Home / Berita / Opini / Dirgahayu Bangsaku: Siapa yang Harus Disalahkan Jika Keadilan Sosial Belum Merata?

Dirgahayu Bangsaku: Siapa yang Harus Disalahkan Jika Keadilan Sosial Belum Merata?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (inet)
Ilustrasi. (inet)

Bismillah…

dakwatuna.com – Dirgahayu Bangsaku, Dirgahayu Negeriku, Dirgahayu Negaraku, Indonesia. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan karunianya untuk bangsa dan negara kita, Indonesia. Senantiasa melindungi dan memberikan keberkahan bagi seluruh rakyatnya. (Merdeka)

Kemerdekaan Indonesia sudah berusia 68 Tahun dengan usia sangat matang tersebut apakah masyarakat Indonesia sudah merasa keadilan dalam segala sector, apakah masyarakat Indonesia sudah menikmati kekayaan Alam sangat melimpah, apakah masyarakat Indonesia mampu menjaga identitas ketimuran tersebut, apakah masyarakat Indonesia sudah bangkit dari penjajahan atau masih terjajah dengan pemimpin bangsanya sendiri.

Kemerdekaan bukan sekadar mengusir penjajah dari bangsa Indonesia tapi kemerdekaan sesungguhnya adalah menggelar kesejahteraan & keadilan sosial seperti tercantum dalam sila kelima Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Jangan-jangan negeri ini belum merdeka mulai dari kekayaan alam sampai sikap politik semuanya masih dijajah!!

Lihat saja tidak jauh dari ibu kota Negara begitu banyak masyarakat belum merasakan keadilan sosial, masih ada masyarakat hidup dalam gerobak yang kita kenal dengan Manusia Kardus, masih kita melihat masyarakat Indonesia meninggal karena busung lapar, masih kita melihat bagaimana banyak masyarakat tak berpendidikan karena tingginya biaya pendidikan, masih kita temui masyarakat terancam keselamatannya sebab keamanan hanya terjamin bagi mereka yang beruang atau memiliki jabatan dan masih kita temui masyarakat menjadi kuli di negeri sendiri. (Apakah Ini Dinamakan Kemerdekaan)

Siapa yang harus disalahkan jika keadilan sosial belum merata? Apakah pemimpinnya, apakah sistemnya atau apakah masyarakatnya!!! Sedangkan untuk menggelar kesejahteraan dan keadilan sosial harus dilakukan bersama-sama dan bukan hanya oleh sekumpulan orang.

Padahal kemerdekaan merupakan bentuk rahmat dari Allah SWT untuk bangsa Indonesia yang memiliki kekayaan sangat elok dan mempesona. Tapia kekayaan bangsa Indonesia hanya dinikmati segelintir orang saja terutama yang menikmati adalah penguasa dan pengusaha yang pro kapitalis.

Indonesia merdeka bukan tujuan akhir kita. Indonesia merdeka hanya syarat untuk bisa mencapai kebahagiaan & kemakmuran rakyat (Bung Hatta)

Walaupun masyarakat Indonesia belum merasa keadilan sosial, mari kita tetap berjuangkan semangat kemerdekaan, tetap tunjukkan bahwa kita mencintai Indonesia, tetap bertahankan NKRI dari kaum kapitalis, dan tetap junjungi tinggi rasa Nasionalisme. Hanya dengan kekayaan mental dan berjuang keras, kita bisa berdiri tegak, sejajar dengan bangsa lain di dunia.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Sholiat Alhanin
Alumni Unpad dan UGM. Berprofesi sebagai Dosen, Penulis Lepas dan Penyiar

Lihat Juga

Ilustrasi. (inet)

Pribadi Bangsaku

Organization