A.

    pakai logika aja…. coba buka kitab agama apa aja, dimana aja, yang namanya minuman beralkohol yang memungkinkan memabukan itu dilarang… orang yang bilang ada kitab memperbolehkan minum2an beralkohol tunjukkan sini kitab apa, halaman berapa , ayat apa, bab apa…? bukan masalah mengkaitkan agama dan negara bung, negara juga kalo mempunyai rakyat pemabok yaa repot, tau ga sih mabok itu efeknya apa? minuman alkohol itu khasiat dan mudaratnya apa? diluar agama deh, nenek2 salto juga tau namanya alkohol ga baik buat tubuh manusia, ga sekalian aja “drugs” itu gpp asal ga nge fly… maaf ngepost ginian, ga niat apa2 biar mikir aja semua yang baca, termasuk saya penulis, namanya aqhil baligh tuh mengerti mana yang baik dan buruk, benar dan salah… agar temen2 sama2 memikirkan baik mana meninggalkan alkohol ato meminumnya, (bagi yang mau mikir sih)

    • Silvester Aldo Lie

      tergantung pemakaiannya kan gan,
      buktinya morfin (drugs) juga masih dipakai di RS. morfin (drugs) itu pada dasarnya termasuk napza kan, cuma dimanfaatin buat penghilang rasa sakit, kalau yang pake dasarnya gila juga jadinya gak bener

    • Guest

      Ada kok kitab dan ayat yg menganjurkan minuman beralkohol….baca neh…Timotius 5:23…..”Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah air sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah”

    • Wila Salam

      Ada kok kitab yg menganjurkan minuman beralkohol, baca nech, Timotius 5:23 “Janganlah lagi minum air saja, melankan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung percernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah”

      • umat islam

        ooo jd itu dasar buat km mabok
        sekarang ak th….??? lanjutin bang….minum terusss sampai mabookkkkkk
        mumpung masih hidup….

        • Wila Salam

          wallohu’alam….tanyakan saja pd mereka yg memegang kitab itu (surat Timotius adanya di kitab apa dan agama apa). Saya cmn mengutip satu ayat dr surat di kitab mereka.

  • Masni Fiyan Siregar

    sama dengan boleh membunuh asal ga mati, boleh memperkosa asal gak hamil gitu yahhhh.. dasar org yg aneh

  • Eka

    Pemimpin yg baik adalah pemimpin yg menyatukan perbedaan bukan membuat cikal bakal perpecahan..pernyataan ahok mungkin ditujukan buat yg non muslim, jd lah muslim spt di negara minoritas muslim..spt inggris.. jgn terpengaruh apa lg ditanggepi pernyataan2 politik spt itu.. krn mamum yg baik bisa memilih mana imam yg baik untuk diikuti/dipatuhi

  • rifai

    Yang mau penjelasan yang lengap: http://www.konsultasisyariah.c… , http://www.konsultasisyariah.c…,

    • Edwin

      Makanyalu jangan sok bilang orang lain ga bisa bikin lin…lah link lu malah jadi ga lengkap.

      Lu harus tahu bahwa aturan di Disqus TIDAK BOLEH buat link, makanya harus diakalin dengan (dot). Jadi yang gw buat itu bukan kesalahan, tapi kecerdikan. Ente yang justru bodoh!

      • Rifai

        Ini yang jelas, biar pinter ya…. mas edwin oon sana minum cucu sama obat cacing dulu biar pinter, wkwkwk:

        Pertanyaan:

        Apa hukum makan tape (ketan atau singkong), karena di dalamnya ada alkohol?

        Jawaban:

        Tape halal, tidak ada yang perlu dirumitkan dalam masalah ini, karena yang diharamkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah
        makanan dan minuman yang memabukkan, dan pengertian memabukkan adalah
        yang menghilangkan akal disebabkan oleh makanan atau minuman tersebut.
        Oleh karenanya, jika makanan tersebut dikonsumsi dengan banyak lalu
        memabukkan, maka mengkonsumsinya meski sedikit pun menjadi haram,
        berdasarkan sabda Rasulullah,

        عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ
        عَنْهَا قَالَتْ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ
        يَقُوْلُ كُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ وَمَا أَسْكَرَ مِنْهُ الْفَرْقُ
        فَمِلْءُ الْكَفِّ مِنْهُ حَرَامٌ

        “Dari Aisyah, beliau berkata, “Saya mendengar Rasulullah
        bersabda, ‘Setiap yang memabukkan itu haram, dan kalau (minum) satu
        gentong itu memabukkan, maka meminum satu ciduk tangan pun haram.’” (Hr. Abu Daud: 3587, Tirmizi: 1928, dengan sanad shahih)

        Dengan ini, maka illat dan patokannya adalah apakah makanan atau
        minuman tersebut memabukkan ataukah tidak. Kalau memabukkan berarti
        haram, sedangkan kalau tidak, berarti halal. Bukan karena ada unsur
        alkohol ataukah tidak, karena makanan yang mengandung unsur alkohol
        tidak hanya tape, tetapi juga beberapa buah-buahan, seperti durian, juga
        minuman yang diambil dari buah pohon siwalan (legen, dalam bahasa
        Jawa). Bahkan, nasi pun mengandung unsur alkohol.

        Namun ada dua hal yang perlu diingat:

        Harap dibedakan antara memabukkan (hilang akal) dengan sakit mabuk
        karena makan makanan tertentu. Bisa saja sebuah makanan menyebabkan
        sakit bila dikonsumsi, mungkin karena berlebihan atau mungkin karena
        alergi. Namun, ini bukan termasuk makanan yang memabukkan karena
        memabukkan adalah menghilangkan akal.

        Patokan apakah makanan atau minuman itu memabukkan ataukah tidak
        adalah jika makanan tersebut dikonsumsi oleh orang yang belum pernah
        minum minuman keras, bukan orang yang sudah biasa teler karena sering
        minum minuman keras. Wallahu a’lam.

        Dijawab oleh Ustadz Abu Ibrohim Muhammad Ali pada Majalah Al-Furqon, edisi 12, tahun ke-7, 1430 H/2009 M.

        • Edwin

          Nih dalil yang sering dipakai orang yang maksaiin tetap pengen makan tape ketan.

          Udah pernah belum ente minum air tape ketan satu gelas aja. Kalau ga mabok berarti ente memang jagoan……mabok…hahahaah

          Ga mungkin lah ga mabok…wong kadar alkoholnya 10%.

          Nah Wine juga melalui proses yang sama dengan pembuatan tapai ketan (yakni buah yang difermentasikan). Lu lihat lah orang kalau minum wine…ga mungkin satu gelas penuh, paling setengahnya. Karena memang ga ada orang yang minum Wine tujuannya utk mabok. Minum wine itu adalah penyegar setelah makan daging.

          Tahu sake dibuat dari apa? tahu perbedaannya apa dengan tape ketan. TIDAK ADA sama sekali. Bahan pembuatanya sama dari beras. Prosesnya juga lewat fermentasi yang diendapkan beberapa hari. Yang beda hanya Sake itu nama di Jepang, sedangkan di Indonesia disebutnya Tape.

          Lah kok Sake dinyatakan haram?

          Coba lu bawa Tape ke orang Timur Tengah dan kasih tahu bahwa itu merupakan hasil fermentasi. Pasti mereka bilang itu haram. Yang bilang tidak haramkan hanya orang Indonesia, karena itu makanan tradisionalnya.

          Ada MUI yang berani kasi stempel HALAL pada produk tape ketan….tuh link Jawa Pos jelas menyatakan MUI abar tidak berani…..!

          Berarti?…….H.A.R.A.M…….wwkkwkkwk…

          Terimalah kenyataan ini bung. Gua sebagai muslim begitu tahu bahwa tidak ada proses yang berbeda antara tape dan sake, gua berhenti makan tape. Kan masih ada makanan lain, dan gua ga akan mati kok tanpa makan tape.

          Tapi jangan jadi orang munafik….!

