Home / Berita / Nasional / BJ Habibie: Bangsa yang Maju Bisa Mengandalkan SDM Sendiri

BJ Habibie: Bangsa yang Maju Bisa Mengandalkan SDM Sendiri

Bacharuddin Jusuf Habibie Technology Award (BJHTA) (inet)
Bacharuddin Jusuf Habibie Technology Award (BJHTA) (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. Presiden ketiga Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie mengatakan, bangsa yang maju adalah yang bisa mengandalkan sumber daya manusia (SDM) yang tersedia. “Begitu pula kalau bangsa ini ingin maju maka sebaiknya mengandalkan dirinya pada SDM,” kata Habibie pada pembukaan Bacharuddin Jusuf Habibie Technology Award (BJHTA) 2013 di Jakarta, Rabu (21/8).

SDM yang bisa diandalkan menurut Habibie adalah sosok yang terampil, efisien, dan memiliki daya saing tinggi. SDM yang unggul juga harus memiliki kemampuan untuk membuat terobosan yang dibutuhkan oleh masyarakat, baik di Indonesia mau pun di dunia.

Pada kesempatan yang sama, penerima BJHTA 2013, I Gde Wenten mengatakan, kebijakan yang dibuat oleh pemerintah sebaiknya dapat mendukung proses riset dan penelitian. “Dengan kebijakan yang mendukung, maka riset dan teknologi akan lebih mudah untuk berkembang,” kata Wenten.

Ia mengemukakan, kebijakan pemerintah yang mendukung riset dan teknologi akan sangat membantu para peneliti untuk bertahan dan tetap berkarya. “Sehebat-hebatnya ilmuwan tapi tanpa adanya kebijakan yang suportif dan aktif, tentu akan berat perjalanannya,” katanya.

Kebijakan yang dirasa Wenten kurang mendukung itu, menurut dia adalah penyebab beberapa ilmuwan memilih untuk berkarier di luar negeri. Karena dianggap dapat lebih berkembang. (rol)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (6 votes, average: 9,33 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

BJ Habibie saat melayat ke rumah duka Bob Sadino.  (okezone.com)

Bob Sadino dalam Kenangan BJ Habibie