Home / Berita / Nasional / Remaja 17 Tahun Hafal 30 Juz Al-Quran dalam 4 Bulan

Remaja 17 Tahun Hafal 30 Juz Al-Quran dalam 4 Bulan

al qurandakwatuna.com – Jakarta. Wajah senang dan penuh sumringah terpancar dari Muhammad Haris Busro Latif usai mendapatkan tanda kelulusan dan menerima ucapan selamat dari Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali.

Remaja usia 17 tahun ini mendapatkan apresiasi setelah ditetapkan sebagai santri Hafiz Quran lulusan Pondok Pesantren Sulaimaniyah Jakarta dengan waktu penghafalan Al-Quran 30 juz sangat cepat, yakni hanya 4 bulan 20 hari.

Ketika ditemui usai menerima tanda kelulusan di Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Kamis (22/8). Remaja yang biasa disapa Haris itu tidak bisa menutupi kebahagiaannya.

Pasalnya, ia merupakan satu dari delapan lulusan Hafiz Quran Pondok Pesantren Sulaimaniyah angkatan ke-6,  yang berpredikat penghafal tercepat. Sedangkan 37 santri lulusan lainnya memiliki lama waktu menghafal Al-quran 30 juz yang berkisar 8 bulan hingga lebih dari satu tahun.

Haris mengakui memang banyak cobaan untuk menghafalkan Al Quran 30 juz selama 4 bulan. “Awalnya memang sangat susah, namun berkat kesungguhan dan metodologi Turki Usmani yang diajarkan di pondok, Alhamdulillah saya bisa menghafal 30 juz dalam 4 bulan 20 hari,” tuturnya.

Untuk menjaga kualitas hafalan, Ia menghindari berbagai hal yang dapat merusak kualitas hafalannya. Ia mengakui dalam waktu satu bulan ia bisa menghafal lebih dari lima juz, dan itu tergantung dari panjang pendeknya surah.

Remaja asal Mojokerto ini itu terlihat sangat senang . Ia dan 45 santri Hafidz Quran lulusan pesantren Sulaimaniyah pada Kamis malam itu juga langsung diberangkatkan ke Turki.
Haris yang sempat menimba ilmu agama di Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah, Mojokerto ini bersama 45 santri lulusan lainnya mendapatkan beasiswa dari pemerintah Turki.

Beasiswa yang hanya dikhususkan bagi santri penghafal Quran ini, diberikan pemerintah Turki atas kerjasama dengan Dirjen Pendidikan Islam, Kemenag dengan  Pusat Persatuan Kebudayaan Islam di Indonesia (UICCI). Haris memiliki cita-cita besar setelah mengenyam pendidikan lanjutan di Istanbul Turki selama dua tahun. Ia berkeinginan menjadi hafiz Quran sekaligus pendakwah yang berkualitas di Indonesia.

Ia pun tidak keberatan apabila keputusan dari UICCI untuk ditugaskan berdakwah di luar negeri sekembalinya di Indonesia. Namun ia berharap kemampuan hafalan Quran dan ilmu keislamannya akan berguna lebih besar bagi umat Islam di Indonesia.

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (32 votes, average: 9,16 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • erlina_nst

    ea salmww ri.mui membijakkan untuk sabda allah langsung dari arsy tingkat 7 alam langit.katanya tak boleh adatembang lagu kalau ada lagunya itu kitab nasrani katannya kalau dakwak.easalam buar ri.dan mui indonesia liat bukan dakwah batin allah hanya menyampaikan risalah2234 yg menerangkan ke pada ummat manusia sbgi mana bapak2234 mereka tidak pernah memberi peringat tan atasmereka mankannyamerekallalai dari jln allah.kalau kitab allah lahul mam puj dari jibril yg mengangkat arsy allah di lanit ke tujuh buat mui looo pade salah paham ama kita…ea sedang kan rasulullohisaw,doyan tembang itu lah zaman dahulukala di nama kan kibadyynd mekkah dinama kan sekaran mainnasit atausebutan bumbum,cer saking asiyk nya dulu zaman holabikala sempat kaum kurois menggelar beliau dengan sebutan kaum penyair.tembang atau puisi alam jangan sama kan semua dengan dakwah,dan yg terjadi sebenar nya hanyabatin allah dan rasul2234 nya yg memberi peringtan kepada manusia .tapi bila mui. bisa menyampai kan risalah2234 dari allah langsungdari arsy langit ke 7 silah kan kami mohon dan undur diri karena kami disi ni pun tak di gaji,hanya mengharap 1 kedekatandenganallah dan sabda allah untuk ui indonesia /. cobalah kamu sampai kan ke pada ummat manusia sedunia tentang risalah 2234 salah yg menerangkanlangsung dari arsy langit ke 7 arsy allah bila mui tidak bisa menerangkan ke pada ummat manuia sedunia pbb inter nasional dan bahkan para bani israil.dan batin rosulullohi saw. pasti lah kamu semua mui laknatullohi untuk mu semua….?????

Lihat Juga

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Islammemo.cc)

Erdogan Kembali Kecam As-Sisi, Hubungan Mesir-Turki Kian Menegang

Organization