          • umat islam

            mas edwin dri planet mana mas, kok tahu tape ketan sama legen
            tape ketan halal mas, air tpe yg sudah jd arak haram mas
            begitu juga legen jg halal tp klo udh jd tuak jd haram
            coba lihat ad label halal gak dr mui dari bir merek a smp z

          • Abah Tutup Lawang Sigotaka

            mas edwin ini kayak yang pinter, tapi oon juga ternyata…..

      • Rifai

        Situs kaya gak jelas buat rujukan saraf loe ya. WkkwKK

        • Edwin

          Bilang aja lu ga ngerti, makai nyalahin orang…wkwkwk

    • Edwin

      Makanyalu jangan sok bilang orang lain ga bisa bikin lin…lah link lu malah jadi ga lengkap.

      Lu harus tahu bahwa aturan di Disqus TIDAK BOLEH buat link, makanya harus diakalin dengan (dot). Jadi yang gw buat itu bukan kesalahan, tapi kecerdikan. Ente yang justru bodoh!

  • Guest

    salah dah tuh ucapan seorang pempimpin jakarta-yg hyterogen..pusink deh alias resah masyaakat yg g sefaham ..waduh..apa lagi yg dicuapin masalah prinsip..waduh..my inilah yg dinamakan tuhan tidak tidur..sedang melihatkan kekuasaannya..apa yg diucapkan masalah ini tidak disadari oleh si pemimpin tsb…

  • Matbodong Tulen

    salah dah tuh ucapan seorang pempimpin jakarta-yg hyterogen..pusink deh
    alias resah masyaakat yg g sefaham ..waduh..apa lagi yg dicuapin masalah
    prinsip..waduh..my god inilah yg dinamakan tuhan tidak tidur..sedang
    melihatkan kekuasaannya..apa yg diucapkan masalah ini tidak disadari
    oleh si pemimpin tsb…

  • Matbodong Tulen

    yang pasti kedepan karyawan pemda dki di depan meja pasti prepar-sedia segelas bir sama sate kambing sama duren..mantapp..apalagi berkundjung ke balaikota ke wagub ..pasti sudah ready-stock tuh..barang yg dimaksud…ayo..rame-rame kita ke sana..

  • Silvester Aldo Lie

    kalau yang dari agamanya dilarang ya nggak usah minum dong, gtu aja kok repot :P
    mau pemerintah bikin bisnis tsb ya terserah dong, kan kalau kalian nggak minum kalian juga nggak dosa
    emang pernyataan pak ahok menciptakan perpecahan? kalau iya, anda salah terima aja :D :D
    udah waktunya mikir maju bray, nggak jaman lagi mikirin masalah kecil seperti ini

    • anonymous

      “udah waktunya mikir maju bray, nggak jaman lagi mikirin masalah kecil seperti ini”

      Hmm, gitu ya? jdi klo masalah kecil itu nggak jaman lagi, berarti maksudnya gk penting gitu?
      anda yang harusnya mikir bro, misal ada yang menculik anggota keluarga kamu dan meminta uang tebusan dari kamu 1,000,000,000 dan harus sampai ke tangan para penculik tepat jam 11 malam waktu setempat dengan jumlah tersebut, kalau kurang sedikit saja maka sandera akan di bunuh.
      Nah dari situ menurut kamu 1,000 itu ngaruh enggak ?
      Ya sama aja seperti minuman bir ini, biarpun minum bir tidak apa-apa asal tidak mabuk, mungkin masih “dapat dimaklumi”, tapi tau dari mana kalau yang beli bir itu enggak mabuk?
      Jadi, ya klo di biarkan saja karena dianggap masalah kecil itu salah besar bro.

      • delpiedo

        tau dr mana jg penculik akan bunuh sandera itu?jgn di liat dr pandangan fanatik,tp liat dr pandangan rasional

  • Edi

    Permisi, gue mau batuk dulu…ahhook…ahhook…ahhook…!!

  • Anto Slim

    ane c deman banget ama ahok statmn mslah apapun, cman klo msalh yang bginian trus klo kluar sttmen begitu otomatis ane sbgai pmeluk agma islam kagak stuju,menrut gua ttap ja salah. jdi sbaiknya yang mnyangkut hal haram sebaiknya ahok jngn komen dh spaya ngk berselisih pham kyak gni..

  • Matbodong Tulen

    jakarta jangan samakan dgn kota lain..salah ucap dikit sj jadi rame..ucapan sekelas koh ahok alias bapak wakil gubernur yg terhormat, apalagi masalah prinsipp…kalau tidak berhati-hati jadi runyem deh..maklum penduduk jakarta yg hyterogen..ada pepatah “jagalah lidahmu..karena mulutmu adalah harimaumu”..

  • Zie

    Ahok kan taat konstitusi, bahkan rela mati demi konstitusi ..apapun yang melanggar konstitusi bakal di tentang sama beliau…Misalnya nih, Kalo ahok jadi pemimpin di negara islam. pasti deh tuh bir ga bakalan ada…jadi intinya nih ahok ngomong atas dasar aturan yang ada. ahok menurut gw sudah benar ngomong gitu buat membela terhadap keyakinan nya sebagai pemimpin jakarta, yaitu taat pada aturan.. =))sekian terimakasih

    • anonymous

      Betul banget tuh, setuju sama statement kamu, “taat konstitusi, taat pada aturan”, tapi tau enggak yg namanya hukum adat itu apa?
      Itu hukum yang enggak tertulis tapi masih berlaku atau banyak yang menggunakannya di banyak tempat di seluruh dunia terutama negara di bagian timur, nah klo dilihat dri peta dunia itu Asia sudah pasti menjadi bagian “Timur”, Indonesia ada di Asia Tenggara, lalu “Jakarta” adalah ibukota negara Indonesia, emang sih gk tertulis, tapi klo misalnya sampe melanggar hukum adat gmn tuh bro? Terlebih lagi Jakarta itu kan penduduknya bnyk yg asal usulnya dari luar Jakarta bahkan luar pulau Jawa, kan klo kaya gtu bisa disebut kurang atau bahkan tidak bermoral kan ya? :)
      Tambahan aja, kan Jakarta ibukota negara nih, berarti seperti kota percontohan, tolak ukur atau setidaknya pasti bnyk yang melihat “Jakarta” melalui berbagai media, klo misalnya gubernur atau wakil gubernur lain melihat ini dan mengikutinya kira” gmn tuh?
      Emang situ bisa tau apa yg mungkin terjadi klo sampe hal itu terjadi bro?

  • Zie

    Sungguh maha adil, Negara demokrasi dengan Sumber daya alam dan oknum – oknum yang sangat berlimpah

  • candra himawan

    Di Nasrani ada beberapa pernyataan yang ada di dalam kitabnya melarang meminum minuman keras

    Imamat 10:9 “JANGANLAH ENGKAU MINUM ANGGUR ATAU MINUMAN KERAS, ENGKAU SERTA ANAK-ANAKMU, bila kamu masuk ke dalam Kemah Pertemuan, supaya jangan kamu mati. Itulah suatu ketetapan untuk SELAMANYA bagi kamu TURUN-TEMURUN.
    Hakim-hakim 13:4 Oleh sebab itu, peliharalah dirimu, JANGAN MINUM ANGGUR ATAU MINUMAN YANG MEMABUKKAN dan jangan makan sesuatu yang haram.

    Hakim-hakim 13:14 Janganlah ia makan sesuatu yang berasal dari pohon anggur; anggur atau MINUMAN YANG MEMABUKKAN TIDAK BOLEH DIMINUMNYA dan sesuatu yang haram tidak boleh dimakannya. Ia HARUS berpegang pada segala yang Kuperintahkan kepadanya.”
    Yesaya 5:11 Celakalah mereka yang bangun pagi-pagi dan terus mencari MINUMAN KERAS, dan duduk-duduk sampai malam hari, sedang badannya dihangatkan anggur!
    Amsal 20:1. ANGGUR ADALAH PENCEMOOH, MINUMAN KERAS ADALAH PERIBUT, TIDAKLAH BIJAK ORANG YANG TERHUYUNG-HUYUNG KARENANYA.

