Topic
Home / Berita / Nasional / Regulasi Tidak Jelas, Konsumsi Miras Semakin Marak

Regulasi Tidak Jelas, Konsumsi Miras Semakin Marak

Peredaran dan Konsumsi Miras di Masyarakat semakin marak (Foto: inet)
Peredaran dan Konsumsi Miras di Masyarakat semakin marak (Foto: inet)

dakwatuna.com – Jakarta.  Tidak adanya regulasi yang jelas dan tegas, mengakibatkan semakin maraknya penggunaan konsumsi minuman keras di masyarakat, kasus di beberapa daerah korban jiwa semakin terus bertambah jumlahnya, terakhir  seperti yang  diberitakan Rabu, 21 Agustus 2013, 10 orang tewas di daerah kawasan Galur, Johar Baru,  Jakarta Pusat.

Surahman Hidayat Anggota Komisi X DPR RI, di temui di kantor DPR, menjelaskan, “ Pemerintah tidak peka terhadap korban jiwa akibat miras. Satu tahun yang lalu, saya sudah memberikan protes terhadap pencabutan beberapa Perda Miras yang telah di berlakukan di beberapa daerah oleh Mendagri. saya ingin tegaskan kembali bahwa, Perda miras tidak bisa dianulir dan direvisi begitu saja oleh Kemendagri. Karena Perda Miras tidak bertentangan dengan landasan hukum tertinggi kita yaitu Pancasila dan UUD 1945.”

“Perda Miras itu sangat cocok dengan semangat Pancasila yaitu, Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab,” ungkap Surahman.

Menurut politisi yang juga Ketua BKSAP DPR RI, Perda Miras dapat menjadi lex spesialis yang berlaku di daerah itu saja. Sebab sesuai dengan pasal 14 UU no 12 tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan yang dapat menampung kondisi khusus daerah, tutur Surahman.

Selain itu, menurut Surahman, pemerintah daerah berhak membuat aturan hukum dalam lingkup daerahnya sendiri sebagaimana di jamin UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah pada pasal 14 memberikan kewajiban kepada pemerintah daerah untuk penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat dan penanggulangan masalah sosial, ini permasalahan yang sangat serius yang harus segera di tangani pemerintah, agar jangan terus menerus menelan korban jiwa. Jelasnya (sbb/dkw)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

FORKOMMI dan FOKMA Malaysia Adakan Bakti Sosial untuk Korban Gempa Palu

Figure
Organization