    Amsal 23:20 JANGANLAH ENGKAU ADA DI ANTARA PEMINUM ANGGUR dan pelahap daging.
    Hosea 4:11 ANGGUR DAN AIR ANGGUR MENGHILANGKAN DAYA PIKIR.
    Lukas 1:15 Sebab ia akan besar di hadapan Tuhan dan ia TIDAK AKAN MINUM ANGGUR ATAU MINUMAN KERAS dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya;
    Dari ayat diatas, boleh ditarik kesimpulan:
    1. Alcohol dilarang oleh ALLAH sejak para Nabi terdahulu
    2. Larangan larangan itu masih jelas tertulis dalam kitab
    3. Alcohol dilarang turun temurun
    4. Alcohol dilarang untok selamanya

    Diriwayatkan oleh Imam Baihaqi, melalui Ibnu Umar RA bahwa Nabi SAW bersabda:
    “Jauhilah semua yang menjijikkan. Dulu pernah ada pria sebelum kalian semua, ia selalu mengasingkan diri dari kehidupan manusia. Ternyata ada wanita yang jatuh hati padanya. Si wanita mengirim pelayan kesana dan berkata:
    “Kami mengundang anda untuk suatu kesaksian”.
    Pria tersebut mengabulkan. Kemudian ia dibawa masuk oleh si wanita ke dalam suatu kamar dan dikunci. Wanita itu amat cantik, bersih, duduk disampingnya, dilengkapi dengan anak dan gelas yang berisi khamar. Wanita langsung memberi minuman, dan si pria berkata:
    “Tambah lagi,,,”.
    Demikianlah dia minum sampai tidak berhenti-henti (mabuk); akhirnya ia menjimak si wanita dan membunuh si anak kecil. Untuk itu jauhilah minuman keras, karena sungguh, demi Allah! Allahtidak menjatuhkan iman dalam dada seseorang yang mabuk.

    cuman satu minuman keras yang boleh kita minum yaitu : Minuman KERASTINDENG …..

    • Akhmad Abina Yusuf

      kitab porno kok masih disebut-sebut..

    • JoE

      nyimak aja deh ..

  • dehasapan

    tuh…benar si chandra tuh…, terlepas dari agama deh …alkhohol itu besar manfaat apa mudharatnya??….coba pikirin dan putuskan… bodohnya jangan kelamaan yak

  • Ndrex

    Masalahnya anda merasa paling benar dari orang lain, memang itu didikan anda, tapi coba jawab kenapa tidak hanya anda saja yang hidup di bumi ini?

  • Guest

    Menyedihkan Punya Pemimpin kaya Gini

    • delpiedo

      lebih menyedihkan pny pemimpin yg korup,cb berpikir scara rasional,jgn bw agama

      • Akhmad Abina Yusuf

        paling menyedihkan punya pemimpin yg mendukung maksiat dan korup kaya gini.. agama harus dibawa karena panduan hidup.. hanya orang yg tersesat yg gak punya panduan dalam hidup..

        Di Nasrani ada beberapa pernyataan yang ada di dalam kitabnya melarang meminum minuman keras

        Imamat 10:9 “JANGANLAH ENGKAU MINUM ANGGUR ATAU MINUMAN KERAS, ENGKAU
        SERTA ANAK-ANAKMU, bila kamu masuk ke dalam Kemah Pertemuan, supaya
        jangan kamu mati. Itulah suatu ketetapan untuk SELAMANYA bagi kamu
        TURUN-TEMURUN.
        Hakim-hakim 13:4 Oleh sebab itu, peliharalah dirimu,
        JANGAN MINUM ANGGUR ATAU MINUMAN YANG MEMABUKKAN dan jangan makan
        sesuatu yang haram.

        Hakim-hakim 13:14 Janganlah ia makan sesuatu yang berasal dari pohon
        anggur; anggur atau MINUMAN YANG MEMABUKKAN TIDAK BOLEH DIMINUMNYA dan
        sesuatu yang haram tidak boleh dimakannya. Ia HARUS berpegang pada
        segala yang Kuperintahkan kepadanya.”
        Yesaya 5:11 Celakalah mereka
        yang bangun pagi-pagi dan terus mencari MINUMAN KERAS, dan duduk-duduk
        sampai malam hari, sedang badannya dihangatkan anggur!
        Amsal 20:1. ANGGUR ADALAH PENCEMOOH, MINUMAN KERAS ADALAH PERIBUT, TIDAKLAH BIJAK ORANG YANG TERHUYUNG-HUYUNG KARENANYA.

        Amsal 23:20 JANGANLAH ENGKAU ADA DI ANTARA PEMINUM ANGGUR dan pelahap daging.
        Hosea 4:11 ANGGUR DAN AIR ANGGUR MENGHILANGKAN DAYA PIKIR.
        Lukas
        1:15 Sebab ia akan besar di hadapan Tuhan dan ia TIDAK AKAN MINUM
        ANGGUR ATAU MINUMAN KERAS dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari
        rahim ibunya;
        Dari ayat diatas, boleh ditarik kesimpulan:
        1. Alcohol dilarang oleh ALLAH sejak para Nabi terdahulu
        2. Larangan larangan itu masih jelas tertulis dalam kitab
        3. Alcohol dilarang turun temurun
        4. Alcohol dilarang untok selamanya

        Diriwayatkan oleh Imam Baihaqi, melalui Ibnu Umar RA bahwa Nabi SAW bersabda:
        “Jauhilah
        semua yang menjijikkan. Dulu pernah ada pria sebelum kalian semua, ia
        selalu mengasingkan diri dari kehidupan manusia. Ternyata ada wanita
        yang jatuh hati padanya. Si wanita mengirim pelayan kesana dan berkata:
        “Kami mengundang anda untuk suatu kesaksian”.
        Pria
        tersebut mengabulkan. Kemudian ia dibawa masuk oleh si wanita ke dalam
        suatu kamar dan dikunci. Wanita itu amat cantik, bersih, duduk
        disampingnya, dilengkapi dengan anak dan gelas yang berisi khamar.
        Wanita langsung memberi minuman, dan si pria berkata:
        “Tambah lagi,,,”.
        Demikianlah
        dia minum sampai tidak berhenti-henti (mabuk); akhirnya ia menjimak si
        wanita dan membunuh si anak kecil. Untuk itu jauhilah minuman keras,
        karena sungguh, demi Allah! Allahtidak menjatuhkan iman dalam dada
        seseorang yang mabuk.

        cuman satu minuman keras yang boleh kita minum yaitu : Minuman KERASTINDENG ….

  • Rifai

    Ini jawaban dari yang kompeten buat si edwin saraf tentang tape ketan hedewwhh susah ngomong ama orang dungu:

    Pertanyaan:

    Apa hukum makan tape (ketan atau singkong), karena di dalamnya ada alkohol?

    Jawaban:

    Tape halal, tidak ada yang perlu dirumitkan dalam masalah ini, karena yang diharamkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah
    makanan dan minuman yang memabukkan, dan pengertian memabukkan adalah
    yang menghilangkan akal disebabkan oleh makanan atau minuman tersebut.
    Oleh karenanya, jika makanan tersebut dikonsumsi dengan banyak lalu
    memabukkan, maka mengkonsumsinya meski sedikit pun menjadi haram,
    berdasarkan sabda Rasulullah,

    عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ
    عَنْهَا قَالَتْ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ
    يَقُوْلُ كُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ وَمَا أَسْكَرَ مِنْهُ الْفَرْقُ
    فَمِلْءُ الْكَفِّ مِنْهُ حَرَامٌ

    “Dari Aisyah, beliau berkata, “Saya mendengar Rasulullah
    bersabda, ‘Setiap yang memabukkan itu haram, dan kalau (minum) satu
    gentong itu memabukkan, maka meminum satu ciduk tangan pun haram.’” (Hr. Abu Daud: 3587, Tirmizi: 1928, dengan sanad shahih)

    Dengan ini, maka illat dan patokannya adalah apakah makanan atau
    minuman tersebut memabukkan ataukah tidak. Kalau memabukkan berarti
    haram, sedangkan kalau tidak, berarti halal. Bukan karena ada unsur
    alkohol ataukah tidak, karena makanan yang mengandung unsur alkohol
    tidak hanya tape, tetapi juga beberapa buah-buahan, seperti durian, juga
    minuman yang diambil dari buah pohon siwalan (legen, dalam bahasa
    Jawa). Bahkan, nasi pun mengandung unsur alkohol.

    Namun ada dua hal yang perlu diingat:

    Harap dibedakan antara memabukkan (hilang akal) dengan sakit mabuk
    karena makan makanan tertentu. Bisa saja sebuah makanan menyebabkan
    sakit bila dikonsumsi, mungkin karena berlebihan atau mungkin karena
    alergi. Namun, ini bukan termasuk makanan yang memabukkan karena
    memabukkan adalah menghilangkan akal.

    Patokan apakah makanan atau minuman itu memabukkan ataukah tidak
    adalah jika makanan tersebut dikonsumsi oleh orang yang belum pernah
    minum minuman keras, bukan orang yang sudah biasa teler karena sering
    minum minuman keras. Wallahu a’lam.

    Dijawab oleh Ustadz Abu Ibrohim Muhammad Ali pada Majalah Al-Furqon, edisi 12, tahun ke-7, 1430 H/2009 M.

  • Rifai

    Sebagian besar Orang nasrani juga setuju kalo bir itu haram/dilarang cuma orang yang keblinger aja pengen dilegalkan. Sekalian aja pak Ahok Ganja, Shabu,. dsj. dilegalkan peredarannya…

    • delpiedo

      di belanda ganja di legalkan,namun dalam skala kecil,,mngapa musti anda harus seperti org pintar?

      • RiZwan Al Fathin

        ente setuju ganja legal?

    • sweetdaemon

      rokok haram ??? siapa yang ga merokooook ???

  • Nan Kewi

    ini yang namanya fatwa ahok, a’uzubillahi minal ahok

  • delpiedo

    pusing baca koment kalian,silahkan mw melabrak atau mencaci maki sy,,,,perkataan ahok di dlam konteks ap?dan jelas perkataan ahok,asal jangan mabok,tp kalian mlah slalu memojokan..dan ada yg blang bhw terjd kasus pemerkosaan dll akibat alkohol,hei bung tau kah anda tingkat pemerkosaan plg besar di dunia ada negara muslim,di negara non muslim,hal itu suatu yg jarang di temui,kmbali lg dr pemikiran orang masing2,jika ingin indonesia maju musti nya agama tak di bwa2,tp msh juga mw membawa agama,bersiap aja negara kita seperti mesir,yaman dan ngera timur tengah lain nya,,berpikir dan berkomentar scara cerdas

    • pejuang

      komen tanpa data. google aja negara dengan tingkat kasus perkosaan teringgi di dunia, ada di perancis, jerman, rusia, sweden dan argentina. bodoh jangan dipelihara bung!

      • sweetdaemon

        hmmm….. ketergantungan pada google…

        • Adi Rahadi

          kayak lo nggak pernah pke google aja

        • RiZwan Al Fathin

          salah ya pake google..? jadi pake apa,, ?

    • dehasapan

      delpiedo BODOH !!!

      • sifin

        lebih baik mengakui kalau diri sendiri yg bodoh, kalau memang bodoh adalah perbuatan gentleman

        • dehasapan

          emang lu bodoh…..noh liat lagi komen2 lu

        • sweetdaemon

          perdebatan kecil yang ga cerdas seperti inilah yang cuma memperkeruh suasana

      • Noor Nauli

        Nabi Adam, adalah manusia pertama dan hidup dengan 1 Perintah Allah, yakni “Jangan Makan Buah Qoldi!”.

        Namun apa daya, Adam, manusia pertama dan yang hidup dengan 1 (satu) perintah Allah aja, tetap tidak bisa melaksanakan dan mentaati Perintah Allah.

        Lalu, apakah Adam masuk surga atau neraka? Tiada satupun catatatan yang mengatakan bahwa beliau masuk neraka atau surga, namun masih banyak yang mengatakan bahwa Adam adalah seorang nabi.

        Be smart, bro/sista :-)

        • Adi Rahadi

          Anda bertanya, saya akan jawb:

          Noor Nauli : yang dilarang itu adalah mabok. kalau minum nya sih enggak dilarang yaaa, … kalau gak bisa kontrol diri, ya lebih baik jangan minum. Namun, ada orang yang ingin minum, kita tak bisa melarangnya.

          Kalau anda berbicara tentang ajaran anda, mungkin saja benar, tetapi sertakan dari sudut pandang ajaran mana.
          Kalau anda berbicara tentang ajaran muslim, tentu tidak benar, pernahkah anda mendengar jangan sekali-kali mendekati hal-hal yg haram. Its reasonable, Pemabok itu awalnya(mencoba-coba) akan sedikit bir minum bir, lalu minum agak banyak (masih belum mabuk), lalu minum cukup untuk memabukkan, lalu ketagihan, yg semula minum agak banyak sudah mabok, lama-lama tidak mempan dan merasa perlu menambah kuantitas agar mabok, makin lama, kuantitas yg diminum makin banyak berbotol-botol, lama-lama tidak kuat beli berbotol-botol lalu ngoplos sendiri, lama-lama masuk TV, koran buser, dan rumah sakit, masih mending masuk rumah sakit, rekannya masuk berita duka.

          Noor Nauli : Kalau ada orang mau masuk neraka, apa hak anda untuk melarangnya?

          Jadi, Dalam ajaran kami juga diajarkan :
          – Jika melihat suatu kemungkaran, cegahlah dengan tanganmu.
          – Bila tidak sanggup, cegahlah dengan mulutmu
          – Bila masih sanggup, cegahlah dengan hatimu (doakan). Jangan mengejek/memperolok/mencemooh/mencaci/atau mencegah/bahkan menghalang-halangi orang yg berbuat positif dengan mencegah perbatan negatif.

          Kalau pintu surga masih terbuka, ngapain mau milih masuk neraka?

          GBU sista, semoga mendapat hidayah.

    • Jamel Phelly

      pemerkosaan plg banyak terjadi di Amerika, coba sekali2 anda cek

    • shofwan

      amerika , sama india, dan cina…

    • Rizqi Sukma Kharisma

      Negara Non Muslim angkanya pemerkosaan rendah, lha wong di sana sex bebas alias mau sama mau. Mo ML di jalanan boleh. Ngapain memperkosa? hehehe. Wong mereka bangga ilang prawan umur 11an tahun. Ya mungkin agama mereka memperbolehkan dan wajar2 saja.

      Nggak bawa agama gimana, orang Indonesia itu mayoritas Muslim, jadi wajar aja pada kontra dengan miras dan yang kharam.

      Jadi orang juga yang cerdas berkomentar. hahaha

    • Rudy Swardani

      delpiedo ini PKI kali ya yg tidak punya Agama, kemana aja kita bawa Agama nanti klo kamu mati akan ditanya Agamamu apa?? Tuhanmu siapa? dll

    • Akhmad Abina Yusuf

      perkataan tanpa bukti, hanya asal ngomong.. sekolah dimana kamu?

      Di Nasrani ada beberapa pernyataan yang ada di dalam kitabnya melarang meminum minuman keras

      Imamat 10:9 “JANGANLAH ENGKAU MINUM ANGGUR ATAU MINUMAN KERAS, ENGKAU
      SERTA ANAK-ANAKMU, bila kamu masuk ke dalam Kemah Pertemuan, supaya
      jangan kamu mati. Itulah suatu ketetapan untuk SELAMANYA bagi kamu
      TURUN-TEMURUN.
      Hakim-hakim 13:4 Oleh sebab itu, peliharalah dirimu,
      JANGAN MINUM ANGGUR ATAU MINUMAN YANG MEMABUKKAN dan jangan makan
      sesuatu yang haram.

      Hakim-hakim 13:14 Janganlah ia makan sesuatu yang berasal dari pohon
      anggur; anggur atau MINUMAN YANG MEMABUKKAN TIDAK BOLEH DIMINUMNYA dan
      sesuatu yang haram tidak boleh dimakannya. Ia HARUS berpegang pada
      segala yang Kuperintahkan kepadanya.”
      Yesaya 5:11 Celakalah mereka
      yang bangun pagi-pagi dan terus mencari MINUMAN KERAS, dan duduk-duduk
      sampai malam hari, sedang badannya dihangatkan anggur!
      Amsal 20:1. ANGGUR ADALAH PENCEMOOH, MINUMAN KERAS ADALAH PERIBUT, TIDAKLAH BIJAK ORANG YANG TERHUYUNG-HUYUNG KARENANYA.

      Amsal 23:20 JANGANLAH ENGKAU ADA DI ANTARA PEMINUM ANGGUR dan pelahap daging.
      Hosea 4:11 ANGGUR DAN AIR ANGGUR MENGHILANGKAN DAYA PIKIR.
      Lukas
      1:15 Sebab ia akan besar di hadapan Tuhan dan ia TIDAK AKAN MINUM
      ANGGUR ATAU MINUMAN KERAS dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari
      rahim ibunya;
      Dari ayat diatas, boleh ditarik kesimpulan:
      1. Alcohol dilarang oleh ALLAH sejak para Nabi terdahulu
      2. Larangan larangan itu masih jelas tertulis dalam kitab
      3. Alcohol dilarang turun temurun
      4. Alcohol dilarang untok selamanya

      Diriwayatkan oleh Imam Baihaqi, melalui Ibnu Umar RA bahwa Nabi SAW bersabda:
      “Jauhilah
      semua yang menjijikkan. Dulu pernah ada pria sebelum kalian semua, ia
      selalu mengasingkan diri dari kehidupan manusia. Ternyata ada wanita
      yang jatuh hati padanya. Si wanita mengirim pelayan kesana dan berkata:
      “Kami mengundang anda untuk suatu kesaksian”.
      Pria
      tersebut mengabulkan. Kemudian ia dibawa masuk oleh si wanita ke dalam
      suatu kamar dan dikunci. Wanita itu amat cantik, bersih, duduk
      disampingnya, dilengkapi dengan anak dan gelas yang berisi khamar.
      Wanita langsung memberi minuman, dan si pria berkata:
      “Tambah lagi,,,”.
      Demikianlah
      dia minum sampai tidak berhenti-henti (mabuk); akhirnya ia menjimak si
      wanita dan membunuh si anak kecil. Untuk itu jauhilah minuman keras,
      karena sungguh, demi Allah! Allahtidak menjatuhkan iman dalam dada
      seseorang yang mabuk.

      cuman satu minuman keras yang boleh kita minum yaitu : Minuman KERASTINDENG ….

      • Akhmad Abina Yusuf

        sekali tidak boleh tetap tidak boleh walaupun sedikit..

        • Noor Nauli

          yang dilarang itu adalah mabok. kalau minum nya sih enggak dilarang yaaa, … kalau gak bisa kontrol diri, ya lebih baik jangan minum. Namun, ada orang yang ingin minum, kita tak bisa melarangnya.

          Kalau ada orang mau masuk neraka, apa hak anda untuk melarangnya?

          Nabi Adam, adalah manusia pertama dan hidup dengan 1 Perintah Allah, yakni “Jangan Makan Buah Qoldi!”.

          Namun apa daya, Adam, manusia pertama dan yang hidup dengan 1 (satu) perintah Allah aja, tetap tidak bisa melaksanakan dan mentaat Perintah Allah.

          Lalu, apakah Adam masuk surga atau neraka? Tiada satupun catatatan yang mengatakan bahwa beliau masuk neraka atau surga, namun masih banyak yang mengatakan bahwa Adam adalah seorang nabi.

          Be smart, bro/sista :-)

          • Adi Rahadi

            Anda bertanya, saya akan jawb:

            Noor Nauli : yang dilarang itu adalah mabok. kalau minum nya sih enggak dilarang yaaa, … kalau gak bisa kontrol diri, ya lebih baik jangan minum. Namun, ada orang yang ingin minum, kita tak bisa melarangnya.

            Kalau anda berbicara tentang ajaran anda, mungkin saja benar, tetapi sertakan dari sudut pandang ajaran mana.
            Kalau anda berbicara tentang ajaran muslim, tentu tidak benar, pernahkah anda mendengar jangan sekali-kali mendekati hal-hal yg haram. Its reasonable, Pemabok itu awalnya(mencoba-coba) akan sedikit bir minum bir, lalu minum agak banyak (masih belum mabuk), lalu minum cukup untuk memabukkan, lalu ketagihan, yg semula minum agak banyak sudah mabok, lama-lama tidak mempan dan merasa perlu menambah kuantitas agar mabok, makin lama, kuantitas yg diminum makin banyak berbotol-botol, lama-lama tidak kuat beli berbotol-botol lalu ngoplos sendiri, lama-lama masuk TV, koran buser, dan rumah sakit, masih mending masuk rumah sakit, rekannya masuk berita duka.

            Noor Nauli : Kalau ada orang mau masuk neraka, apa hak anda untuk melarangnya?

            Jadi, Dalam ajaran kami juga diajarkan :
            – Jika melihat suatu kemungkaran, cegahlah dengan tanganmu.
            – Bila tidak sanggup, cegahlah dengan mulutmu
            – Bila masih sanggup, cegahlah dengan hatimu (doakan). Jangan mengejek/memperolok/mencemooh/mencaci/atau mencegah/bahkan menghalang-halangi orang yg berbuat positif dengan mencegah perbatan negatif.

            Kalau pintu surga masih terbuka, ngapain mau milih masuk neraka?

            GBU sista, semoga dibukakan pintu hidayah.

  • dehasapan

    delpiero bodoh…. minum alkhohol banyak mudaharatnya…. sekali lagi bodoh delpiedong

  • E mum

    Minuman yang memabukkan sedikit atau banyaknya tetap haram. Duduk bersama mereka yang minum, walaupun tidak minum tetap dilarang.

  • Jamel Phelly

    ummat islam sudah diingatkan untuk memilih pemimpin yg seiman, klu tidak akibatbya seperti ini, pemilih akan dimintai pertanggungjawabannya diakhirat kelak

  • shofwan

    ahook dipilih, klu udah terlanjur jadii yaaa…. gimana cara melengsernya… gaya preman, tak pantas dilanjutkan.

  • wani pirlo

    penyeselanku semakin dalam dan sedihh

    yg milih johok baru tau kan

    pilih yg seiman makannya

    • ID-10t

      di indonesia ada banyak agama, jadi se-indonesia harus yg seiman gitu biar ga nyesel? jadi milih pemimpin itu karena agama ya biar ga nyesel?
      koruptor byk ko muslim, mereka yg milih ga harus nyesel ya ? biar korupsi yg penting muslim gt? ih ko goblok ih =))

  • ade irfan

    makanya jng angkat pemimpin yg bukan dari golongan kalian…begini jd nya segala apa yg diharamkan akan menjadi halal

  • Akhmad Abina Yusuf

    Di Nasrani ada beberapa pernyataan yang ada di dalam kitabnya melarang meminum minuman keras

    Imamat 10:9 “JANGANLAH ENGKAU MINUM ANGGUR ATAU MINUMAN KERAS, ENGKAU
    SERTA ANAK-ANAKMU, bila kamu masuk ke dalam Kemah Pertemuan, supaya
    jangan kamu mati. Itulah suatu ketetapan untuk SELAMANYA bagi kamu
    TURUN-TEMURUN.
    Hakim-hakim 13:4 Oleh sebab itu, peliharalah dirimu,
    JANGAN MINUM ANGGUR ATAU MINUMAN YANG MEMABUKKAN dan jangan makan
    sesuatu yang haram.

    Hakim-hakim 13:14 Janganlah ia makan sesuatu yang berasal dari pohon
    anggur; anggur atau MINUMAN YANG MEMABUKKAN TIDAK BOLEH DIMINUMNYA dan
    sesuatu yang haram tidak boleh dimakannya. Ia HARUS berpegang pada
    segala yang Kuperintahkan kepadanya.”
    Yesaya 5:11 Celakalah mereka
    yang bangun pagi-pagi dan terus mencari MINUMAN KERAS, dan duduk-duduk
    sampai malam hari, sedang badannya dihangatkan anggur!
    Amsal 20:1. ANGGUR ADALAH PENCEMOOH, MINUMAN KERAS ADALAH PERIBUT, TIDAKLAH BIJAK ORANG YANG TERHUYUNG-HUYUNG KARENANYA.

    Amsal 23:20 JANGANLAH ENGKAU ADA DI ANTARA PEMINUM ANGGUR dan pelahap daging.
    Hosea 4:11 ANGGUR DAN AIR ANGGUR MENGHILANGKAN DAYA PIKIR.
    Lukas
    1:15 Sebab ia akan besar di hadapan Tuhan dan ia TIDAK AKAN MINUM
    ANGGUR ATAU MINUMAN KERAS dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari
    rahim ibunya;
    Dari ayat diatas, boleh ditarik kesimpulan:
    1. Alcohol dilarang oleh ALLAH sejak para Nabi terdahulu
    2. Larangan larangan itu masih jelas tertulis dalam kitab
    3. Alcohol dilarang turun temurun
    4. Alcohol dilarang untok selamanya

    Diriwayatkan oleh Imam Baihaqi, melalui Ibnu Umar RA bahwa Nabi SAW bersabda:
    “Jauhilah
    semua yang menjijikkan. Dulu pernah ada pria sebelum kalian semua, ia
    selalu mengasingkan diri dari kehidupan manusia. Ternyata ada wanita
    yang jatuh hati padanya. Si wanita mengirim pelayan kesana dan berkata:
    “Kami mengundang anda untuk suatu kesaksian”.
    Pria
    tersebut mengabulkan. Kemudian ia dibawa masuk oleh si wanita ke dalam
    suatu kamar dan dikunci. Wanita itu amat cantik, bersih, duduk
    disampingnya, dilengkapi dengan anak dan gelas yang berisi khamar.
    Wanita langsung memberi minuman, dan si pria berkata:
    “Tambah lagi,,,”.
    Demikianlah
    dia minum sampai tidak berhenti-henti (mabuk); akhirnya ia menjimak si
    wanita dan membunuh si anak kecil. Untuk itu jauhilah minuman keras,
    karena sungguh, demi Allah! Allahtidak menjatuhkan iman dalam dada
    seseorang yang mabuk.

    cuman satu minuman keras yang boleh kita minum yaitu : Minuman KERASTINDENG …..

    • Noor Nauli

      Kalau baca Alkitab itu jangan maen comot ayat-ayat yang mendukung opini anda, Bung Akhmad Abina Yusuf.

      Secara totalitas, Alkitab menawarkan keselamatan bagi seluruh umat manusia. Tuhan Yesus, yang dilahirkan oleh Perawan Maria, adalah sebuah kejadian fenomenal tentang sejarah manusia mencari Tuhan.

      Yesus telah berkata: “Apa yang masuk ke dalam mulutmu, adalah baik adanya (halal), sedangkan apa yang keluar dan kau muntahkan dari mulutmu adalah haram adanya.

      Sehingga, daging babi yang dahulunya diharamkan, setelah pernyataan Yesus itu maka menjadi halal.

      • Faizal Max

        bagiku agamaku, bagimu agamamu,, masalah bir, cukup kita pakai logika sj, apa minuman yg memabukkan itu bagus buat tubuh,,

        • paldi

          Setuju mas Faizal, Selama itu menjadi mabuk ya gak bagus….

      • Tri Handono

        Mana ada koruptor muntah ketika makan dari hasil koruptnya…? Halalkah itu…? Sumanto pun juga gak muntah ketika makan gulai daging manusia. Halalkah itu…? Saudara kristiani SANGAT BERHARAP dg penyaliban “yesus” utk penyelamatan ( menebus dosa ). Kenyataannya ketika “yesus” disalib (oleh orang2 herodes) JUSTRU ditinggalkan oleh Tuhan, dia berteriak2 ” eli…eli…lamasabakhtani”. Yg artinya “tuhanku…tuhanku…mengapa engkau meninggalkan aku…?

      • panca

        goblokkkkk, lu tuh ya,udah pernh riset blum bakteri yg ada di daging babi,lu bakar ampe lu bangkotan nunggunya tuh bakteri di babi yg lu makan itu gakan pernah mati,oleh sebab itu islam melarang binatang yg najis untuk di makan, ngerti kau kerbo.

      • arief

        “Apa yang masuk ke dalam mulutmu, adalah baik adanya (halal), sedangkan apa yang keluar dan kau muntahkan dari mulutmu adalah haram adanya. (Sertakan dong ayatnya…)

      • Akhmad Abina Yusuf

        Gak ada satu kalimat pun di Al kitab asli yg mengatakan Tuhan itu Yesus
        Yesus bukan Tuhan, itu tertera di Al kitab
        Baca lagi kalimatmu itu, gak ada satu kata pun yg menyebut kata “babi”, sekolah dimana sih kamu, omongan orang jgn asal telen bulat2, nanti keselek bisa mati..

  • agus

    jiah rame juga ni debat nya,klu ngingetin tu bagus dri pada enggak,lebih baik diam dari pada mencemooh,ni judule bahas halal haram alkohol yaaa, alkohol sudah tertulis di al-qur’an dan hadist itu haram,sekarang mau tanya nii para sahabat pembaca, klu alkohol dalam medis gimna di pakai untuk bius tru berapa persen tu, saya tanya karena saya lebih buruk dari kalian…..”sangkutin juga tu,sesuatu yang berlebih itu gak baik(bisa di bilang haram)’tu gimna urusannya dah…

  • agus

    manusia gak ada yang sempurna, peminpin negara bisa semua orang yang berkedudukan di negara tersebut, apa lagi negara kita beraneka ragam suku dan agama,kalu mau nya pada pemimpinseiman masing2 yang ada kita satu sama lain bisa selisih paham, kadang pemimpin negara tu lupa”meski di sumpah pake alqur’an”tapi apa daya sumpah ya sumpah tapi nyatanya mana , ????….kita hanya bisa berharap pemimpin tu menjalankan tugasnya sebagai pemimpin

    • Akhmad Abina Yusuf

      Klo udh salah kayak Ahok harus dilurusin..

  • Noor Nauli

    Nabi Adam, adalah manusia pertama dan hidup dengan 1 Perintah Allah, yakni “Jangan Makan Buah Qoldi!”.

    Namun apa daya, Adam, manusia pertama dan yang hidup dengan 1 (satu) perintah Allah aja, tetap tidak bisa melaksanakan dan mentaati Perintah Allah.

    Lalu, apakah Adam masuk surga atau neraka? Tiada satupun catatatan yang mengatakan bahwa beliau masuk neraka atau surga, namun masih banyak yang mengatakan bahwa Adam adalah seorang nabi.

    Be smart, bro/sista …

    • paldi

      jawaban semuanya ada di al-quran dan hadist sahih, silakan dibaca2 lagi nenk…

    • Akhmad Abina Yusuf

      Nabi Adam tobat goblog.. Ahok belum..

  • hendrik

    www’dot’jayatron’dot’com

  • DHIMAS NUR RAMADHAN

    aneh.. tapi nyata.. wka wka wka,., dunia makin aneh semakin menuju kiamat

  • muhamad walfajrin

    kiamat sudah dekat.,!!!!!

  • abdurrachman

    minuman yg mengandung alkohol itu pasti memabukkan,lain kalo minumnya cuma setetes ya ngga mabuk lah.ganti yg muslim aja dah,,,,gitu aja ko repot

  • tomi lee

    MAKANYA MEMILIH PEMIMPIN YANG MUSLIM..SUDAH JAKARTA BANYAK MASALAH DI TAMBAH MASALAH LAGI,..ASTAGFIRULLAH ALAZHIM…

  • Ahmad Feri Fauzi

    Ya itulah kalo orang ga paham ILMU … Cuman pahamnya dunia … Yang salah ya … Yang milih dia … Jangan terlalu bangga ama apa yang udah berubah di Jakarta saat ini, itu masih terbilang kecil, yang penting akhlak dulu benahin ….

    • paldi

      mas baca lagi qurannya, atau tanya lagi sama gurunya,

  • Den Bagus

    Kasihan Ahok GOBLOG!!! Kalau tidak faham ttg ilmu Islam ya begitu. Jangankan masalah BIR, lha Masjid aja langsudng dihajar dibongkar sok tahu agama Islam, padahal dia itu kan KAFIR…
    Orang spt inikah yang sering dipuja2 oleh media SEKULER?

  • bob malianton

    masyarakat salah pilih pemimpin,

  • Heri Hermawan

    1. Ahok tidak pernah berbuat salah
    2. Jika Ahok berbuat salah lihat pasal 1

    • Akhmad Abina Yusuf

      Org salah kok dibela

  • panca

    udah gila si ahok ini lama2 aku tengok. . . . mana si jokowi ini,apa sama juga kyk si ahok. makin cepat aja lah jakarta tuh tenggelam di pimpin org kyk gini

  • INDOFREE

    kasian liat orang dungu
    klo lu ga suka pergi aja ke negara onta
    ini indonesia bung bukan 100% islam semua
    sebelum nenek lu neneknya neneknya lagi lahir juga ini negara kafirrr yg nyambah dewa!!!
    di arab apa ga ada yg namanya bir?
    klo lu ga suka birrrrr jgn di komsumsi
    biar yg suka birrr yg komsumsi
    dasar makluk onta otak 1/2 klo ngaji tuh ya pilih guru ngaji yg tepat jadi ga salah tafsirrr
    jgn sama islam ktp

    • Sakban Sagita

      apa di agama yg anda anut tidak ada larangan meminum minuman beralkohol ya, pantas aja anda merasa lebih pintar, tapi sepertinya ada tuh, cuma pura-pura tidak tahu ya….yang jelas anda tinggal di dalam masyarakat yang mayoritas muslim, ya karena dalam muslim bir dan sejenis minuman beralkohol lain jelas di haramkan, maka jangan mengeluarkan kata-kata seperti orang tidak berpendidikan…

    • jetix

      Oh begitu ya, jd mentang2 ini negara bukan negara agama jadi se-enaknya aja melegalkan hal yg munkar. Dgn dalih negara bkn milik umat Islam. Itu memang benar tp sadar kah anda2 bahwa awal mula rusak dan bobrok nya moral dan sosial bangsa ini krn dari bangsa penjajah (non muslim), Belanda. Ditambah china2 yg lari mengungsi krn berkecamuk perang di negaranya. Di masa penjajahan ini awal pra china rantauan mulai mengambil hati penguasa (penjajah) spy mrk bisa bertahan hidup. Suap dan menjilat pantas (kiss asshole) merajela di jaman itu, yg dibuktikan byk china2 rantauan memiliki ata jadi tuan tanah. Silahkan anda cari sendiri bukti sejarahnya, terutama di tanah betavia (betawi). Kebiasaan suap mulai dari sedikit (kecil) ini turun temurun sampailah pd masa/jaman skg terutama Orba menjamur dan subur shg timbul yg namanya KKN. Prinsip mrk 3 H (halal haram hantam) demi kesuksesan dunia, terutama bisnis2 yaitu spt Miras dll. Tdk salahkan? itu menurut anda2 yg hanya mikir dunia dan mati spt mati hewan tidak ada pertanggungjawaban. Pd hal lain waktu anda2 bilang percaya beragama (percaya Tuhan). Tp klw dibilang ini bumi ad yg menciptakan yaitu Tuhan. Jadi milik Tuhan, kita hanya numpang dan diberi semua keperluan mulai dari tanah,air, udara dll secara gratis. Klw tdk percaya berarti itu salah satu ciri2 munafik atw atheis nyata. Klw gk percaya itu urusan lou, tp tolong anda cari bumi yg bkn buatan (milik Nya) dan silahkan anda yg keluar dari planet ini.

  • arief

    Ahok bicara tentang PERDA, dan dia memang bukan muslim. gak ada yg salah dengan kata2nya. Hanya saja,bagaimanapun penduduk Jakarta mayoritas Muslim. Yg dikelola BUMD kan uang rakyat… untuk pembangunan DKI,untuk masyarakat DKI. Setuju gak masyarakatnya diberikan manfaat fasilitas umum dari uang haram..? Kalau gk setuju,bisa saja lewat2 wakil2nya di DPR meminta Pemprov DKI mengalihkan saham investasi ke bidang lain yg tidak diharamkan..

  • Sakban Sagita

    ini orang sudah keblinger, mentang-mentang dipilih jadi wakil gubernur sudah tidak menghargai umat Islam, dengan mengeluarkan statement yang tidak mengerti soal Islam…semoga beliau sadar dgn ucapannya itu, bahwa dalam Islam tidak ada toleransi dengan qhamar, judi dan zinah….

  • Renaldo Bernadhi

    ingat ini Indonesia, ini jakarta, ga ada pilih2, apa lagi soal agama. yg berumat muslim, jgn di tiru, yg non muslim, terserah. karena apa? ingat, Tuhan tidak memperbolehkan manusia meminum alkohol bila dia tidak mabok/merusak tubuuh. dan gini logikanya, knp umat muslim tidak di perbolehkan minum alkohol? kembali menyangkut negara, penduduk muslim berbeda jauh dengan kondisi non muslim, di arab, panas, berdebu, dan klo suruh minum alkohol apakah dia tahan? malah tambah klepek2. nah bgtu jg dgn non muslim, mayoritas eropa, dan eropa itu dingin2, makannya org di sana itu sering mengkonsumsi rempah2 dan minuman yg bisa membuat tubuh menjadi hangat. nah buat apa org arab beli alkohol? ga mungkin dia konsumsi, klo dia mau hidup, dan buat apa org eropa beli rempah2 dan alkohol? buat hangatin tubuh, agar ga mati kedinginan.
    tak ada salahnya dari keduanya… semua benar… logikanya adari situ saja, berbeda negara pasti beda budaya. tp lebih baik yg non muslim, jgn juga membujuk2 yg muslim agar mengkonsumsi hal yg dia tidak suka, dan yg muslim jgn jg jd kompor.
    seharusnya ya, saya sebagain non muslim, setuju dengan tidak mengkonsumsi alkohol berlebihan, karena indo itu panas, gerah. berkomentarlah yg masuk akal, jgn pake emosi dulu…

    • jetix

      Jelas inilah paham sekuler, dmn agama jgn intervensi terlalu mengatur dlm hidup dan kehidupan penganutnya. Pd hal mengaku beragama (baik muslim/non muslim) agama manapun/apa pun ada perintah dan larangan. Jd utk apa beragama klw bkn mengatur hawa nafsu umatnya. Tdk ad jaminan setiap yg beragama sdh spt malaikat tp paling tdk dgn agama memberikan batasan2 jelas mana yg boleh dan tdk. Tp sekali lagi klw logika sekuler sdh merasuk dan mendarah daging, maka nafsu akan mengalahkan agama, shg agama sekedar pakaian. Pokoknya pakae logika saja, selagi tdk bertentangan dan melangar konstitusi, syah2 saja.Klw begitu jadi atheis saja sekalian. Krn kdang2 mrk mengaku bertuhan, kadangkala aturan tuhan (larangan dan perintah) dibodoh-bodohi dgn alasan demi itu dan ini. Ini satu bukti dan contoh negara sekuler di JKT prakteknya. Yg lebh parah klw ad yg tdk setuju dgn paham sekuler ini, malah disuruh keluar dari Indo. Lah Indo ini kan bumi Allah. Tuhan yg mencipta sejagad dan isinya. Klw gk percaya berarti atheis. Nah, hidup di bumi ALLAH tp aturan2 (agama; sbg panduan/manual) gk mau dipakae, alias pilah pilih. Dgn kt lain, mulut kan punya gw, mau miras atw gk terserah gw, betul tp yg bikin mulut gw sapa? Jadi klw msh menghirup udara yg tuhan berikan gratis jangan takabur dan sombong, dgn dalih bisnis lah, ini lah itula. Bullshit. Ini nama logis Bung dan berperasaan (emosi,rasa) dari sebuah tulisan berintegrasi dlm hidup se-hari2.

  • Fj Al Akkas

    Walaupun 0.09% Alkohol dlm minuman tetap HARAM… asal kalian mengerti apa itu halal haram

  • jetix

    Warga DKI yg milih ahok skg terbukti kan, bahwa mmg ni org bkn mau tenar atw nge-top tp kayaknya dah mulai nyrempet2 isu agama. Dalihnya ya itu td ini bkn negara agama, kita punya 4 pilar (konstitusi). Makin kemari makin jelas ahok makin ngelunjak (besar kepala) dan mentang2 curat marut di negara antah berantah ini semua sektor, koq tiba2 ingin mengambil suatu ‘gebrakan’ spt; prostitusi dilokalisai, bir bkn miras dll. Bbrp bangunan mesjid di DKI gusur krn kabar ktnya gk jelas surat2 nya. Nah… warga DKI yg muslim dah milih die nyesel gak lou pada.

  • Ari Istamar

    biar ga mabok, ya dialarang dong. dasar wagub jenius. minum bir kemungkinan besar bisa mabok. kalo tidak minum kemungkinan besar tidak mabok.

  • Muhazir Yusuf

    kenapa Islam mengHARAMkan minum khamar (minuman beralkohol), karna ketika seseorang itu mabuk maka ia akan kehilangan kesadaran diri (akal sehat). maka tak mengejutkan klo banyak tindak kriminalitas yg dipicu oleh minuman beralkohol (mabuk-mabukan). banyangkan saja ketika seseorang itu mabuk, dia bahkan sanggup membunuh dan memperkosa anak kandungnya sendiri. naudzubillahi min dzalik,,,

  • Spektrum Recordingstudio Ewung

    minum bir kan bikin kencing lancar doang,,, mang siapa yang minum bir mabok?

  • Trio A. Pamungkas

    Astaghfirullah
    Apa jadinya negara ini kalo barang haram saja dihalalkan

  • ars sendo

    Yang katanya muslim. apa ga pernah denger ayat “untukmu agamamu, untukku agamaku” itu ya disuruh hidup berdampingan.. toleransilah.. itukan pendapat ahok pribadi.. dan jangan rasis.. orang cina itu sama kayak kita2 ini.. cina juga ada cina muslim… kayaknya ahok lagi diserang lawan politiknya deh ya..

  • Anoeng suroboyo

    Sampeyan minum bir sak botol terus nyetir
    Bandingkan dengan makan tape sak kilo

    Mana yang lebih bahaya bang

  • Raditya Rachman

    Coba ditelaah lg kata2 beliau.. yg membuat minuman haram itu jika memabukkan kan? N itu karena ada kandungan alkoholnya kan? Jadi kalau bir dengan kandungan alkohol 0% = tidak memabukkan = halal dong? Cmiiw

  • Natal Viva Napitupulu

    Presiden RI dari dulu Muslim, tapi apa ada yang berani melarang peredaran Bir? Coba sebutkan Gubenur mana yg pernah mengharamkan Bir? Kok di saat Ahok mau gubernur pada protes Bir tidak diharamkan?

    Apa kalian yg protes ini berani meminta pemimpin yg muslim untuk turun karena mereka juga tidak mengharamkan bir?

  • Saya seorang muslim. Saya lulusan pesantren. Saya mengerti hukum Islam, tapi saya juga terus mempelajari hukum perdata dan pidana yang menjadi dasar negara kita.

    Saya ingin seluruh umat muslim di Indonesia menyadari, penduduk Indonesia mayoritas umat muslim, tapi berhentilah menganggap bahwa Indonesia hanyalah milik umat Islam. Indonesia juga milik umat Kristen, umat Hindu, umat Budha, umat Konghucu, dan semua yang tinggal di Indonesia dan dilindungi undang-undang.

    Selama kita masih bersikukuh bahwa Indonesia hanyalah milik umat Islam, selamanya pandangan kita terhadap isu apapun akan keliru dan tidak jernih, yang pada akhirnya malah memberikan madharat yang lebih besar, memberikan cap yang keliru bagi umat Islam sendiri. Contohnya pada kasus ini, coba perhatikan baik-baik jika kita mendasarkan pandangan kita pada dasar negara kita, pandangan apa yang salah dari pernyataan Ahok? Ahok berbicara tentang minum bir dalam konteks sesuai dengan peraturan dan undang-undang. Dalam undang-undang, minum bir memang tidak masalah, kalo sampai mabuk baru bisa ditahan karena berpotensi merusak/menganggu lingkungan, makanya minuman keras dilarang.

    Kalo bicara dengan dasar agama Islam ya jelas itu haram. Tapi kembali ke kondisi tadi; pahamilah bahwa Indonesia bukan hanya milik Islam.
    Kita bisa tetap menjalankan syariat Islam dengan tetap menghormati hak penganut agama lain, serta menaati hukum yang menjadi dasar negara kita. Insya Allah penganut agama lain pun akan menghormati kita, dan tercipta kerukunan beragama yang baik di Indonesia :)

  • imas

    Buat pak AHOK ya apapun say-sah saja silahkan, tapi kami sebagai WNI yang moyoritss Muslim MIRAS SAMA MINUMAN KERAS apa bedanya?? Kalau BOK mau Masuk Neraka jangan nyajak2 orang DONG. Bpk pergi saja Sendiri sanah.!

    • imas

      Tak terbayangkan deh jika si pemabok berat itu Nekad bawa kendaran Lalu ia kena Musibah di jln dan Waktu itupun mati Seketika, wah…. Gak bisa di Bayangiiin deh SIKSA ALAM KUBUR BELUM LAGI SIKSA HARI PEMBALASAN. WIH…..SELAMAT MENIKMATI DEH

      • stevanus w

        kalo soal neraka dan surga itu urusan pribadi dan Tuhan. tidak seorang pun bisa merubah/memimpin seseorang jika org itu punya prinsip hidup dan belief.

  • Malmkovich Burhan

    setuju…betapa indahnya indonesia jika kita berpikir demikian. keyword dalam hidup: tepo seliro,agomo.

  • yunan samudra7

    eng,..ing,..eng,..mulai kelihatan busuknya semprul satu ini.
    lama lama si ahok kayak ruhut sitompul.
    ngomongnya lantang tapi geblek

  • stevanus w

    hok2, saya tidak anti bir/wine/vodka. saya tidak pros/cons. tapi anda berpikir saja, mental org2 indo sedewasa dalam mengartikan bir dan sejenisnya. apa anda mau liat org mabuk2 hangover di jalanan? saya pernah tinggal di oz lama dan oz yg mentalnya lbh dewasa dari indo aja tetep mabuk2 di jalan tiap sabtu mlm sampe2 pemerintah sana mengeluarkan state baru ntuk tidak menjual bir di atas jam 10 mlm. piker panjang dan akibatnya.

  • stevanus w

    terus selama anda mendidik polisi untuk merazia rutin alcohol test untuk pengendara, oke2 saja. mungkin polisi seneng dapet lahan baru

  • Eon099

    Kalau mengandung alkohol (etanol) tentu saja itu sudah masuk minuman beralkohol…….
    Lain halnya dengan bir 0%, walaupun begitu ada pandangan yang menganjurkan umat Muslim tetap tidak mengonsumsi bir dg alkohol 0%, karena labelnya (bir) masih berasosiasi dengan miras (pendapat ini juga mencakup wine 0%)

    Pandangan pak Ahok tidak salah bila dia berbicara sebagai non-Muslim, tapi berhubung dia berbicara sebagai pemimpin DKI Jakarta–yang notabenenya banyak penduduknya Muslim,,, tak heran ucapan dia mengundang kontroversi.

    • Eon099

      Daripada ngurusi miras legal (ujung2nya permintaan pengusaha juga……karena dah ga bisa jualan di minimaket lagi) lebih penting pemerintah memberantas peredaran miras kelas bawah–yang persentase alkoholnya tak kepalang besarnya dan bisa menyebabkan kematian

  • Andriansyah Yamin

    leher ku jadi sakit gara-gara banyak makan tape ( semangkok kecil ) ! makan tape semangkok bisa mabok ! makan tape ketan bkn makan utama lah bkn pengganti nasi atau bekal !

Lihat Juga

Ulama Minta Umat Islam Kawal Kasus Ahok